25 Kebiasaan Sehat yang Harus dimulai Hari Ini.

Siapa yang tak mau sehat? Semua orang akan melakukan apa saja agar tubuhnya bisa berjalan sebagaimana mestinya. Inilah 25 kebiasaan yang bisa anda lakukan agar tubuh bisa sehat terus, syaratnya sangat mudah, ya.. harus dimulai hari ini dan sekarang ini, tidak tunggu besok atau lusa.

sehat

(1) Berpikir positif.
  • Dari pikiran yang positif akan keluar ide-ide yang cemerlang. Memandang hidup juga bisa lebih indah dan bisa menyikapi cobaan, ujian dan hal-hal yang tak mengenakkan dalam hidup lebih baik. Berpikir positif akan menyehatkan jiwa. Coba lihat mereka yang kebanyakan mengeluh dan selalu berpikir negatif, hidup mereka penuh tekanan, tak jarang ada yang sampai gila ataupun bunuh diri.

(2) Minum air putih lebih banyak.
  • Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Air dipergunakan oleh tubuh untuk mengatur kelembabannya, menjaga agar darah tak terlalu kental, melarutkan racun racun yang nantinya akan dikeluarkan lewat urine atau air kencing. 
baca : 9 alasan mengapa harus banyak minum air.

(3) Bangun lebih pagi
  • Mengapa harus bangun pagi, saat mata masih berat dan selimut terasa nikmat? Agar rezeki tak dipatok ayam? Bukan.., karena udara pagi itu lebih sehat, pikiran lebih segar dan ilham serta ide-ide bagus gampang mengalir di waktu pagi dibanding waktu malam.

(4) Tidur lebih cepat.
  • Begadang itu tak ada manfaatnya, kecuali jika terpaksa. Tubuh sudah memiliki jam istirahatnya sendiri. Memaksa tubuh untuk terus beraktivitas saat harusnya jam istirahat itu tak sehat. Tubuh butuh waktu untuk memulihkan diri. Tidur adalah waktu bagi sel-sel untuk meregenerasi dirinya.

(5) Makan makanan dari tumbuhan
  • Makan makanan instan, gorengan, makanan olahan atau junk food itu memang enak dan praktis. Tapi makanan tersebut juga kurang nilai gizinya dan tinggi lemak. Mulai makan makanan alami berbahan dasar tumbuhan seperti sayuran dan buah. Selain tidak mengandung zat pengawet juga banyak menganudng serat yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan.

(6) Olahraga teratur.
  • Gaya hidup sekarang ini yang banyak makan dan kurang bergerak meningkatkan jumlah penderita obesitas. Sempatkan waktu olah tubuh, bahkan olahraga ringan pun cukup. Olahraga dapat memperlancar aliran darah dan memperkuat jantung, terutama yang kardio.
  • Konon olahraga bisa membuat seseorang awet muda dan panjang umur.

(7) Berlatih yoga.
  • Jika olahraga untuk melatih fisik, maka yoga lebih kepada melatih jiwa dan pikiran untuk fokus dan mencintai diri. Yoga sudah lama dipercayai dapat menurunkan stres dan membantu pemulihan jiwa yang terguncang, serta lebih fokus.

(8) Menikmati alam.
  • Jangan selalu menghabiskan waktu di mall, cafe, club atau tempat shopping. Sempatkan waktu untuk mengisi hari dengan menikmati alam. Alam akan memberi penyegaran baru bagi hari yang diwarnai dengan rutinitas.

(9) Banyak membaca
  • Banyak orang yang mulai melupakan buku dan memilih menghabiskan waktu dengan gadget, handphone, tablet, komputer, laptop, game console. Cobalah sesekali melupakan gadget anda dan mulai membaca buku-buku motivasi atau novel ringan sambil menikmati secangkir kopi. Hal itu akan membuat perasaan anda lebih ringan dan lebih fresh.

(10) Membuat list hal-hal yang ingin dilakukan.
  • Banyak orang yang stres sampai terkena serangan jantung dan stroke karena sering tergesa-gesa. Mengapa tergesa-gesa? Karena tak memiliki perencanaan yang baik. Cobalah buat list atau daftar hal-hal yang ingin anda lakukan agar anda punya patokan yang jelas apa yang akan anda lakukan selanjutnya. 

(11) Makan cemilan sehat.
  • Sudah menjadi kebiasaan orang untuk makan cemilan serupa keripik, kentang goreng, pop corn, coklat, es krim yang sarat dengan garam, gula maupun pengawet. Zat additif ini jika dikonsumsi dalam waktu lama akan membahayakan kesehatan. Garam ditengarai menjadi biang keladi penyakit hipertensi, gula berkontribusi pada meningkatnya gula darah (diabetes) sementara zat pengawet diyakini sebagai salah satu penyebab penyakit kanker. Mulai hari ini singkirkan cemilan tidak sehat anda, ganti dengan cemilan sehat seperti buah dan sayuran yang dipotong kecil-kecil, atau yogurt yang lebih sehat dibanding es krim. 

(12) Hadapi ketakutanmu.
  • Banyak orang gagal bukan karena bodoh atau kurang pintar, hanya karena kurang berani. Mereka membiarkan ketakutan menguasai jiwa mereka. Padahal tak ada yang perlu ditakuti selain ketakutan itu sendiri. Takut akan membuat kita tenggelam dalam imajinasi yang kita ciptakan sendiri dan itu tak sehat.
  • Hadapi ketakutan anda dengan cara melakukan apa yang anda takutkan. Anda akan tahu bahwa ketakutan anda terlalu berlebihan.

(13) Buat rencana pekerjaan.
  • Pekerjaan apapun, jika ingin berjalan dengan baik harus direncanakan sebelumnya. Pekerjaan yang tanpa perencanaan pada saat proses pengerjaan butuh energi yang banyak dan hasilnya belum tentu sesuai yang diharapkan.

(14) Makan makanan sehat.
  • You are what you eat, itulah kata pepatah. Kamu menunjukkan apa yang kamu makan. Kita dilahirkan dengan tubuh sempurna yang sehat, kitalah yang membuat tubuh ini sakit dan menderita dengan memberinya makanan yang tidak sehat. Orang modern lebih fokus pada rasa makanan. Mereka rela makan makanan yang tidak sehat yang penting rasanya enak dan bikin ketagihan. Padahal makan makanan sehat secara rutin akan berkontribusi pada kesehatan tubuh yang paripurna.

(15) Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
  • Hidup harus punya tujuan sehingga kita bisa mengukur apakah hidup kita maju, jalan di tempat atau mundur. Tujuan menuntun kita selangkah demi selangkah untuk mencapainya. Jika tak punya tujuan hidup, kita jadi tak fokus dan melakukan apa saja seenaknya.

(16) Lakukan hal yang disenangi.
  • Hidup ini singkat saja, untuk apa mengisinya dengan hal-hal yang tak disenangi. Orang yang bisa menikmati hidup adalah mereka yang melakkan hal-hal yang disenanginya. Mengapa orang modern kebanyakan stres? Karena mereka terlalu sibuk melakukan hal yang tak disenanginya.

(17) Mencoba resep baru.
  • Siapa sih yang tak suka makan? Indera pengecap manusia adalah salah satu nikmat terbesar yang diberikan Tuhan. Lewat indera itulah kita bisa merasakan beragam rasa makanan. Salah satu cara menikmati hidup dengan mencoba beragam kuliner dengan resep-resep baru yang banyak tersedia di internet. Hidup akan lebih kaya warna seperti aneka masakan yang coba kita buat.

(18) Peregangan sebelum dan sesudah olahraga.
  • Tubuh berhak untuk dipersiapkan sebelum melakukan olahraga. Tubuh juga perlu diluruskan setelah sibuk dengan olahraga yang kita lakukan. Peregangan adalah salah satu upaya untuk mempersiapkan dan meluruskan anggota badan, termasuk otot-otot yang telah bekerja keras melakukan olah tubuh. Tanpa peregangan bisa saja tubuh atau otot cedera jika dipaksakan melakukan olah tubuh yang keras.

(19) Mandi busa.
  • Sesekali berendam dengan busa sabun bisa membuat tubuh relaksasi dan merasa tenang. Relaksasi adalah salah satu cara mengistirahatkan tubuh dari rutinitas dan kelelahan fisik yang panjang. Relaksasi bisa membuat tubuh segar dan siap menjalani hari baru.

(20) Terus belajar hal-hal baru.
  • Terus belajar hal-hal baru membuat kita semangat menjalani hidup. Belajar adalah proses yang seharusnya dilakukan seumur hidup. Belajar bahasa asing, belajar memainkan musik, belajar menari, belajar melukis atau belajar apa saja bisa membuat kita bergairah melaksanakan hidup.


(21) Jangan takut gagal.
  • Perasaan takut gagal membuat kita kalah sebelum bertanding. Jika kita mengusahakan sesuatu hasilnya bisa sukses dan bisa juga gagal. Tapi kalau kita tak pernah berani mencoba kita tak tahu apakah akan gagal atau akan berhasil. Lagipula gagal itu adalah sukses yang tertunda, sepanjang kita belajar dari kegagalan dan terus berusaha.


(22) Oke saja untuk berkata tidak.
  • Kita berhak menolak jika sesuatu tidak sesuai dengan hati nurani, atau merasa tidak sanggup untuk melaksanakannya. Oke saja untuk berkata tidak pada orang lain. Tidak ada salahnya menolak jika itu memang yang kita inginkan. Justru akan lebih buruk jika kita berkata YA tapi sebenarnya hati kita berkata TIDAK, itu artinya tak jujur. Membohongi diri itu jauh lebih berat dari membohongi orang lain.


(23) Teguh pendirian.
  • Jika sudah menetapkan sesuatu sebaiknya teguh berpegang dengan apa yang kita tetapkan itu. Supaya kita punya acuan, punya sikap dan punya pendirian menghadapi masalah apapun. Tidak ada orang yang mau berurusan dengan mereka yang suka plin plan dan tak tetap pendirian.

(24) Jangan pernah menyerah mengejar mimpi.
  • Semua kesuksesan berawal dari mimpi. Keteguhan seseorang untuk terus mewujudkan mimpinya. Jika seseorang bermimpi untuk menjadi penari profesional, maka dia akan menyiapkan dirinya untuk itu, ikut kursus tari, bergabung dalam kelompok tari tertentu, memperbaiki cara menari, ikut pementasan. Kemudian tak ada yang bisa menyurutkan langkahnya mengejar mimpi tersebut.


(25) Mulailah hari ini.
  • Mulailah melakukan hal-hal di atas hari ini. Sebagus apapun suatu konsep jika tak ada keinginan untuk memulainya adalah percuma. 
  • Mulailah hari ini juga !

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !