Apa Yang Dilakukan Orang Pintar Dengan Ponselnya?

Orang pintar punya cara.

Ponsel adalah barang wajib yang dimiliki oleh orang modern. Siapa pun pasti punya ponsel sebagai piranti wajib komunikasi dengan orang lain. Tapi perlakuan pada ponsel beda-beda pada setiap orang. Apa sih yang membedakan orang pintar dan orang kebanyakan saat memperlakukan ponselnya?

ponsel


(1) Mengubah ke mode airplane (pesawat).
  • Saat mereka tak ingin diganggu, seperti saat tidur, sibuk kerja ataupun menghabiskan waktu dengan keluarga ataupun pasangan. Jika anda masih menyalakan ponsel saat tidur, saat lagi sibuk kerja dan saat kumpul-kumpul dengan keluarga artinya anda belum cukup pintar memanfaatkan ponsel, justru andalah yang dijajah olehnya.
  • Tidur yang berkualitas adalah yang nyenyak dan tidak terganggu oleh suara-suara yang mengganggu, termasuk dering ponsel.
  • Agar hasil yang dicapai dari sebuah pekerjaan itu maksimal, maka anda harus fokus. Jika membiarkan ponsel menyala, artinya pikiran anda tidak fokus pada pekerjaan yang anda lakukan. Kecuali jika pekerjaan itu terkait dengan ponsel.

(2) Menyetel alarm bukan hanya untuk membangunkan tapi juga saat tidur.
  • Untuk membiasakan tubuhnya bangun dan tidur pada jam tertentu. Terlalu banyak tidur itu tidak produktif tapi kurang tidur juga kebiasaan  yang tak sehat. Orang pintar tahu kapan harus memulai harinya dan kapan harus mengakhirinya. Tidur akan mempengaruhi harinya sehingga penting untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

(3) Menggunakan aplikasi yang bermanfaat.
  • Bukan hanya game melulu yang diinstalnya, orang pintar kebanyakan menggunakan aplikasi yang mendukung pekerjaannya, memudahkan hidupnya, membantunya memiliki hidup yang lebih baik. Aplikasi yang menyediakan bahan bacaan bermutu. Termasuk juga aplikasi yang meningkatkan kualitas kesehatannya seperti aplikasi yang membantunya berolahraga, menghitung kalori, bermeditasi dan sebagainya.

(4) Menjauhkan diri darinya.
  • Orang pintar tidak menjadikan dirinya budak ponsel, yang tak bisa bergerak tanpa benda pintar itu di sisinya. Dia sekali waktu menjauhkan diri darinya. Mematikan semua ponsel, notifikasi, pesan dari medsos.
  • Ada masanya dia harus bersantai, melakukan hobi dan apapun yang disenanginya tanpa perlu terganggu dengan ponsel yang terus menerus berdering.

(5) Menggunakannya secara efektif.
  • Menghindari ngobrol ngalor ngidul lewat ponsel yang menghabiskan waktu berjam-jam tanpa jelas apa yang dibicarakan. Kalaupun ada yang diperbincangkan, topiknya tak bermutu, lebih banyak rumor atau gosip murahan.
  • Menghindari kecanduan media sosial dengan memposting apapun seperlunya. Posting yang lebih bermanfaat bagi diri dan orang lain.
  • Menonton video, mendengarkan musik, menyimpan file-file yang berguna, mengurangi download file yang tak bermutu, termasuk video/foto porno, artikel gosip murahan selebriti dan sebagainya.


(6) Tidak suka selfie
  • Karena dia sadar tidak ada yang peduli dengan foto selfienya kecuali dirinya sendiri. Kamera ponsel digunakan untuk mengabadikan momen-momen yang tak bisa terlupakan dalam hidupnya. Bukannya sibuk memamerkan diri agar dikagumi orang lain. Atau sibuk mengagumi dirinya tanpa perduli dengan orang di sekitarnya.
Apa anda termasuk diantaranya?

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !