Tips Menang Debat Melawan Orang Yang Lebih Pintar

Sering kalah dalam debat?

  • Sering kalah dalam debat bukan berarti kamu bodoh, tidak pandai atau idiot. Tapi karena salah strategi. Sebelum memulai perdebatan perbaiki tujuan terlebih dahulu. Pastikan bahwa yang kamu inginkan bukanlah menang melainkan berhasil merubah pendapat lawan debat mengikuti kemauanmu atau setidaknya bisa menggoyahkan apa yang diyakininya. Kalau seperti ini tujuanmu, sebenarnya bukan debat tetapi berdiskusi. Dan dalam diskusi tidak ada pihak yang kalah atau menang, karena masing-masing berusaha untuk menemukan titik temu atas sebuah permasalahan. Tidak ada orang yang tahu semuanya, bahkan orang paling pintar sekalipun pasti ada yang tidak dia ketahui. Dan disinilah terbuka ruang untuk berdiskusi.
  • Kalau kamu berdebat tujuannya menang, jangan heran kalau kamu selalu kalah. Karena bisa saja terjadi debat kusir yang tujuannya untuk menjatuhkan lawan. Dan peluangmu untuk kalah jadi lebih besar karena lawan pasti ingin menang juga. Apalagi kalau berhadapan dengan lawan yang lebih pintar.

Bagaimana memenangkan debat?

Mudah saja memenangkan debat bahkan jika lawanmu jauh lebih pintar. Ini dia tips untuk memenangkan debat, tak peduli siapapun lawanmu.

(1) Yakin kalau benar.
  • Pihak yang benar pasti akan memenangkan debat, meskipun lawanmu jauh lebih pintar. Justru karena dia pintar pasti tahu bahwa dirinya salah dan kamu benar. Tapi orang pintar biasanya bukan orang yang gampang mengalah, mereka pasti akan melawan dan mengemukakan argumen yang mencoba untuk mempengaruhi dan meyakinkan kalau kamu belum tentu benar.
  • Jika kamu yakin bahwa kamu benar maka argumen apapun tak akan mempengaruhimu dan kamu pastikan dirimu menang melawannya.

(2) Miliki data dan fakta yang menguatkan.
  • Jika kamu yakin benar, back up lah keyakinanmu itu dengan data dan fakta yang menguatkan. Fakta akan tetaplah fakta, apapun yang melatarbelakanginya. Jika kamu memiliki data dan fakta yang menguatkan argumenmu, maka orang sepintar apapun akan kamu kalahkan jika dia tidak memiliki fakta yang menguatkannya.
  • Jadi sebelum memulai diskusi atau debat pastikan bahwa argumenmu didukung oleh data yang benar dan fakta yang menguatkan.

(3) Patahkan semua argumennya.
  • Hati-hatilah jika dia hendak memanipulasimu dengan memberikan fakta yang bertentangan dengan data yang kamu punya. Pastikan bahwa argumennya tidak berhubungan sama sekali dengan topik yang dibahas.
  • Ingatlah argumen yang didukung oleh banyak data itu belum tentu yang paling benar.

(4) Cari kelemahannya.
  • Pastikan bahwa argumennya tidak sempurna, cari kelemahannya. Buatlah pertanyaan yang tidak dapat dia buktikan atau jelaskan secara mudah. Sangat mudah menemukan kesalahan pada argumen yang tak didukung data yang valid serta tak dikuatkan dengan fakta.

(5) Serang dia dengan kelemahan itu.
  • Setelah menemukan kelemahannya serang dia menggunakan data dan fakta yang benar untuk memastikan bahwa argumennya cacat atau lemah. Cobalah membuatnya bingung dengan menanyakan pertanyaan " bagaimana bila ...", hal itu akan memaksanya untuk berpikir lebih keras dan merasa terdesak.

(6) Jangan jadi penyerang yang agresif, bertahanlah.
  • Lebih baik main bertahan daripada menyerang secara agresif. Karena dia lebih pintar dia pasti akan berusaha bertahan dan tak mudah untuk dikalahkan. Tak perlu terlalu berusaha keras untuk membuktikan kalau kamu pastilah benar dan dia pasti salah. Orang pintar tak mudah menerima kekalahan begitu saja.
  • Daripada terus menyerangnya lebih baik kamu mencoba meyakinkannya kalau dia bisa saja salah dengan kata-kata yang baik dan sopan. Jangan merasa lebih tinggi darinya, karena itu akan melukai harga dirinya. Menanglah secara bermartabat tanpa harus merendahkan orang lain.

(7) Berdebatlah tentang hal yang dia tak tahu.
  • Sepintar apapun seseorang belum tentu dia tahu semuanya. Pasti ada hal-hal yang dia tidak tahu, atau minimal hanya tahu sedikit. Jika ingin menang mudah dalam berdebat, pastikan bahwa apa yang kamu perdebatkan adalah sesuatu  yang kamu tahu dan kuasai, sementara dia tak tahu dan tak menguasainya.
Itulah 7 tips menang debat melawan siapapun bahkan orang yang lebih pintar darimu. (baca juga : kenapa cowok selalu kalah debat sama cewek)

Salam..

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !