Tips Jitu Belajar Untuk Menghadapi Ujian

Ujian tak harus jadi momok.

Banyak pelajar maupun mahasiswa yang syok jika mendengar kata ujian, karena ujian pasti diikuti dengan kegiatan yang tak menyenangkan yaitu belajar sampai larut atau begadang agar bisa mendapatkan nilai tinggi.
Itulah kebiasaan belajar yang salah, yang melelahkan dan tidak mengasyikkan. Bagaimana bisa lulus ujian jika kegiatan belajarnya membuat stres dan tertekan? Kalau ingin perbaikan silakan intip 16 kebiasaan belajar bintang kelas yang jarang diketahui.


Ujian harusnya tak jadi momok, tak jadi sesuatu hal yang menakutkan jika tahu bagaimana mempersiapkan diri menghadapinya. Bukan lagi dengan cara-cara yang bikin tertekan, tapi dengan cara-cara yang mengasyikkan,

Tips jitu belajar untuk ujian

(1) Belajar buat paham.
  • Perbaiki dulu niat dan tujuan belajar. Selama ini mungkin kamu belajar untuk mendapat nilai bagus, sekarang rubah cara belajarnya dengan belajar untuk paham. Apa bedanya? Belajar untuk mendapatkan nilai sifatnya sesaat, kamu akan ingat saat menjelang ujian saja dan sesudahnya kamu lupa, sehingga jika ada ulangan susulan dengan soal yang sama, kamu belum tentu ingat. Kamu fokus dan konsentrasi pada hafalan.
  • Belajar untuk paham betul-betul berusaha mengerti pelajaran itu bukan sekedar menghafal. Sehingga pelajaran itu akan terus diingat, namanya juga paham bukan? Atau kalaupun lupa, dengan membuka buku pelajaran yang membahas hal itu bisa kembali ingat dengan mudah.

(2) Istirahat 15-20 menit.
  • Belajar jangan dikebut terus, istirahatkan diri dengan interval 15 sampai 20 menit (jangan juga terlalu lama, nanti keburu malas). Yang bikin kamu lelah jiwa dan raga saat belajar, karena dikebut tanpa ada jeda sama sekali. Istirahat juga membuat otak lebih segar dan siap belajar lagi.

(3) Dengar musik.
  • Saat istirahat itu kamu bisa lakukan hal yang kamu suka, misalnya mendengarkan musik, bergoyang-goyang sejenak atau mengikuti irama lagu yang terdengar. Mendengarkan musik bisa membuat suasana hati gembira dan siap menerima pelajaran lagi.

(4) Minum coklat.
  • Menurut hasil penelitian coklat memberikan rangsangan yang baik bagi otak untuk berpikir dan menerima input dari luar. Tak ada gunanya sambil istirahat, dengar musik ditemani dengan secangkir coklat panas.

(5) Belajar kelompok.
  • Apapun yang dilakukan rame-rame lebih membuat semangat dibanding belajar sendirian. Lagipula kamu belum tentu tahu semua mata pelajaran yang akan diujiankan, lewat belajar kelompok kamu bisa bertanya pada mereka yang lebih pintar dan lebih paham.
(6) Membayangkan bahwa ujian pasti sukses.
  • Dengan membayangkan sesuatu yang berhasil kamu bisa lebih semangat belajar, karena ingin mewujudkan apa yang ada dalam bayanganmu itu. Membayangkan sesuatu telah terjadi terlebih dahulu sama dengan doa dan pengharapan bahwa hasilnya akan seperti itu.

(7) Sisihkan waktu untuk melakukan peregangan.
  • Bukan hanya istirahat sambil diam tak melakukan apa-apa, tapi lakukan peregangan, atau senam ringan agar tubuh tak kaku dan lebih rileks. Tubuh yang tegang akan mempengaruhi otak, membuatnya cepat lelah. Karena itu peregangan ringan akan memberi efek kesegaran pada tubuh dan pikiran.

(8) Buatlah jadwal belajar.
  • Jangan belajar nanti menjelang ujian saja, selain tak efektif juga melelahkan. Buatlah jadwal belajar yang teratur, beberapa jam setiap harinya dan patuhi itu. Jadwal memudahkan kita untuk mengatur waktu dan disiplin.
(9) Gunakan berbagai media pembelajaran.
  • Karena belajar untuk paham, gunakan semua media pembelajaran untuk membantu memahami mata pelajaran tertentu. Bukan hanya buku paket dan catatan, tapi internet, bahkan notes atau kartu-kartu lipat berisi materi yang ingin kamu pahami, bisa membantu. Sehingga dimanapun dan kapanpun kamu tetap bisa belajar.

(10) Fokus pada hal-hal yang sulit.
  • Tak usah fokus pada hal-hal yang sudah kamu tahu dan sudah dipahami, fokuslah apad hal-hal sulit dan belum kamu pahami. Berusahalah mencari tambahan informasi lewat belajar kelompok atau bertanya langsung pada guru.
Selamat belajar.....

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !