Jiwa yang Merdeka Itu Seperti Apa?

Anda memiliki jiwa yang merdeka jika anda :

(1) Bebas seperti angin
  • Angin bertiup kemana saja, kadang semilir membuai kadang juga ribut dan mengacaukan sekitarnya. Pikiran anda bebas mengembara, tak ada yang bisa menahannya. Anda bebas berimajinasi seperti apa yang anda inginkan tanpa ada batasan dan tanpa paksaan.
merdeka

(2) Tidak suka aturan.
  • Anda menghormati aturan tapi bukan berarti anda suka rela mengikutinya. Anda adalah manusia bebas dan melakukan apa yang anda suka dan apa yang perlu anda lakukan. Aturan itu membatasi dan melumpuhkan kreativitas, setidaknya itu menurut anda. Aturan dibuat untuk mengatur mereka yang tak bisa mengatur dirinya sendiri.

(3) Berpikiran terbuka.
  • Anda sangat terbuka dengan perubahan, dengan kondisi kemajuan zaman. Wawasan anda sangat luas, sehingga anda bisa memahami semua kejadian dari sudut pandang yang positif.

(4) Tak suka menilai.
  • Anda menerima orang lain seperti apa adanya dirinya, karena anda juga ingin diperlakukan sama. Anda merasa tak ada gunanya menilai manusia, karena setiap orang itu unik.

(5) Menikmati perjalanan hidup.
  • Anda tak pernah susah dan galau menghadapi hidup. Karena setiap hari adalah hari yang baru bagi anda. Hari kemarin sudah anda tutup dan siap menyongsong hari yang baru dengan segala tantangannya.

(6) Bukan pemimpin dan juga bukan pengikut.
  • Anda melakukan apa yang anda suka. Anda juga melakukan apa yang perlu anda lakukan untuk kebaikan dan kepentingan anda sendiri. Anda tak mengikuti siapa-siapa dan tak berharap juga untuk diikuti. Jika ada yang terinspirasi dengan tindakan anda, itu urusan lain.

(7) Menentukan jalan hidup anda sendiri.
  • Tak ada yang memilihkan jalan hidup anda dan jika telah memutuskan sesuatu tak ada yang bisa menghalangi anda. Anda menghargai pendapat dan masukan dari orang lain, tapi keputusan tetap di tangan anda.

(8) Membuat hidup itu simpel.
  • Anda berkompromi dengan keadaan bukan karena terpaksa tapi karena kompromi bisa membuat anda lebih menikmati hidup. Buat apa dibuat susah jika bisa dibikin simpel? Hidup akan indah dan lebih mudah dalam kesederhanaan dariapa menenggelamkan diri dalam kesibukan demi mengejar harta benda duniawi atau status sosial.

(9) Berprinsip, kurang kebencian dan cintai lebih banyak.
  • Anda menyayangi orang-orang di sekitar anda seperti apa adanya. Anda memaklumi bahwa mereka tak sempurna dan bisa saja membuat kesalahan. Justru kesalahan itu menunjukkan kalau mereka manusia. Membenci mereka tak akan membuat anda lebih banyak. Justru cinta anda yang dia harapkan. Banyak orang yang tak bahagia di luar sana, sehingga melakukan kejahatan atau hal yang tak pantas karena merasa tak ada yang mencintainya. Tunjukkan cinta itu pada siapa saja. Karena anda yakin dunia akan lebih baik jika banyak cinta di dalamnya.
Apakah anda jiwa yang merdeka?

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !