7 Makanan Ini Bisa Bikin Masa Haidmu Tambah Menyiksa

Haid atau menstruasi adalah siklus bulanan yang harus dialami oleh setiap wanita yang berada dalam usia subur. Masa-masa ini bagi setiap perempuan beda-beda. Ada yang menikmatinya dan ada juga yang harus menderita karena kram perut atau nyeri di perut bagian bawah. 


haid

Ternyata beberapa makanan juga bisa berkontribusi membuat masa-masa ini jadi tambah buruk. Apa saja itu?

(1) Makanan asin.
  • Makanan asin atau yang mengandung banyak garam bisa menyebabkan kembung dan membuat perut jadi tak nyaman. Jika kamu sedang haid sebaiknya hindari keripik yang menganudng banyak garam, kentang goreng (french fries) ataupun makanan olahan / makanan kaleng.

(2) Kopi.
  • Kopi mengandung kafein yang sifatnya vasoconstrictor, dimana konsumsi kopi saat haid membuat pembuluh darah mengerut dan dapat menyebabkan pembuluh darah yang memberi makan rahim menjadi kencang, sehingga membuat kram perut semakin parah.
  • Jika ingin menambah energi, kopi bisa diganti dengan teh yang memiliki kandungan kafein dalm jumlah kecil saja.

(3) Gula.
  • Saat haid, kandungan gula darah seperti roller coaster, naik turun sesukanya, sehingga konsumsi gula yang banyak bisa menyebabkan kandungan gula darahmu tak terkontrol. Selain itu gula bersifat inflamasi yang cenderung membuat kram perut lebih buruk.

(4) Daging berlemak.
  • Lemak pada daging ini mengandung asam arakidonat, yang menghasilkan prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi rahim dan kram. Makan daging tinggi lemak jenuh selama beberapa hari pertama haid dapat menyebabkan kembung, nyeri payudara dan berjerawat.

(5) Makanan olahan
  • Lemak trans yang terdapat pada makanan olahan, juga dikenal sebagai minyak terhidrogenasi, ditemukan dalam  junk food seperti kentang goreng, makanan kemasan dan makanan penutup, dan mereka dapat memperburuk gejala haid kamu. Lemak ini merugikan, karena dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan dapat memperburuk nyeri yang kamu alami saat menstruasi.

(6) Nasi putih
  • Biji-bijian olahan seperti nasi putih dan tepung putih memiliki efek yang sama dengan gula, karena dapat menyebabkan lonjakan drastis dan juga penurunan gula darah dalam seketika (naik turun) karena nutrisinya sudah hilang.
  • Hal ini menyebabkan peradangan, rasa lapar berlebihan.

(7) Produk susu
  • Produk susu tidak hanya akan memperburuk kembungmu, tetapi juga dapat memperburuk kram. Makanan seperti susu, keju, dan es krim mengandung asam arakidonat, asam lemak omega-6 yang dapat meningkatkan peradangan dan dapat menyebabkan kram.
Hati-hati dengan makanan yang kamu konsumsi saat haid,  biar harimu tetap nyaman saat "tamu bulanan"mu datang.

Salam...

Comments

  1. haduhh.. yang dilarang makanan sehari-hari semua. susah ngejauhinnya.. kok nggak ada saran makanan yang sebaiknya dikonsumsi waktu haid gitu?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !