7 Hal Kecil Yang Membuat Kesan Mendalam Bagi Orang Lain.

Jangan sepelekan kesan.

  • "Kesan pertama begitu menggoda." Saya ingat sebuah iklan dengan kalimat sederhana ini. Kesan adalah pesan yang kita kirim ke orang lain tentang diri kita, orang lain menangkap pesan itu dan bisa menyimpulkan sesuatu tentang diri kita. Kita semua saling menilai satu sama lain. Karena naluri manusia untuk mencari kelompoknya, orang-orang yang sepaham dengannya, orang-orang yang satu selera dengannya, kesukaannya sama, minatnya sama, kemudian membentuk grup atau kumpulan yang kita sebut sebagai sahabat, teman, geng, kumpulan, atau grup. Kenapa mereka berkumpul dalam satu grup? Karena mereka memiliki kesamaan. Adalah menyenangkan melakukan hal yang disenangi bersama-sama orang lain. Karena kita adalah mahluk sosial.
  • Kesan terbentuk dalam kepala seseorang sebagai bentuk penilaian atas diri orang lain. Penilaian itu akan mempengaruhi keputusannya, apakah ingin melibatkan diri dengannya atau malah menjauhinya.
kesan


7 hal kecil yang membuat kesan mendalam.

(1) Kontak mata.
  • Saat bertemu seseorang pertama kali pasti kita saling bertatapan dan mata adalah fokus utama kita. Seseorang yang berani melakukan kontak mata memberi kesan terpercaya, percaya diri, ramah dan bisa didekati.
  • Bagi mereka yang menghindari kontak mata dengan orang lain memberi kesan pemalu, tertutup dan tak suka ditemani. 

(2) Jabatan tangan.
  • Saat dikenalkan dengan seseorang, maka jabatan tangan akan memberikan penilaian yang mendalam bagi dirinya. Jabat tangan yang erat menunjukkan keramahan, antusiasme, percaya diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik.
  • Sebaliknya jabatan tangan yang lemah menunjukkan rasa kurang percaya diri, tak ada antusiasme atau ketertarikan pada diri orang lain, sehingga membuat orang lain menarik diri. Kesan yang diterima orang ini tak tertarik pada orang lain selain dirinya, jadi buat apa repot-repot mengenalnya?

(3) Warna.
  • Pilihan warna baju yang kamu kenakan memberi kesan mendalam bagi orang yang melihatnya. Mereka yang menyukai warna hitam terkesan lebih eksentrik dan konservatif, sementara mereka yang menggunakan warna-warna cerah dipercaya memiliki kepribadian yang riang dan terbuka.
  • Mereka yang suka warna pastel dinilai sebagai orang yang lembut, manis dan romantis.

(4) Tulisan tangan.
  • Tulisan tangan juga berpengaruh pada penilaian orang lain terhadap anda. Umumnya mereka yang tulisannya kecil-kecil dan teratur cenderung orang yang tertutup, pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. 
  • Sementara mereka yang tulisan tangannya gede-gede, kadang dengan bentuk-bentuk yang unik dinilai sebagai orang yang gemar mencari perhatian, lebih terbuka dan suka dengan ide-ide baru.

(5) Bahasa tubuh.
  • Jangan sepelekan bahasa tubuh karena ini bisa menjadi poin plus atau negatif bagi anda. Mereka yang suka menggigit kuku jarinya kesannya peragu, suka gugup dan belum matang. Mereka yang berbicara sambil menyilangkan tangan di dada, memberi kesan bossy, suka memerintah. Mereka yang selalu tersenyum, bahkan tertawa terbahak-bahak cenderung memberi kesan menyenangkan dan mudah bergaul.

(6) Fashion.
  • Cara berpakaian sangat menentukan kesan yang diterima mereka yang pertama kali melihat kita. Wanita yang berpakaian terbuka, sexy dan minim pasti memberi kesan murahan. Sementara mereka yang memakai simbol-simbol keagamaan memberi kesan alim dan taat. Mereka yang memakai tato cenderung memberi kesan menakutkan daripada menenangkan.

(7) Integritas.
  • Jika berjanji untuk bertemu dengan seseorang pertama kali, jika dia tepat waktu memberi kesan yang baik, artinya dia orang yang memiliki integritas, menghargai waktu dan menghargai orang lain serta patuh pada komitmen yang disepakati bersama. Orang cenderung memilih bekerjasama dengan mereka yang memiliki integritas karena terkait dengan kepercayaan (trust).
Itulah 7 hal yang kecil yang menentukan penilaian seseorang terhadap orang lain. Ingin memberi kesan baik? Perhatikan 7 hal di atas.

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !