Tanda-Tanda Kamu Berurusan Dengan Bos Yang Mengerikan

Bos yang mengerikan..

  • Bukan karena tampangnya yang mirip Valak setannya Conjuring tapi kelakuannya yang betul-betul membuat mimpi buruk bagi setiap anak buahnya. Bos adalah atasan. Dan mereka ini berkuasa menentukan nasib anak buahnya. Mereka tiap hari berurusan dengan anak buah, memberi perintah, memberi instruksi, memimpin rapat, mengarahkan dan membina mereka. Kesehatan jiwa kamu yang berstatus sebagai anak buah tergantung bagaimana kualitas orang yang menjadi bosmu.


Bos yang mengerikan itu bila :

(1) Terlalu mengontrol.
  • Bos pasti harus mengontrol anak buahnya, agar semua pekerjaan berjalan pada koridor yang telah ditetapkan perusahaan. Tapi jika bos terlalu mengontrol anak buah jadi kehilangan kebebasan dan menjadi tumpul kreativitasnya.
  • Bos yang terlalu mengontrol adalah bos yang perfeksionis yang berharap segala sesuatunya sempurna. Bos seperti ini mengerikan karena dia tak memberi toleransi atas kesalahan sekecil apapun.

(2) Tak bisa mengambil keputusan.
  • Bos yang baik adalah pengambil keputusan yang baik. Dia dengan mudah menganalisa masalah yang terjadi, terbuka untuk diskusi dan mencari solusi yang terbaik dan memberi keputusan yang cepat dan tepat. Tapi jika kamu memiliki bos yang tak tetap pendirian, suka plin plan dan tak dapat mengambil keputusan dengan cepat, banyak pertimbangan dan suka berubah-ubah. Hal ini bisa membahayakan tim yang dipimpinnya.

(3) Keras kepala.
  • Ada bos yang merasa dirinya selalu benar dan orang lain harus ikut apa katanya. Dia sangat keras kepala, tak suka menerima masukan dan saran apalagi kritikan dari anak buahnya. Baginya bos selalu benar dan anak buah harus patuh. 

(4) Tak suka perubahan.
  • Konsisten dengan sebuah pola itu bagus, tapi jika bertahan dengan pola lama dan ketinggalan jaman juga tak bijaksana. Bos yang tak suka perubahan apalagi yang terkait dengan teknologi adalah bos yang mengerikan. Karena kita akan terjebak dengan pola lama yang kontra produktif serta tidak efektif hanya karena dia memiliki pola pikir jaman dulu. Dia merasa terlalu nyaman dengan kekunoannya sehingga sedikit perubahan bisa berarti halangan baginya.

(5) Suka memperhatikan detail.
  • Hal ini terkadang menguntungkan tapi lebih sering menjadi mimpi buruk bagi anak buah. Jika bos terlalu memperhatikan detail, pekerjaan jadi bisa lama hanya untuk mengurus detail yang tak terlalu penting. Anak buah pun bisa terkekang kreatifitasnya hanya karena bos terlalu memperhatikan setiap detail pekerjaan anak buahnya. Hal ini menutup ruang untuk terjadinya kesalahan sekecil apapun..

(6) Pemarah.
  • Bos yang memimpin dengan ancaman dan kata-kata kasar adalah bos yang mengerikan. Bos yang melihat segala sesuatu dari kacamata yang berbeda gampang tersulut emosinya. Hal ini bisa menjadi mimpi buruk bagi anak buah di bawah kendalinya. Karena mereka tak bisa menebak apa yang membuat bos marah, karena seolah-olah semuanya selalu salah. Akibatnya anak buah jadi serba salah.

(7) Tak punya visi.
  • Bos adalah pemimpin yang harusnya mengarahkan timnya menuju sebuah tujuan yang ingin dicapai. Karena itu setiap bos harus punya visi. Pandangan ke depan apa yang ingin diraih olehnya. Dan dia berharap dukungan anak buahnya untuk membantunya ke sana.
  • Tapi bagi bos yang tak punya visi, kerjaannya seadanya, tak terukur dan tak berorientasi hasil. Sehingga tim yang berada di bawahnya memiliki kinerja yang rendah bahkan buruk karena tidak tahu tujuan pekerjaan yang mereka lakukan.

(8) Pilih kasih.
  • Bos boleh saja menyukai seseorang lebih dibanding yang lainnya dalam timnya. Tapi rasa suka itu tak boleh ditunjukkan secara terang-terangan dengan memberikan kemudahan bagi anak buah favoritnya. Hal itu menimbulkan rasa ketidak adilan dan gejolak dalam tim. Bos yang pilih aksih sangat mengerikan karena penilainnya sangat subjektif bukan berdasarkan kemampuan anak buahnya, tapi berdasarkan suka atau tidak suka.

(9) Arogan.
  • Bos boleh saja pandai, punya kemampuan leadership yang bagus, bisa bekerjasama dengan pimpinan di atasnya, tapi jika memiliki sifat arogan maka arogansinya ini yang membuatnya mengerikan.
  • Bos yang arogan biasanya menjaga jarak dengan anak buahnya karena merasa tidak level. Bos adalah bos dan anak buah meskipun punya prestasi cemerlang tetaplah anak buah. Dia ingin selalu diperlakukan hormat, ingin dihargai secara berlebihan dan terkadang tak segan-segan melakukan intimidasi pada anak buahnya.

(10) Tak menghargai kerja tim.
  • Inilah bos yang paling mengerikan. Dia berhasil memimpin timnya dan mendapat prestasi cemerlang, tapi hanya dirinyalah yang ingin diakui dan mengabaikan sumbangsih anggota timnya dalam hal ini kamu sebagai anak buahnya.
  • Dia tahu anak buahnya memiliki kemampuan dan dia memaksimalkan potensi itu untuk mencapai tujuan. Tapi semua itu dianggapnya hasil kerja kerasnya semata, tim hanya pelengkap penderita. Bos seperti ini mengerikan karena mengebiri kemampuan anak buahnya untuk tampil ke permukaan.
Itulah 10 tanda-tanda bos yang mengerikan. Apakah bos anda memiliki salah satu dari 10 tanda-tanda di atas, atau malah semuanya?  Bos yang baik adalah bos yang bijaksana, mempu mengeluarkan potensi timnya, mengakuinya, menghargainya dan membantunya menjadi lebih baik.

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !