Hal Yang Perlu Kamu Tahu Saat Berurusan Dengan Orang Jepang

Lain negara lain adat dan kebiasaan.

  • Jepang adalah negara yang unik. Masyarakatnya memang maju dan sangat disiplin, tapi ada beberapa hal unik yang perlu kamu tahu saat berurusan dengan orang Jepang apa saja itu.

(1) Jangan sok akrab.
  • Orang Jepang sangat menghargai batasan. Jika kamu berasal dari lingkungan yang biasa berjabat tangan erat, saling merangkul antar teman, ngobrol dengan jarak yang sangat dekat, hati-hati jika berhadapan dengan orang Jepang. Mereka tidak suka diperlakukan seperti itu, mereka senang menjaga jarak apalagi dengan orang asing.
  • Mereka lebih senang membungkukkan badan daripada berjabat tangan, karena itu bagian dari budaya mereka.

(2) Jangan cuma bicara bahasamu/bahasa Inggris.
  • Agak sulit menemukan orang Jepang di jalan raya yang bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Bukannya mereka tidak belajar, tapi mereka tidak dituntut untuk fasih berbahasa asing kecuali jika mereka bekerja di lingkungan orang asing yang menuntutnya harus berbicara dengan fasih. Belum lagi budaya malu. Orang Jepang malu berbicara bahasa Inggris dengan orang asing, apalagi jika mereka tidak yakin mengucapkannya dengan baik.
  • Sebagai orang asing yang berada di Jepang, cobalah pelajari sedikit bahasa Jepang, seperti konnichi wa (hallo/selamat siang), arigatou (terima kasih), kawaii (lucu/menggemaskan). Orang Jepang akan sangat menghargai jika kamu mau belajar bahasanya. Dan itu membuatmu diterima di lingkungan mereka. Belajar bahasa Jepang tandanya kamu mau beradaptasi dengan lingkungan yang betul-betul berbeda. Itu yang mereka hargai.

(3) Jangan menelepon di kendaraan umum.
  • Menerima telepon di kereta, bus dengan suara keras, belum lagi sambil ketawa cekikikan dianggap tidak sopan di Jepang. Pastikan ponselmu dalam posisi silence sehingga suaranya tak mengganggu orang lain.
  • Begitupun jika ingin mendengarkan musik. Gunakan earphone dan pastikan suaranya tidak bocor sehingga mengganggu orang di sekitarmu, belum lagi kalau kamu ikutan nyanyi dan bergoyang. Perhatikan orang Jepang yang ada di kendaraan umum, mereka umumnya duduk manis dan diam, tidur atau sambil baca buku.

(4) Jangan datang dengan tangan kosong.
  • Jika kamu diundang untuk makan malam dengan orang Jepang di rumahnya, jangan datang dengan tangan kosong, seperti halnya kita di Indonesia. Bawalah makanan untuk dimakan bersama. Kalau perlu hasil masakanmu itu lebih bagus. Jika tak bisa masak, bisa bawa minuman untuk diminum bersama. Setelah selesai makan akan sangat dihargai, jika kamu membantu cuci piring atau melap piring yang telah dicuci. 
  • Jika habis bepergian dari suatu tempat, jangan lupa bawa oleh-oleh yang disebut omiyage yang bisa diberikan pada teman-teman Jepang kamu. Tak mesti mahal, sekedar snack ringan khas suatu tempat atau gantungan kunci pun akan sangat dihargai.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat berurusan dengan orang Jepang.

Salam....

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !