5 Hal Yang Perlu Dipercayai Orangtua Terhadap Anak.

Menjadi orang tua itu gampang-gampang susah. Gampang karena terlihat mudah mengurusi mahluk kecil yang lemah segala-galanya dan butuh bantuan orangtuanya. Apalagi mereka adalah anak yang memiliki kepribadian yang tak beda jauh dengan kita. Mereka mewarisi gen kita bukan?

Menjadi orang tua juga tak ada sekolahnya, seperti keterampilan profesi lainnya. Sehingga menjadi orang tua yang sukses harus diusahakan sendiri, lewat trial dan error. Ada yang berhasil dan tak sedikit pula yang gagal. 


5 Hal yang perlu dipercayai orang tua.

1. Tak ada anak yang nakal. 

  • Tak perlu pusing dengan kenakalan anak anda. Kenakalan anak anak sebenarnya adalah cara mereka berkomunikasi mengenai kebutuhannya. Biasanya ada kebutuhannya yang belum terpenuhi. Entah karena kurang perhatian, kurang komunikasi, kurang bisa dipahami oleh orang tua.
  • Jika anak anda nakal dan susah diatur, coba dekati mereka, bicara dari hati ke hati, apa yang menjadi keinginannya. 

2. Anak pun butuh support.
 


  • Bukan hanya orang dewasa yang butuh dukungan dan support, anak anak pun butuh empati dan support untuk membantu mereka melewati masa masa sulit. Support andalah sebagai orangtua yang paling diinginkan anak, bukan makian, omelan, sejuta ceramah panjang lebar. Jika mereka tak mendapatkannya dari anda, mereka akan mencarinya di luar, pada teman sebayanya yang belum tentu memberikan support yang benar dan bisa saja menjerumuskan anak anda ke dalam masalah.

3. Jangan biarkan mereka cengeng. 


  • Hidup ini keras dan hanya anak-anak kuat dan tangguh lah yang akan memenangkan persaingan. Banyak anak yang terlanjur belajar bahwa untuk mendapatkan keinginannya mereka harus cengeng, mengamuk, marah, susah diatur, pokoknya menjadi bandel. Anak anak pun harus diajari bagaimana mengungkapkan kebutuhannya dengan cara yang tepat dan dewasa. Jangan biarkan sikap buruk mereka menjadi kebiasaan, ajari mereka untuk menyampaikan keinginannya dengan cara yang patut.

4. Setiap anak itu unik. 


  • Setiap anak adalah individu yang unik yang tumbuh dan belajar sesuai keinginannya dan mengekspresikan dirinya dengan cara berbeda. Tugas kita sebagai orangtua adalah memberi support agar menjadi yang terbaik dari dirinya.

5. Semua orang tua sanggup menjadi orang tua yang baik.


  • Semua punya kemampuan untuk menjadi orangtua yang baik dan penyayang pada anak anaknya sesuai dengan pemahaman yang dia tahu. Menjadi orangtua memang tidak ada sekolahnya, sehingga menjadi orang tua yang baik itu butuh latihan, trial dan error. Tapi bukan tidak mungkin jika orangtua memang mau mengusahakannya. Jadi apa mereka nantinya adalah hasil campur tangan anda sebagai orangtuanya. Karena itu jadikanlah mereka manusia terbaik minimal bagi dirinya sendiri.
Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !