Cara Efektif Untuk Memulai Tugas Apapun Dengan Sukses

Kadang susah untuk memotivasi diri untuk memulai sebuah tugas yang baru, bahkan tugas-tugas rutin yang kita kerjakan setiap hari. Entah itu PR, tugas sekolah, tugas kantor, tugas rumah tangga. Karena tabiat manusia itu memang malas dan senang berleha-leha. Tapi kalau tugas itu tak dikerjakan akan membawa konsekuensi yang besar buat kita, entah itu kena marah si pemberi tugas, beban bertambah karena tugas pertama belum kelar, ada lagi tugas beriktnya. Jadi perlu cara yang efektif untuk memulai tugas apapun. Begini caranya :
tugas


(1) Tulis nama tugas itu di sebuah kertas.

  • Pada saat menulis nama tugas tersebut sebenarnya kita sudah fokus pada tugas yang akan kita kerjakan. Apapun yang harus kita kerjakan, hati kita harus berada 100 % pada pekerjaan itu, bukan pada yang lainnya. Fokus diperlukan agar kita bisa menentukan pilihan yang akan kita kerjakan selanjutnya yaitu mengerjakan tugas, bukan nonton TV, makan coklat, ngobrol di bbm ato WA juga bukan gosipin tetangga sebelah.

(2) Lihat tulisan anda dan pikirkan.
  • Di situ tertera nama tugas yang anda ingin kerjakan, bukan yang harus anda kerjakan. Karena ada perbedaan antara "ingin" dan "harus". Kalau "ingin" kita mengerjakannya dengan sukarela atas kesadaran sendiri, beda dengan "harus" yang kesannya dipaksaan dan tidak rela.
  • Kenapa? Supaya kita bisa menyelesaikan tugas tersebut karena kita memang ingin menyelesaikannya. Kalau kita harus menyelesaikannya maka kita akan cenderung berontak dan lari meninggalkan tugas tersebut.

(3) Lakukan apa yang harus dilakukan.
  • Ambil kertas dan mulailah menulis tugas tersebut sedikit demi sedikit, atau ambil komputer dan mulailah mengetik tugas-tugas anda. Atau jika tugas tersebut adalah menggambar, membuat maket, melukis, persiapkan bahan-bahannya dan mulailah melakukannya. 
  • Anda takkan bisa menyelesaikannya jika anda tak pernah memulai mengerjakannya.

(4) Tanyakan apa selanjutnya.
  • Setelah mengerjakan langkah awal yaitu memulainya, apa lagi selanjutnya? Melanjutkan dan kukuh mengerjakan tugas sampai selesai.

(5) Ulangi
  • Jika bosan dan malas kembali melanda, ulangi dari awal tulis nama tugas, lihat tulisan itu baik-baik, pikirkan bahwa anda ingin mengerjakannya lagi dan tak ingin menjalani hari dengan malas-malasan. Lakukan apa yang harus anda lakukan, sudah itu tanyakan apa selanjutnya..?? 

(6) Mulai dengan langkah kecil.
  • Jika bosan dan malas kembali melanda, ulangi lagi tapi strateginya di ubah, mulai dengan langkah kecil dulu, pelan-pelan tapi pasti.

(7) Tahu kenapa anda mengerjakannya.
  • Anda harus tahu alasan anda mengerjakan tugas tersebut, alasan itulah yang akan memotivasi anda untuk menyelesaikan tugas sampai selesai.
Kalo masih malas?? Baca ulang tulisan ini lagi hehe..
Selamat mengerjakan tugas...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !