24 Tips Agar Mental Selalu Sehat

Hindari penyakit mental dengan tips di bawah ini

1. Perlakukan diri anda dengan baik.
  • Jangan menyakiti diri sendiri, hargai dan bahagiakan diri terlebih dahulu baru menghargai dan membahagiakan orang lain. Karena tidak ada orang yang bisa lebih menghargai dan membahagiakan diri selain diri sendiri. Penyakit mental disebabkan karena anda tidak memperlakukan diri dengan baik.

2. Kalau memang harus berkata " tidak", katakan!

  • Jangan pernah berpura-pura. Jika hati berkata tidak katakan tidak dan bukan sebaliknya. Penyakit mental banyak menimpa diri mereka yang tak bisa jujur.

3. Keluarlah dari zona nyaman anda.

  • Kalau anda orang rumahan, sesekali keluarlah dari rumah, pergi jalan-jalan dan menikmati hidup. penyakit mental banyak dialami oleh mereka yang jenuh dengan rutinitas tapi tak memiliki cukup keberanian untuk mengubahnya.

4. Jangan membandingkan diri dengan yang lain.

  • Tak ada manusia yang sempurna. Semua orang punya kekurangan, karena itu tak adil jika membandingkan diri dengan orang lain, yang lebih cantik, lebih sukses, lebih mapan, lebih pandai. Terimalah diri apa adanya. Penyakit mental banyak diderita oleh mereka yang tak bisa menerima dirinya dan ingin menjadi orang lain.

5. Terimalah kesalahan karena kesalahan itu tak menentukan siapa diri anda sebenarnya.

  • Tak ada orang yang luput dari kesalahan. Bahkan nabi pun melakukan kesalahan karena itulah yang memanusiakan mereka. Kesalahan tidak menentukan siapa diri anda, sikap anda setelah melakukan kesalahan itu yang penting. Banyak orang yang berpenyakit mental karena terlalu menyalahkan diri sendiri dan tak bisa memaafkan dirinya.

6. Hidup lah di masa sekarang.

  • Banyak yang kena penyakit mental karena tak bisa hidup di masa sekarang selalu terkenang hidup di masa lalu atau selalu cemas akan masa depan. Padahal masa lalu telah berlalu dan masa depan masih misteri. Sekaranglah yang betul-betul menjadi milik kita.

7. Keluarlah menikmati alam.

  • Jangan mengurung diri terus dalam rumah atau menghabiskan waktu di kantor, lembur demi mengejar lembaran rupiah. Sesekali keluarlah menikmati alam, mendengar kicau burung, merasakan hangatnya mentari dan mencium wangi bunga.

8. Jadikan istirahat prioritas.

  • Jangan lupa berikan hak tubuh untuk istirahat, jangan terus mengeksploitasinya untuk kerja dan melakukan keinginan anda. Istirahat adalah masa tubuh memulihkan diri. Kebanyakan penyakit mental diderita oleh mereka yang terus menerus kerja tanpa kenal istirahat.

9. Siaplah bersenang senang.

  • Jangan takut untuk bersenang-senang. Hidup ini singkat dan sangat rugi jika membiarkan waktu berlalu hanya melakukan rutinitas yang bikin stres dan menaikkan ketegangan dalam hidup.

10. Kenanglah memori yang indah.

  • Masa lalu memang telah berlalu dan hanya bisa dikenang. Kenanglah semua memori yang indah, buat diri anda tersenyum bahagia. Kubur semua kenangan buruk, jadikan pelajaran agar lebih baik lagi ke depannya.

11. Bergaul dan cari teman baru.

  • Tak ada salahnya meluaskan pergaulan. Banyak teman itu bagus, jangan stuck dengan teman-teman lama yang mungkin sudah terlalu sibuk untuk kongkow kongkow bersama lagi.

12. Tertawalah.

  • Tertawa adalah obat susah yang plaing ampuh. Jika seseorang sudah bisa menertawakan dirinya maka dia tak akan pernah terkena penyakit mental. Seseorang yang bisa melihat sisi yang menyenangkan dari segala hal dijamin akan selalu sehat. Seperti semboyan blog ini..melihat kejadian sehari-hari dari sisi menyenangkan. Insya Allah penulis dan pembacanya terbebas dari penyakit mental.

13. Buat suatu karya.

  • Jangan hidup hanya sekedar hidup saja, buatlah sebuah karya yang bermanfaat setidaknya bagi diri sendiri. Kalau anda suka melukis, buatlah sebuah lukisan cantik dan hadiahkan untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Jika anda suka menulis, buat blog seperti saya..tuliskan apa yang anda tahu dan bagi dengan orang lain.

14. Lakukan hal yang menyenangkan.

  • Lakukan apa yang anda sukai, jika hobi menyanyi silakan karaokean, jika hobi main bulutangkis, cari partner dan lakukan hobi itu. Intinya adalah membuat hidup lebih menyenangkan dengan melakukan hal yang disukai. Pilihlah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, karena itu bisa menggembirakan hati.

15. Hargai apa yang anda punya.
  • Intinya adalah bersyukur. Rumput tetangga memang kadang lebih hijau dari rumput di halaman sendiri karena mata kita tertutup, hanya bisa melihat yang jauh dan tak bisa melihat apa yang dekat. Orang cenderung mendapat penyakit mental jika tak bisa bersyukur dengan apa yang dimilikinya .

16. Belajar dari kesalahan.
  • Tak ada orang yang luput dari kesalahan. Yang terpenting bukan kesalahannya tapi apa yang kita pelajari dari kesalahan itu agar lebih baik di masa depan. Jika menghindari itu tak mungkin karena sifat manusia yang mudah khilaf tapi belajar dari kesalahan sangat bisa dilakukan, jika memang ada kemauan.

17. Tulislah kesuksesan anda.
  • Dengan menuliskan kesuksesan anda artinya anda menghargai pencapaian-pencapaian anda selama ini. Anda jadi tahu bahwa apa yang dilakukan sudah berjalan pada track yang benar.

18. Bersihkan hati dari kemarahan.
  • Marah bisa menaikkan tekanan darah, membuat kita terlupa dan menurunkan kontrol diri. Banyak orang yang terkena penyakit mental karena selalu diliputi kemarahan.

19. Olahraga.
  • Olahraga adalah waktu yang tepat untuk melarikan diri dari rutinitas. Olaharaga memberi ruang bagi tubuh untuk mengikuti ritme yang sebenarnya. Aliran darah lebih lancar, lebih banyak oksigen yang masuk, mengeluarkan racun-racun lewat keringat serta membakar lemak-lemak yang tak sehat membuat tubuh jadi segar dan lebih sehat.

20. Lepaskan diri dari gadget. Koneklah dengan orang.
  • Gadget merampas kebebasan setiap orang, mengambil waktu luangnya dan mempersempit dirinya untuk melakukan sosialisasi. Lewat media sosial kita jadi mudah berinteraksi dengan teman secara online, mengupload foto, membagi video atau tulisan sampai menelepon dan berkirim pesan. Sesekali simpan gadget anda dan berinteraksilah dengan orang betulan dan bukan hanya orang di dunia maya.

21. Perlakukan kesehatan mental anda sama penting nya dengan kesehatan fisik.
  • Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mental yang sakit akan berpengaruh juga pada fisik. Banyak pikiran, tak bisa fokus, sakit dan lelah mempengaruhi imunitas atau daya tahan tubuh.

22. Tenanglah..
  • Jangan panik, karena kepanikan takkan menyelesaikan apapun. Lakukan aktivitas dengan tenang, jangan grasa grusu dan jangan terburu-buru. Lakukan persiapan yang baik agar semua berjalan sesuai rencana.

23. Minta tolong saat perlu.
  • Mandiri bukan berarti tak butuh orang lain. Tapi jangan juga jadi manja. Kenalilah kapan anda membutuhkan bantuan. Mintalah bantuan pada orang yang anda yakin bisa menolong dan menyelesaikan masalah anda.

24. Buat prioritas.
  • Harus ada prioritas dalam hidup, agar tahu mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Penyakit mental bisa mengenai mereka yang tak punya manajemen waktu. Sehingga semua pekerjaan dikerjakan atau malah semua pekerjaan ditunda dan diselesaikan menjelang deadline. Jadinya stres dan tertekan.
Itulah 24 tips agar terhindar dari penyakit mental. Kesehatan memang harus diusahakan apalagi kesehatan mental..

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !