Mengapa Cewek Jepang Langsing-Langsing?

Jepang sama saja dengan negara manapun di dunia ini yang penduduknya memiliki akses untuk jadi gemuk. Lalu mengapa orang Jepang terutama para wanita tetap langsing, sementara negara lain seperti halnya Amerika Serikat bahkan di negara kita, kegemukan menjadi salah satu masalah. Karena kegemukan memberi ekses penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes, hipertensi ataupun serangan jantung.


Beberapa alasan yang membuat cewek Jepang langsing-langsing.

(1) Penghargaan terhadap tubuh langsing.
  • Di Jepang perempuan sangat menhargai tubuh langsing sebagai bentuk tubuh yang ideal. Mereka sangat memperhatikan lingkar pinggang dan pinggul. Gemuk diidentikkan dengan tidak sehat.
  • Sangat jarang dijumpai perempuan Jepang yang bertubuh gemuk. Kalaupun ada yang bertubuh gemuk pasti pelawak, seperti pelawak wanita Jepang yang terkenal ini, Naomi Watanabe.
Naomi Watanabe (courtesy : www.youtube.com)
  • Perempuan gemuk bukanlah perempuan biasa, tapi pelawak. Itu sebabnya perempuan Jepang sangat sensitif dengan ukuran tubuhnya.

(2) Paham tentang makanan sehat.
  • Perempuan Jepang umumnya memiliki pengetahuan tentang makanan sehat yang lebih baik di banding perempuan di negara lain. Mereka tahu bahwa junk food seperti burger, kentang goreng, pizza dan minuman bersoda adalah makanan yang tidak sehat, sehingga mereka cenderung menghindarinya.
  • Makanan rendah lemak serta ikan yang banyak mengandung omega tiga adalah pilihan mereka.


(3) Kebiasaan makan.
  • Kebiasaan makan orang Jepang adalah kebiasaan makan sehat yang patut dicontoh. Makanan Jepang didominasi oleh sayuran, daging/lauk dalam porsi kecil, penggunaan minyak seminimal mungkin (gorengan). Mereka sangat memperhatikan asupan gula dan garam dalam menu makannya. Mereka minum teh ataupun kopi tanpa gula. Tak banyak menggunakan garam, tapi menggunakan shoyu (semacam kecap asin, yang dibuat dari kedelai).
  • Kebiasaan minum teh hijau dan makan rumput laut adalah kebiasaan sehat yang jarang dijumpai pada menu makanan negara lain. Penggunaan makanan mentah seperti sushi dan sashimi adalah salah satu pilihan favorit orang Jepang yang membuat mereka tetap langsing dan panjang umur.


(4) Lebih aktif.
  • Orang Jepang adalah orang yang aktif. Mereka tetap beraktivitas meskipun usia beranjak senja. Salah satu kenalan kami, meski telah berusia lebih dari 70 tahun masih tetap aktif bermain golf.
  • Orang Jepang sangat suka berjalan kaki ataupun naik sepeda. Untuk mobilitasnya mereka menggunakan transportasi publik. Sangat jarang mereka menggunakan kendaraan pribadi, karena umumnya transportasi publik nyaman, aman, murah serta tepat waktu, belum lagi tempat parkir kendaraan pribadi sangat terbatas. 
  • Aktivitas yang aktif bergerak membuat perempuan Jepang meskipun sibuk tetap memiliki tubuh yag ideal.

(5) Makan snack sehat.
  • Jika di negara lain kita cenderung untuk memilih cemilan yang tinggi gula dan garam seperti coklat atau keripik, perempuan Jepang beda. Mereka memilih cemilan atau snack sehat yang rendah kalori dan didominasi sayuran.

(6) Makan makanan yang disukainya.
  • Jika di Indonesia kita suka sekali makan es krim dan sup buah yang manis-manis, di Jepang mereka memilih makanan yang disukainya. Meskipun es krim terlihat lezat atau desertnya tampak enak, jika mereka tak menyukainya dan menganggap tak sehat mereka tak memesan. Jika terlanjur di pesan, mereka tak menyentuhnya.
Es krim teh hijau..

(7) Porsi makan.
  • Porsi makan orang Jepang itu jauh lebih kecil dibanding porsi makan di negara lain. Mereka hanya makan nasi secukupnya dengan penekanan banyak pada sup ataupun lauknya.

Itulah 7 alasan mengapa cewek Jepang umumnya langsing-langsing dan tak mudah kelebihan berat badan.

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !