Kenali Tanda Tanda Orang Yang Mau Bunuh Diri.

Cara mengenali orang yang ingin bunuh diri

Kalau baca berita di koran tentang orang yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri yang tragis membuat saya merasa miris. Mengapa ada orang yang rela menukar hidup yang indah ini dengan kematian yang menyakitkan? 

Metodenya pun macam-macam, ada yang menggunakan racun, gantung diri, menembak kepalanya, memotong nadinya ataupun minum obat sampai overdosis. Mereka ini adalah orang yang sudah muak dengan kehidupan ini dan berpikir bahwa kematian akan mengakhiri penderitaannya.

Tapi bisakah kita mengenali tanda-tanda orang yang mau bunuh diri? Tentu saja bisa. Kita bisa mengenali lewat tanda-tanda yang ditunjukkannya, diantaranya :



(1) Dia bilang banyak masalah.
  • Orang yang sedang banyak masalah terlihat jelas dari raut muka yang kusut dan tak berseri. Biasanya jika kita bertanya, kemungkinan dia jujur kalau sedang banyak masalah.

(2) Bertingkah sembrono.
  • Jika biasanya dia hati-hati menyetir mobil atau menggunakan benda tajam, sekarang dia lebih sembrono. Nyetir seenaknya, kasus tangan teririslah, atau tindakan berbaya lainnya. Dia seolah tak perduli jika kesembronoan itu bisa mmebahayakan nyawanya.

(3) Merasa salah atau malu berlebihan.
  • Jika seseorang tenggelam dalam perasaan salah berlebihan atau malu berlebihan sehingga merasa dirinya tak berharga lagi, bisa menjadi perhatian. Hal itu biasa dia ungkapkan secara tak sengaja.

(4) Merasa terperangkap dan tak punya jalan keluar.
  • Orang yang banyak masalah normalnya harus berusaha untuk mencari solusi atau jalan keluar dari masalahnya, tapi orang yang tertekan merasa terperangkap dalam masalahnya dan tak melihat ada jalan keluar untuk itu. Sebagai jalan akhir dia memilih untuk mengakhiri hidup, karena itulah satu-satunya cara keluar dari masalahnya.

(5) Merasa tak punya harapan, tak berdaya, sakit tak tertahankan.
  • Banyaknya masalah yang dihadapinya membuatnya merasa tak punya harapan, tak punya masa depan, semua sudah tertutup masalah. Masalah yang membuatnya tak 


(6) Bersiap untuk mengakhiri hidup.
  • Karena merasa hidupnya tidak berarti lagi, dia pun mulai mempersiapkan kematiannya dengan menyerahkan barang berharga. Misalnya jika dia punya harta, dia menulis surat wasiat, menyerahkan hartanya yang paling berharga kepada orang yang dipercayainya.
  • Jika seseorang sudah menulis surat pamit atau menulis surat kematian, itu tanda yang perlu diwaspadai.

(7) Mengisolasi diri.

  • Tak suka bergaul dan memilih untuk mendekam dalam kamar adalah tanda-tanda lain yang perlu diwaspadai. Seseorang yang normal biasanya suka bersosialisai, berkumpul bersama teman dan keluarga atau menikmati keindahan tempat-tempat tertentu. Tapi orang yang tak punya semangat hidup lebih senang berada dalam kamar tanpa diketahui dengan pasti apa yang dilakukannya.


(8) Kurang tertarik pada banyak hal.


  • Orang yang punya semangat hidup biasanya suka belajar hal-hal baru dan karenanya tertarik pada banyak hal. Sementara orang yang sudah bosan hidup kurang tertarik dengan banyak hal. Dia hanya tertarik dengan masalahnya, hidupnya dan kesendiriannya.


(9) Terperangkap dalam jerat minuman dan narkoba.

  • Mencari pelarian di tempat yang salah seperti minuman keras dan narkoba. Karena melalui minuman dan narkoba itu dirinya memiliki kebahagiaan semu serta bisa melupakan semua masalahnya.


(10) Perubahan pola tidur dan pola makan.


  • Orang normal dan sehat biasanya memiliki pola tidur dan pola makan yang teratur. Sementara mereka yang bermasalah pun memiliki masalah pola makan dan pola tidur. Makannya bisa jadi sedikit karena tak punya nafsu makan atau malah berlebih-lebihan sehingga dengan mudah berat badannya meningkat. Belum lagi selalu begadang, mengalami insomnia (susah tidur) atau malah tidur terus dan malas-malasan.


(11) Berbicara kalau dia ingin bunuh diri atau mencari cara untuk melakukannya.

  • Jika dia seringkali membicarakan keinginannya untuk bunuh diri dan sudah pernah mencoba beberapa kali untuk mengakhiri nyawanya adalah tanda-tanda krusial seseorang yang ingin bunuh diri. Waspadai teman-teman kamu yang sering berbicara tema bunuh diri atau mengakhiri hidup, bisa jadi dia merealisasikannya dalam waktu dekat.


(12) Kepribadiannya berubah.

  • Jika sebelumnya dia periang, ceria, suka bersosialisasi tiba-tiba jadi murung, suka gelisah dan senang mengurung diri di kamar artinya ada sesuatu yang salah dengannya. Kepribadian yang berubah drastis adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai oleh mereka yang ingin bunuh diri.
Itulah 12 tanda-tanda yang bisa membuat kita mengenali mereka yang ingin bunuh diri. Bantu mereka agar memiliki semangat hidup lagi. Lakukan langkah preventif sebelum semua terlambat.

Salam..

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !