JANGAN Lakukan 20 Hal Ini, Maka Hidupmu Akan Berubah Lebih Baik.

Mau bahagia? Stop lakukan hal-hal berikut ini.

(1). JANGAN mendiskusikan seseorang.
  • Bahasa gaulnya, gosipin orang. Tak ada guna mendiskusikan kehidupan orang lain, pernikahannya, caranya menjalani hidup, dengan siapa dia berteman. Itu bukan urusan kamu, kecuali kalau kamu hendak mengambil pelajaran dari kisah hidup tersebut.
  • Gosip itu racun. Bisa mematikan karakter orang yang digosipi, menghancurkan hidupnya dan membuatnya jadi bulan-bulanan. 
  • Daripada mendiskusikan orang lebih baik mendiskusikan ide-ide untuk membuat hidup lebih mudah, lebih bahagia dan lebih bermanfaat.

stop

(2) JANGAN cemburu.
  • Cemburu itu bahaya, karena kamu bisa melakukan hal-hal tercela saat cemburu. Banyak orang yang membunuh, menipu, menculik hanya karena cemburu.
  • Cemburu juga bikin kamu kelihatan menyedihkan. Kamu merasa orang lain jauh lebih baik dari kamu, jauh lebih beruntung dan hidup seolah tak adil bagimu.
  • Perasaan ini tak ada gunanya, tak pernah bisa membuat hidup lebih bahagia, lebih beruntung bahkan lebih sukses.

(3) JANGAN membandingkan.
  • Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Tak ada yang sempurna. 
  • Hiduplah sesuai yang kamu inginkan dan pastikan kamu menuju arah yang benar dan makin mendekatkanmu ke impianmu.

(4) JANGAN lembur.
  • Kerja keras tak ada kaitannya dengan produktivitas. Kerja cerdas jauh lebih baik daripada kerja keras. 
  • Lembur itu memberi kesan kamu tak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, membuat kamu lebih stres dan lelah sepanjang hari. Kualitas hidup akan menurun jika terlalu banyak lembur. Belum lagi waktu istirahat jadi berkurang karena harus tersita dengan jam lembur.

(5) JANGAN kasar.
  • Menjadi kasar tak membuatmu jadi lebih kuat dan percaya diri, malah membuatmu kelihatan menggelikan dan bodoh. Buat orang lain terkesan dengan kesopananmu dan biarkan mereka menghargaimu seperti kamu menghargainya. Setiap orang layak untuk dapat penghargaan terlepas dari status sosial yang dilabelkan padanya.

(6) JANGAN tergesa-gesa.
  • Setiap kali kamu tak sepaham dengan pendapat orang lain jangan langsung tergesa-gesa mengambil kesimpulan, apalagi langsung menyerangnya dan meyakinkan kalau pendapatnya salah. Diamkan sejenak, pikirkan baik-baik, mungkin saja kamu berubah pikiran.
  • Tergesa-gesa membuat kamu tak bisa berpikir jernih, karena dituntut untuk segera melakukan eksekusi tanpa memikirkan baik-baik. Jangan sampai kamu menyesal nantinya.

(7) JANGAN meragukan diri.
  • Memang kamu punya kelemahan tapi harusnya itu tak menjadi alasan untuk meragukan dirimu sendiri. Hadapi kenyataan dengan berani. Kamu lebih kuat dan lebih pintar dari yang kamu kira.

(8) JANGAN takut bertindak
  • Ketakutan adalah alasan yang paling sering melemahkan dan melumpuhkan seseorang. Hadapi ketakutanmu dan mulailah mengambil langkah. Jika gagal minimal kamu telah mencoba. Kamu bisa belajar dari kekalahanmu itu.

(9) JANGAN kebanyakan aktif di media sosial.
  • Media sosial sosial adalah tempat yang indah untuk melakukan komunikasi dengan kawan-kawanmu di dunia maya, yang jarang-jarang kamu lakukan di dunia nyata. Sesekali boleh tapi kalau kamu menghabiskan waktu hanya untuk chatting dan upload foto dan status di media sosial, kamu mematikan potensimu untuk melakukan hal lain yang lebih bermanfaat, seperti menikmati hobi, traveling atau melakukan kegiatan amal.

(10) JANGAN korbankan waktu tidurmu.
  • Tidurlah tepat waktu dan milikilah tidur yang berkualitas. Hindari begadang dan tidur larut tanpa alasan yang penting. Cukup tidur sangat penting untuk meningkatkan kreativitas yang berujung pada peningkatan produktivitas.

(11) JANGAN sampai kehilangan ide.
  • Selalu bawa notes kecil dan pulpen. Setiap kali kamu punya ide baru yang tiba-tiba muncul, kamu bisa menuliskannya di notes kecilmu. Jangan mengandalkan kekuatan ingatan. Penyakit lupa banyak menghindari manusia modern karena terlalu banyak yang dipikirkan sehingga tak bisa fokus.

(12) JANGAN bergaul dengan orang pesimis.
  • Karena pesimis itu menular. Sama dengan pikiran optimis yang menginspirasi, maka orang pesimis akan menularkan semua pikiran negatifnya kepada kamu, sehingga kamu jadi terbiasa pesimis dan melihat dunia dari sisi negatif. Kalau bisa menjauhlah dari mereka atau tolak cara berpikirnya.

(13) JANGAN membuang waktu.
  • Manfaatkan setiap detik dari waktumu untuk memberi nilai tambah bagi hidupmu. Hindari main game yang menghabiskan waktu dan membuat kecanduan. Baca buku motivasi, dengar podcast yang berisi pengembangan diri, berpikirlah dan temukan ide-ide baru dan hal-hal menginspirasi lainnya.

(14) JANGAN lupa olahraga teratur.
  • Olahraga meski sejenak diperlukan oleh orang modern yang selalu sibuk dan memiliki pola makan tinggi lemak dan gula. Olahraga membantu tubuh sehat dan menemukan keseimbangannya kembali. Meski cuma 15 menit sehari sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dengan membuat tubuh bergerak.

(15) JANGAN suka menunda.
  • Sesuatu yang bisa kamu selesaikan saat ini, kerjakan segera, jangan tunggu sampai besok. Terutama hal-hal penting yang terkait dengan impianmu. Semakin cepat kamu mulai melakukan hal-hal penting untuk masa depanmu seperti ikut kursus, belajar bahasa asing, menekuni hobi yang menghasilkan uang, misalnya, semakin cepat kamu memetik hasilnya.

(16) JANGAN berhenti belajar.
  • Pengetahuan itu sangat penting. Jika tak ingin tertinggal di belakang, kamu harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilanmu. Jangan pernah berhenti belajar. Banyak hal-hal baru yang bisa dipelajari, yang bisa membuka wawasan dan menambah daya saing. Pelajari hal-hal yang kamu minati dan senangi.

(17) JANGAN berhenti tersenyum.
  • Senyum itu adalah keajaiban yang memberi suasana positif pada diri dan memberi kesan baik bagi orang lain. Tersenyumlah menghadapi segala sesuatu bahkan saat gagal. Karena senyum bisa mengembalikan semangat dan membangkitkan kepercayaan diri. Jangan pernah berhenti tersenyum, dan biarkan senyum mengubah hidupmu.

(18) JANGAN bergantung pada orang lain.
  • Jadilah pribadi mandiri. Tak ada manusia yang bisa hidup tanpa bantuan orang lain, tapi letakkan bantuan itu pada porsinya. Terlalu bergantung pada orang lain membuatmu tak bebas menentukan pilihan, tak bisa memilih yang terbaik bagimu, karena orang akan memaksakan apa yang ada di pikirannya untukmu.

(19) JANGAN pernah menyesali yang terjadi.
  • Sesuatu yang telah terjadi adalah bagian dari perjalanan hidup yang memperkaya pengalaman kita. Kejadian baik menjadi kenangan yang indah, kejadian buruk menjadi pelajaran berharga buat kita. Menyesali yang telah terjadi tak akan mengubah keadaan.

(20) JANGAN pernah berhenti bermimpi.
  • Manusia bisa ke bulan dan menciptakan teknologi yang mempermudah hidup, awalnya dari mimpi. Karena itu jangan pernah berhenti bermimpi. Yang terpenting bukan hanya mimpinya tapi saat bangun bersiap untuk mengambil langkah mewujudkan mimpi tersebut.
Jika kamu mulai berhenti melakukan 20 hal tersebut di atas, maka hiduppmu pelan-pelan akan berubah lebih baik dan lebih sukses. Dengan catatan kamu konsisten menjalaninya.

Salam....

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !