Hal Yang Memancing Pencuri Menarget Rumah Kamu.

Rumah sering kecurian?

  • Sebentar lagi lebaran dan kebiasaan orang Indonesia buat mudik ke kampung sudah bukan berita lagi. Dan mereka yang mudik biasanya meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Hal ini bisa memancing pencuri buat beraksi. Kalo kamu sudah seringkali kecurian berarti ada yang salah dengan rumah kamu. 

  • Pencuri pada dasarnya orang cerdas. Mereka tidak asal memilih targetnya. Mereka juga survey dan melakukan penelitian sebelum melancarkan aksinya. Kalau rumah kamu memiliki ciri-ciri berikut itu bisa memancing pencuri untuk datang dan beraksi.

(1) Pintu depan.
  • Kebanyakan pencuri suka masuk lewat pintu depan, kenapa? Karena pintu inilah yang paling mudah diakses. Mereka akan memperhatikan apakah kamu saat keluar mengunci pintu, atau membiarkan pintu tertutup saja.
  • Mereka juga bisa datang tiba-tiba sebagai petugas pencatat rekening listrik/air, pengantar barang, tukang pos dan sebagainya dan memastikan kalau rumah dalam keadaan kosong.
  • Rumah yang kosong, atau rumah dengan pintu depan yang jarang dikunci bisa memancing pencuri masuk.

(2) Kotak sampah penuh dos elektronik.
  • Kalau beli barang-barang elektronik biasanya dimasukkan dalam dos yang besar, sehingga saat membuangnya butuh tempat yang lebih besar, sehingga cenderung diletakkan saja di samping box sampah. Pajangan dos elektronik yang besar-besar memancing pencuri untuk masuk rumah, karena berpikir banyak barang elektronik (masih baru) di dalam.

(3) Posisi rumah.
  • Pencuri cenderung menargetkan rumah di pojokan yang jarang terlihat oleh tetangga. Posisi rumah yang berada di tengah jarang ditargetkan pencuri karena gampang dilihat oleh tetangga sekelilingnya.
  • Begitu juga jika di depan rumah banyak pohon besar, atau semak-semak rimbun. Kesannya sih bagus, rumah jadi sejuk dan hijau, tapi rumah seperti ini sering ditargetkan pencuri karena gampang untuk sembunyi dan tidak terlihat.

(4) Jendela.
  • Hati-hati membuka jendela yang mengarah ke jalan raya. Mungkin maksud kamu untuk membuat udara segar masuk, tapi jendela lebar yang terbuka memancing pencuri untuk mengintip dan memikirkan bagaimana masuk rumah lewat jendela, dengan memperhatikan kunci dan keamanan pada jendela yang tak sebanyak pintu misalnya.
  • Jendela adalah akses masuk kedua yang paling banyak dipilih pencuri setelah pintu depan.

(5) Status di sosial media.
  • Bisa jalan-jalan ke tempat-tempat indah itu kebanggaan. Banyak orang yang dengan entengnya memposting status lagi di luar kota dan dibuktikan dengan mengupload foto jalan-jalannya. Hati-hati dengan postingan ini, karena hal ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang tak bertanggung jawab untuk menargetkan rumah kamu yang kosong ditinggal jalan pemiliknya.

(6) Hati-hati dengan orang kepercayaan.
  • Banyak rumah yang kecurian karena terlalu percaya dengan seseorang. Rumah besar yang memiliki banyak pekerja seperti pembantu, tukang kebun, sopir, seringkali rentan menjadi target kecurian yang dibawa oleh orang-orang yang mereka pekerjakan dan mereka percayai. 

(7) Kunci ekstra.
  • Jangan mengandalkan satu lapis kunci saja untuk mengamankan pintu atau jendela rumah anda. Gunakan pengamanan berlapis. Bukan hanya satu lapis kunci tapi minimal 2 lapis, termasuk bisa dikunci dari dalam sehingga mengurangi kemungkinan dibobol.

(8) Minim penerangan.
  • Selain siang hari, malam hari adalah waktu favorit para pencuri memasuki rumah targetnya, karena lebih mudah tak terlihat saat gelap dibanding saat terang. Rumah yang menjadi target pencuri adalah rumah yang minim penerangan, balon lampu depan/teras mati tapi tak diganti adalah kesalahan fatal.
Itulah 8 hal yang memancing pencuri untuk menargetkan rumah kamu. Perhatikan baik-baik dan segera ambil solusi untuk menyelesaikannya, sebelum isi rumahmu habis digondol pencuri.

Salam....

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !