15 CARA LEBIH SEHAT DI TAHUN 2015

healthy, wealthy and wise

Waktu berlalu begitu cepat. Setiap awal tahun kita selalu memulai dengan resolusi baru untuk menjadi lebih baik, lebih sehat, lebih kaya, lebih sukses ataupun lebih bahagia. Sehat bisa bermakna macam-macam dan mungkin berbeda bagi setiap orang, tapi kesehatan tetap menjadi prioritas utama semua orang.

15 kebiasaan  di bawah ini bisa menjadi permulaan untuk mengawali langkah sehat sepanjang 2015.
  1. Ingatkan diri untuk selalu bersyukur. Syukur adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental. Sebelum tidur ingatkan diri kembali untuk mensyukuri hidup, mensyukuri apa yang kita miliki. Bahkan beberapa orang membuat Jurnal Syukur berupa catatan tentang apa yang harus disyukuri setiap hari. Pada akhir bulan membaca catatan itu kembali akan memberikan pemahaman betapa beruntungnya kita yang senantiasa diberkahi oleh yang Maha Kuasa.
  2. Jauhi Stress. Memang mungkin terdengar klise dan semua orang tahu kalau stress bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Banyak metode yang bisa dilakukan dari visualisasi, bernafas dalam-dalam bahkan mendengarkan lagu yang menenangkan katanya bisa meringankan penderita stess.
  3. Belajar sesuatu yang baru. Saat umur bertambah dan tubuh semakin menua, pikun menjadi momok yang ditakuti. Membuat diri selalu tertantang melakukan sesuatu dan belajar hal-hal baru diyakini bagus untuk kesehatan mental. Belajar ngeblog dan menulis sesuatu bisa jadi salah satu pilihan. Dengan menulis kita bisa mentransfer ilmu atau menyampaikan pikiran yang ada di kepala kepada orang lain.
  4. Dedikasikan diri untuk membantu orang lain. Berbuat baik pada orang lain membuat perasaan kita senang karena merasa berguna. Sekedar berbagi makanan pada orang tidak mampu atau menolong orang menyeberang jalan mungkin terlihat tidak penting. Tapi komitmen untuk menjadi manusia yang lebih baik membuat kita senantiasa bergairah menjalani hidup.
  5. Cari olahraga yang pas. Kalau sebelumnya kita termasuk orang yang malas olahraga mulai tahun ini cobalah untuk menghilangkan rasa malas dan mulai bergerak. Tidak perlu jadi member gym atau lembaga fitness tertentu, jogging, jalan cepat atau ikut senam massal di lapangan via DVD atau youtube bisa jadi pilihan. Tergantung dari kemauan saja.
  6. Konsisten untuk terus olahraga. Olahraga bukan cuma membuat fisik kita bugar tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh, kesehatan mental dan memperbaiki mood. Mencoba konsisten untuk berolahraga tidak mudah, tapi jika didukung oleh kemauan yang besar bisa dilakukan. Begitu mudahnya setiap awal tahun kita membuat resolusi untuk menurunkan berat badan tapi seringkali didera rasa bosan karena tak kunjung berhasil. Padahal kalau kita konsisten mengikuti aturan yang ada keberhasilan akan ada di depan mata.
  7. Cobalah jalan kaki lebih sering. Pakar kesehatan berkata kebanyakan duduk tidak baik untuk kesehatan. Cobalah cari parkiran yang agak jauh, supaya bisa jalan kaki, pilihlah tangga dibanding eskalator, sekali waktu lakukan hiking di gunung dengan keluarga, jangan pilihannya ke mall melulu. Iklan sebuah produk susu pun menganjurkan kita untuk melakukan 5000 langkah setiap hari demi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang.
  8. Banyak minum air putih. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. Kekurangan air akan membuat tubuh kita dehidrasi. Kalau biasanya terbiasa dengan minuman bersoda, teh manis atau kopi susu, cobalah ganti dengan air putih yang diberi sedikit perasan jeruk lemon.
  9. Makan makanan sehat. Berjamurnya restoran cepat saji dan tempat makan yang gampang ditemui di mana saja, menjadi ancaman bagi kesehatan kita. Hindari makanan cepat saji yang rendah nilai gizi tapi kaya kandungan lemak. Cobalah makan dengan prinsip pelangi alias semakin berwarna warni makanan kita akan semakin baik. Sayuran dan buah yang segar dengan warna warni yang indah selain sehat juga akan meningkatkan selera makan.
  10. Bawa bekal ke kantor. Daripada setiap hari harus makan makanan cepat saji baik di restoran ataupun via drive thru, lebih baik menyiapkan bekal sendiri, lebih terjamin kebersihannya, kandungan bahannya kita tahu dan bisa memperbanyak sayuran dan buah. Sedikit repot memang untuk memasak tapi kalau taruhannya adalah kesehatan kita, sepadan lah !
  11. Masak  Makan di luar selain berbahaya bagi dompet juga berbahaya bagi kesehatan. Pelajari resep-resep baru via internet atau belajar cara memasak yang simpel dan cepat via youtube.
  12. Pergunakan waktu istirahat dengan baik. Jika waktu istirahat tiba cobalah menjauh dari komputer dan kursi kerja anda, berjalan jalan di sekitar kantor, membaca buku, menikmati makan siang bahkan bernyanyi-nyanyi kecil bisa jadi pilihan.
  13. Bersahabat dengan sinar matahari. Banyak orang yang takut pada sinar matahari karena takut kulit jadi hitam, padahal matahari pagi  mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Sesekali biarkan tubuh terpapar sinar matahari dan rasakan sensasi yang berbeda.
  14. Stop Begadang. Banyak yang suka nonton TV sampai tengah malam atau masih sibuk dengan hp meski jam sudah menunjukkan pukul 12.00 tengah malam. Sering begadang bisa menyebabkan konsentrasi menurun, mudah terserang penyakit jantung, menyebabkan depresi dan mempengaruhi kesehatan kulit. Begadang jangan begadang karena tak ada artinya kata Rhoma Irama. 
  15. Pastikan Tidur yang cukup. Kurang tidur seperti halnya begadang dapat menurunkan kekebalan tubuh, gampang kena penyakit, kelebihan berat badan dan penyakit degeneratif lainnya. Orang dewasa umumnya membutuhkan 7 jam untuk tidur yang berkualitas. Pastikan tidur cukup untuk kesehatan yang lebih baik.
Semoga bermanfaat !

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !