Belanja Bisa Bikin Panjang Umur?

Siapa sih yang tak ingin kelihatan lebih muda dari usianya? Siapa juga yang tak ingin panjang umur? Berikut ini beberapa kebiasan yang dilakukan oleh mereka yang awet muda dan panjang umur, tampak lebih muda dari usia yang sebenarnya dan hidup lebih lama. Salah satunya adalah kesukaan kaum wanita, yaitu belanja...!!

muda

Kebiasaan yang membuat awet muda dan panjang umur.

# 1. Hidup teratur.
  • Mereka yang hidup teratur, menurut hasil penelitian hidup lebih lama dibanding mereka yang hidupnya kacau. Karena mereka menjaga kesehatan dengan baik, makan teratur dan istirahat cukup serta menghindari resiko yang membahayakan tubuh. Mereka yang sehat pasti jauh kelihatan lebih muda dan panjang umur dibanding mereka yang tidak sehat.

# 2. Belanja
  • Ada penelitian yang dilakukan selama 10 tahun di Taiwan dari 2.000 orang yang disurvei, yang berumur di atas 63 tahun, ternyata mereka adalah orang yang suka belanja. Mereka belanja secara teratur selain untuk memenuhi kebutuhan juga sebagai sarana refreshing, mengingat mall sekarang ini selain sebagai tempat belanja juga penuh dengan fasilitas hiburan. Dan kesukaan belanja tersebut ternyata menurunkan resiko kematian sampai 28 % bagi pria dan 23 % bagi wanita.
  • Logikanya bagi mereka yang hatinya senang karena melakukan hal yang disenanginya pasti keliatan lebih muda dan panjang umur. Selain belanja mereka juga bisa saling bersosialisasi dengan teman-temannya di mall.

# 3. Makan kari.
  • Ada penelitian di India yang melibatkan lebih 1.000 orang penduduk berusia 63 sampai 90 tahun yang suka makan kari, ternyata kemampuan kognitif mereka lebih baik dibanding penduduk dunia lainnya yang tidak memasukkan kari dalam diet makanan mereka. 
  • Kenapa? Karena kandungan kunyit dalam kari zat bernama curcumin merupakan zat yang mengandung anti oksidan, anti inflamasi serta anti kanker, juga bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat.
  • Hal ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh sehingga lebih terlihat awet muda dan hidup lebih lama.

# 4. Menyanyi bersama.
  • Bagi mereka yang suka menyanyi bersama seperti dalam paduan suara, grup vokal, sesuai hasil survey terhadap 68 orang dewasa di Amerika ternyata mereka ini punya kualitas kesehatan yang lebih baik, menggunakan lebih sedikit pengobatan saat sakit, tidak kesepian dan jarang pingsan, dibanding mereka yang suka menyanyi sendirian.
  • Kelompok memberikan efek yang lebih baik pada psikologis seseorang. Apalagi jika melakukan aktivitas menyenangkan bersama-sama seperti menyanyi akan melepaskan endorfin, hormon yang berkaitan dengan rasa senang di dalam tubuh.

# 5. Selalu belajar.
  • Kebiasaan untuk selalu belajar hal-hal baru, baik lewat internet, buku, TV atau kursus membuat otak selalu aktif. Hal ini memicu area tertentu di otak yang bertanggung jawab mengontrol kemampuan membaca, mengingat, memori dan kemampuan visual  meningkat aktivitasnya. Hal ini akan membuat pikiran terus aktif dan mencegah pikun di usia tua apalagi di usia muda.
  • Bagi mereka yang rajin searching di internet dan membaca informasi yang bermanfaat dan menyenangkan,  terlihat ada peningkatan kemampuan dalam membuat keputusan.

# 6. Bermain dengan anak-anak.
  • Tenyata bergaul dan bermain dengan anak-anak kecil yang lucu dan imut bisa membuat awet muda dan panjang umur. Anak-anak yang masih polos bisa membuat hati kembali merasa muda dan segar. Saat bermain dengan mereka, kita bisa menjadi anak-anak kembali, bertingkah kekanakan tanpa perlu merasa canggung dan itu ternyata menyenangkan.
  • Mengajarkan hal-hal baru pada para anak balita yang lucu dan selalu ingin tahu itu juga menyenangkan.
bermain

# 7. Jangan pensiun dini.
  • Bagi mereka yang sehat dan masih produktif, pensiun bisa mematikan kreativitasnya. Jika masih ada kesempatan berkarya di tempat lain, tidak ada salahnya membagi ilmu dan memberikan sumbangsih atau manfaat bagi orang lain.

# 8. Cintai diri
  • Terimalah diri apa adanya, jangan menuntut diri melakukan pekerjaan sampai lelah dan sakit. Nikmati pertambahan umur sebagai sebuah proses alamiah yang harus berjalan, tanpa harus merasa stres karena merasa bertambah tua.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !