Berbagi Tak Harus Kaya dulu.

Banyak orang yang merasa keberatan untuk berbagi dengan orang lain. Alasannya bisa macam-macam, diantaranya : masih merasa kekurangan, tidak punya uang, tidak punya waktu, merasa kalau berbagi itu bukan hal yang penting, hidup itu sudah susah dan banyak masalah dan tidak sempat untuk memikirkan orang lain.

Padahal banyak yang bisa kita bagi selain uang, diantaranya :

1. Waktu dan perhatian
    Semua orang punya waktu yang sama, yaitu 24 jam. Apa salahnya di sela-sela waktu yang kita punya kita bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat, meluangkan waktu untuk mendengar keluh kesah teman/tetangga, kadang-kadang orang hanya butuh pendengar yang baik.

2. Senyum yang tulus
    Senyum adalah sedekah. Memulai hari dengan memberikan senyum pada setiap orang yang kita jumpai akan membuat hari kita lebih indah. Menyapa dan memberi salam kepada orang lain adalah salah satu cara berbagi yang paling sederhana.


3. Kartu ucapan yang dibuat sendiri.
    Perhatian yang tulus kepada teman yang berulang tahun, bergembira karena kelulusan, kelahiran anak dan sebagainya tidak perlu melalui kado yang mahal, cukup dengan menuliskan di atas kertas karton buatan sendiri.

4. Menjadi sukarelawan pada kegiatan sosial
    Banyak kegiatan sosial dan kegiatan amal yang membutuhkan sukarelawan. Jika kita punya cukup waktu untuk membantu, tidak ada salahnya menjadi sukarelawan. Seperti membantu membersihkan mesjid sehabis sholat hari raya, membantu membagikan takjil buka puasa saat bulan puasa dan sebagainya.

5. Menyumbangkan barang yang sudah tidak kita butuhkan lagi.
    Daripada barang-barang lama yang sudah tidak kita pakai lagi bertumpuk di lemari, lebih baik barang-barang itu kita sumbangkan ke panti asuhan, korban kebakaran ataupun korban bencana alam. Barang-barang yang kita sudah anggap tidak berguna mungkin masih diperlukan oleh orang lain.

6. Donor darah.
    Jika kita memiliki tubuh yang sehat alangkah baiknya jika kita sesekali mendonorkan darah di kantor PMI terdekat. Bisa kita bayangkan dengan sekantong darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan darah.

7. Membantu tetangga
    Tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita. Berbuat baik kepada tetangga sangat dianjurkan dalam agama. Sekedar ngobrol-ngobrol ringan, membawakan makanan berlebih yang ada di rumah ataupun berbagi hasil kebun dengan tetangga adalah hal yang sederhana tapi penuh makna.

8. Menyumbangkan buku untuk Panti Asuhan atau Rumah Singgah.
    Jika kita memiliki banyak buku cerita anak yang sudah tidak dibaca lagi oleh anak-anak karena mereka sudah besar/remaja, bisa kita sumbangkan kepada panti asuhan dan rumah singgah. Mereka anak-anak yang kurang beruntung pasti akan merasa senang jika mendapat buku cerita gratis.


Itulah beberapa hal yang bisa kita bagi tanpa harus menunggu jadi kaya dulu. Banyak cara bersedekah, berbagi dan memberi tanpa harus mengeluarkan uang. Ada yang bilang orang kaya itu bukan berapa banyak yang dia punya tapi berapa banyak yang bisa dia bagi ke orang lain.
SELAMAT BERBAGI!!!


Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !