Cara Agar Tidak Menjadi Orang yang Kemampuannya Rata-rata

Apa itu orang rata-rata?

  • Orang rata-rata adalah orang kebanyakan, yang prestasinya biasa-biasa saja, kehidupannya biasa-biasa saja, tidak ada yang menonjol dari dirinya yang membuat orang akan selalu ingat padanya. 
  • Menjadi orang rata-rata tak perlu dicita-citakan karena akan terjadi secara otomatis jika kita tak merubahnya segera. Kita adalah bagian dari kerumunan orang yang tak diperhatikan karena tak ada yang membuat orang berpaling pada kita. Mungkin saja kita punya ciri fisik yang berbeda dengan orang kebanyakan tapi tanpa pencapaian yang berarti dalam hidup, kita tetap jadi bagian dari kerumunan tersebut. Orang mungkin akan menoleh sebentar melihat fisik kita yang beda itu, kemudian melupakannya segera.
  • Agar bisa sukses kita harus tampil beda, dalam artian tampil lebih baik dan lebih unggul dari kebanyakan orang. Bagaimana caranya?


Bagaimana agar tidak menjadi orang yang rata-rata?

(1) Tak pernah berhenti belajar.
  • Meski itu hanya membaca buku,mendengar podcast, bahkan mengisi teka teki silang. Anda bertanggung jawab pada proses pembelajaran itu dan secara aktif harus menunjukkan peningkatan. Bacalah sesuatu selama 1 jam setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang membiasakan diri membaca minimal 1 jam setiap hari, setelah 7 tahun bisa menjadi pakar dalam berbagai bidang ilmu. 
  • Tentu saja itu butuh komitmen yang keras dan keteguhan hati untuk belajar minimal 1 jam setiap hari.

(2) Lakukan hal yang beda.
  • Cara paling gampang untuk menjadi orang rata-rata atau orang kebanyakan adalah ikut-ikutan apa yang banyak dilakukan orang. Jika anda melakukan sesuatu yang beda, yang tidak banyak orang melakukannya, itu akan memudahkan anda untuk dikenali. Lebih mudah menggapai puncak karena anda original dan tak perlu berkompetisi dengan orang lain.
  • Lebih mudah berkarya dan berprestasi di bidang yang tidak umum digandrungi orang kebanyakan.

(3) Gigih mengejar impian.
  • Banyak orang yang melupakan impiannya hanya karena impian itu butuh kegigihan dan kerja keras untuk mencapainya. Mereka suka mencari sesuatu yang mudah dan sedikit tantangannya, meski bukan itu yang mereka inginkan.
  • Orang yang tak ingin menjadi orang dengan kemampuan rata-rata  gigih mengejar impian, sesulit apapun itu. Dia mengalokasikan waktu untuk melakukan apa yang disukainya, belajar dan mempraktekkan apa yang diingininya.

(4) Berkompetisi dengan orang yang lebih baik darinya
  • Seseorang yang menolak untuk menjadi rata-rata tidak bersaing dengan orang yang memiliki kemampuan dibawahnya atau sama dengannya. Dia mencari lawan yang lebih kuat dan lebih baik darinya. Dengan berkompetisi dia jadi tahu kelebihan dan kekurangannya serta strategi apa yang harus dilakukannya agar bisa mengungguli lawan yang serba ebih darinya.

(5) Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
  • Orang yang ingin lebih baik memberikan waktu sedikit bagi dirinya untuk santai dan bersenang-senang. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melakukan apapun yang mendekatkannya ke tujuan. Dia tahu bahwa dia punya impian dan punya satu tujuan dalam hidup, menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan hidup itulah yang memotivasinya untuk menggunakan waktu seefisien mungkin. Karena waktu jika telah berlalu takkan mungkin kembali lagi.

(6) Tak ingin menunggu apapun.
  • Orang yang tak ingin menjadi rata-rata menolak menunggu perubahan atau kesempatan datang padanya, karena dia lah yang akan menciptakan perubahan dan kesempatan itu. Dia berjuang untuk menciptakan perubahan yang lebih baik. Hal-hal baik, keberuntungan dan kemudahan datang pada orang yang keluar dari rumah dan bekerja keras meraih mimpinya. Tak ada orang yang mencapai kejayaan hanya dengan duduk menanti kejayaan itu datang padanya.

(7) Belajar dari kesalahan.
  • Tak ada manusia yang sempurna. Tapi beda orang sukses dan orang kebanyakan adalah orang sukses belajar dari kesalahan yang dibuatnya.Dia mencatat semua kesalahan yang pernah dibuatnya, melihat celah mengapa kesalahan itu terjadi dan memikirkan antisipasinya agar kesalahan yang sama tak terulang lagi.

(8) Tentukan bidang apa yang membuatmu jadi luar biasa.
  • Jika tak ingin menjadi orang kebanyakan putuskan untuk memilih sebuah bidang /profesi yang membuatmu berbeda dan menjadi luar biasa. Buatlah prioritas dan berusahalah sekuat tenaga untuk memenuhi prioritas itu dan tunjukkan bahwa kamu memang mampu menjadi luar biasa di bidang / profesi itu.

(9) Belajar mengatasi tekanan.
  • Berjalan menuju puncak bukanlah perkara mudah. Akan ada banyak rintangan, halangan dan tekanan yang mencoba menarikmu mundur. Orang kebanyakan umumnya tak bisa menghadapi tekanan, mereka mencari jalan aman yang lebih nyaman dan lebih mudah dicapai, meskipun pencapaiannya kecil dan tidak luar biasa. Bagi orang yang tidak ingin menjadi rata-rata, dia belajar berdamai dengan tekanan yang dihadapinya, menghadapinya dengan berani serta mencari cara untuk mengatasinya, membuat tekanan itu menjadi motivator untuk kesuksesannya. Tekanan bukannya melemahkannya tapi malah semakin menguatkan dirinya,

Itulah 9 cara agar tidak menjadi orang yang kemampuannya rata-rata. Tingkat persaingan dan kompetisi saat ini begitu berat, hanya orang yang luar biasalah yang akan diperhatikan dan menjadi pemimpin abad ini. Hidup ini singkat, jika tak ingin menjadi manusia rata-rata seperti kebanyakan orang di dunia ini, mulailah bertindak berbeda saat ini juga. Putuskan untuk menjadi pemenang !

Salam.. 

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !