8 Cara Termudah Bikin Orang Lain Bahagia

Membahagiakan orang lain tidak susah kok. Tidak perlu ribet, tindakan sederhana saja bisa bikin orang lain bahagia. Apa saja itu?




1. Selalu ada untuk mereka.

  • Tidak ada yang lebih membahagiakan selain selalu ada untuk orang yang anda sayangi, baik dalam keadaan suka maupun duka. Banyak orang yang tidak butuh saran atas masalah yang dihadapinya, mereka hanya perlu tahu bahwa anda selalu ada untuknya.

2. Perlakukan mereka dengan hormat dan penuh kasih.
  • Perlakukan pengemis tua yang miskin dengan penuh hormat seolah mereka orang terpenting di dunia. Berikan makanan dan uang sekedarnya dengan cara yang patut. Tidak meremehkan dan tidak menghina kondisinya. Mungkin saja dia bau dan kotor, tapi perlakuan hormat kita padanya akan menyentuh dan membahagiakan hatinya.
  • Perlakukan anak-anak yang jualan koran dan dagang asongan di jalan dengan penuh kasih sayang. Jika tak ingin membeli setidaknya beri mereka senyuman. Jika ingin membeli jangan lupa beri semangat kepada mereka dan doakan banyak dagangannya yang terjual. Itu akan membahagiakan hatinya, ada orang asing yang memperhatikannya sedemikian rupa.

3. Dengarkan curhatnya.
  • Tidak semua orang butuh diceramahi dan diberi jalan keluar, kadang yang mereka butuhkan adalah telinga untuk mendengarkan curhat dan uneg-unegnya. Perasaan bahwa ada orang yang setia mendengarkan keluhannya saja sudah cukup membahagiakan.

4. Ucapkan terima kasih.
  • Jangan pernah meninggalkan orang yang telah melakukan sesuatu untuk anda tanpa ucapan terima kasih. Jadikan itu kebiasaan. Pelayan yang mengantarkan makanan anda di restoran. Petugas parkir yang membantu memarkirkan kendaraan anda. Satpam kompleks yang setia membuka portal untuk anda. Sopir angkot yang setia mengantar anda ke tempat tujuan.
  • Ucapan terima kasih adalah penghargaan pada orang lain. Meskipun itu memang tugasnya tapi ucapan terima kasih yang keluar dari mulut kita akan membuat mereka lebih semangat dan lebih bahagia menjalankan tugas karena merasa berguna dan itu dihargai oleh orang lain.

5. Berikan pujian yang jujur.
  • Semua orang suka dipuji. Pujian memuaskan ego mereka. Tapi jangan asal memuji, pujilah dari hati. Artinya pujilah seseorang secara jujur. Jika anda melihat sesuatu yang pantas dipuji dari dirinya, pujilah. Jangan terlalu berlebihan nanti terkesan gombal.

6. Buat mereka tertawa.
  • Tertawa adalah obat bagi jiwa. Jika melihat teman anda sedang galau, cobalah tersenyum padanya, jika tak berhasil, cobalah ceritakan sebuah humor jenaka, jika masih gagal membuatnya tertawa, coba buat gerakan tubuh yang lucu, mungkin itu akan berhasil membuatnya tersenyum dan melupakan sejenak masalahnya.
  • Tertawa membuat orang lain bahagia. Belajarlah dari para bayi yang selalu tersenyum maupun tertawa, sehingga hidupnya tampak bahagia terus menerus.

7. Beri hadiah.
  • Semua orang suka hadiah, suka gratisan. Hadiah membuat orang yang sedang susah sekalipun pasti tersenyum. Siapapun suka diperhatikan  dan suka dapat barang gratisan. Hadiah akan membuat orang lain bahagia, meskipun hadiah itu harganya tak seberapa.

8. Pahami mereka dan jangan mengkritik.
  • Tak ada orang yang suka dikritik dan disalahkan. Semua orang ingin dipahami saat mereka melakukan kesalahan. Kritik akan melemahkan dan membuat mereka semakin keras berupaya membela diri. Kritik membuat mereka tidak bahagia, seolah seseorang menyerang kelemahannya.
  • Memahami tindakannya saat dia melakukan kesalahan adalah salah satu cara sederhana membahagiakan orang lain. Ibaratnya orang yang diketahui melakukan kesalahan itu sudah terpuruk, mengkritik dan menyalahkan akan membuatnya semakin terpuruk.
Itulah 8 cara termudah membuat orang lain bahagia, gampang bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !