25 Hal yang Seketika Membuat Anda Kehilangan Kepercayaan Orang Lain

Kepercayaan dan kredibilitas adalah 2 kata yang saling terpaut dan berkaitan satu sama lain. Orang akan percaya pada mereka yang dianggap kredibel alias mampu melakukan sesuatu. Dan orang yang kredibel setidaknya gampang dipercayai oleh orang lain, karena mereka sudah membuktikan kemampuannya.

Tapi Jangan sekali-kali melakukan hal di bawah ini, karena seketika anda akan kehilangan kredibilitas dan kepercayaan orang lain. Apa saja itu?


kepercayaan


Waspadai hal-hal yang membuat anda kehilangan kepercayaan dan kredibilitas orang lain dengan seketika.

  1. Berbuat baik saat butuh sesuatu saja. Orang yang penuh kebaikan hati, melakukan sesuatu bukan hanya pada saat butuh saja, tapi itu adalah bagian dari kepribadiannya, itulah sebabnya dia disebut sebagai orang baik. Tapi ada juga orang yang seketika menjadi baik karena punya kepentingan pada orang yang dibaikinya, ibaratnya berbuat baik tapi pamrih alias tidak ikhlas. 
  2. Membuat keputusan berdasar data yang kurang lengkap. Seseorang yang cepat mengambil kesimpulan berdasarkan apa yang didengarnya tanpa melakukan cek dan ricek, membuat keputusan yang tak timpang.
  3. Sok tahu. Mereka yang sok tahu suka mengarang cerita pada hal-hal yang sebetulnya mereka tak paham atau kurang paham, tidak punya ilmunya tapi mau dibilang pintar, sehingga ngomongnya asal saja. Mereka ini lebih suka "ngasal" daripada bilang tidak tahu.
  4. Mengklaim diri ahli dalam segala bidang. Tidak ada orang yang pandai dalam segala bidang. Menjadi expert atau ahli itu spesialis, artinya pandai dalam satu bidang atau beberapa bidang saja. Tak ada orang yang bisa menguasai semua bidang di dunia ini dengan baik. 
  5. Cerita hal yang berbeda pada 2 orang. Jika kamu berbicara tentang si A pada si B, kemudian menceritakan hal yang berbeda pada si C, membuat kamu jadi terkenal sebagai tukang ngarang.
  6. Rutin berbuat salah. Memang tak ada orang yang sempurna, sesekali seseorang bisa saja khilaf dan melakukan kesalahan. Tapi jika kamu berbuat salahnya sering dan terus berulang, hal itu bisa membuat orang lain meragukan kamu.
  7. Tidak punya empati. Jika kamu tak punya perhatian dan rasa mengasihi terhadap sesama manusia maka kamu kan muncul sebagai orang yang egois, yang hanya mementingkan diri sendiri.
  8. Suka mengobral janji. Berjanji itu bagus asal bisa ditepati. Tapi bagi kamu yang doyan mengumbar janji-janji manis tanpa ada usaha untuk menepatinya, kamu bakalan susah dipercayai oleh orang.
  9. Tak bisa memegang amanah. Jika dititipi sesuatu sering lupa atau sengaja tidak disampaikan.
  10. Memutarbalik fakta. Ada orang yang hobinya memutar balikkan fakta agar sesuai dengan kepentingannya, tak peduli jika kelakuannya itu membuat orang lain terluka.
  11. Kelihatan kacau dan kusut. Jangan remehkan penampilan. Seseorang jauh lebih percaya pada mereka yang berpenampilan rapi dibanding mereka yang keliatan kusut, lusuh dan kacau.
  12. Tidak konsisten. Mereka yang suka ngomong A tapi sebentar berubah menjadi B dan tak segan-segan memutuskan dengan C. 
  13. Manis saat ingin sesuatu. Sikap manis, senyum terus mengembang saat menawarkan sesuatu / menjual sesuatu pada orang lain, dan langsug cuek setelah tidak perlu mereka lagi.
  14. Menawarkan hal-hal yang tak dibutuhkan. Bagi mereka yang punya target penjualan tertentu, menawarkan barang kadang jadi memaksa, kalau perlu menawarkan apa yang tidak dibutuhkan costumer, yang penting targetnya tercapai.
  15. Telat. Bagi mereka yang diberi kepercayaan untuk menyelesaik tugas dengan tenggat waktu tertentu tapi tak pernah bisa memenuhinya, seringkali telat atau belum selesai saat deadline.
  16. Bicara berlebih-lebihan. Bagi mereka yang berbakat lebay, hal-hal gombal dan rayuan menjadi hal biasa. Tujuannya ingin memaniupulasi orang lain agar mengikuti apa maunya.
  17. Suka bikin alasan. Ada orang yang lebih senang mengarang alasan ketimbang menerima tanggung jawab atas kesalahan yang diperbuatnya. Semakin besar konsekuensinya, semakin canggih pula alasannya.
  18. Gagal menyelesaikan masalah. Bagi mereka yang kerjaannya gagal melulu, bahkan saat diserahi tanggung jawab menyelesaikan masalah yang dibuatnya diapun gagal juga, susah untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Siapa sih yang mau menyerahka  urusannya pada mereka yang gagal melulu?
  19. Bicara dan tindakan beda. Seseorang yang pandai bermulut manis tapi melakukan tindakan yang beda dengan kata-katanya, membuatnya tak bisa dipercaya.
  20. Membesar-besarkan hal kecil. Bagi mereka yang tak bisa fokus dan selalu galau pada hal-hal kecil yang membuatnya selalu mengeluh dan mengganggu aktvitas hariannya tak bisa dipercaya untuk mengelola hal-hal besar.
  21. Air mata buaya. Pernah melihat orang yang sampai nangis menghiba berharap orang lain mengikuti maunya, tapi mereka ini akan langsung diam saat keinginannya tercapai. 
  22. Berat sebelah. Seorang hakim atau penengah yang adil bisa dipercaya jika dia berada di tengah-tengah dan memposisikan diri berada di pihak yang netral dna tidak memihak, sehingga keputusannya bisa dianggap kredibel, menghukum mereka yang salah dan membebaskan mereka yang tak bersalah.
  23. Berharap orang lain melakukan hal yang tak ingin kamu lakukan. Orang lain pasti ogah disuruh melakukan sesuatu yang kamu saja tak ingin lakukan.
  24. Buat aturan tapi tak menaatinya. Kalau kamu buat aturan kemudian kamu sendiri melanggarnya maka kredibilitasmu sebagai pembuat aturan bisa dipertanyakan.
  25. Plin plan dan susah ditebak. Jika kamu tak punya pendirian dan susah ditebak atau susah diprediksi apa maumu, maka orang jadi bingung dan tak bisa percaya pada apa yang kamu katakan.
Itulah 25 hal yang membuatmu jadi kehilangan kepercayaan dan kredibilitas dari orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !