Bagaimana Caranya Menjadi Orang Paling Beruntung?

Keberuntungan itu harus diciptakan

  • Baru saja tahun baru Imlek berlalu. Dan saat tahun baru ini salah satu yang paling banyak didoakan oleh warga keturunan adalah semoga tahun monyet ini lebih banyak hoki dibanding tahun lalu. 
  • Hoki alias keberuntungan adalah kesukaan banyak orang. Karena keberuntungan itu terkait dengan hal-hal yang baik dan sifatnya menyenangkan hati. Karena itu semua orang ingin punya hoki atau peruntungan yang bagus. 
  • Tapi yang selama ini menjadi salah kaprah adalah pemahaman bahwa hoki itu sifatnya kebetulan, tak disangka, tiba-tiba. Padahal keberuntungan itu harus diciptakan. Orang yang menciptakan keberuntungan ya... pasti beruntung. Begitu juga kemalangan. Menurut hukum tarik menarik, kita menarik apa yang ada di pikiran kita. Kalau kita berpikir akan kegagalan dan kemalangan maka itulah yang akan kita tarik dan akan kita terima. Jika kita berpikir kalau kita beruntung maka kita menarik keberuntungan dan itulah yang kita terima, karena kita menciptakan keberuntungan.
untung


Gimana supaya bisa jadi manusia paling beruntung di planet ini?

(1) Miliki dulu tujuan hidup.
  • Contohnya sih, saya gak ingin yang muluk-muluk dalam hidup ini. Tujuan hidup saya sederhana saja, yaitu :
    • Saya ingin bahagia.
    • Saya ingin menjauhkan semua ketidakbahagiaan dalam hidup saya.
    • Saya ingin setiap hari semuanya lancar dan dimudahkan buat saya.
(2) Cari cara untuk mewujudkan tujuan hidup tersebut.
  • Langkah-langkahnya simpel saja, seperti di bawah ini. Lakukan hal-hal dibawah ini secara rutin, jadikan sebagai latihan harian. 
  • Secara Fisik, jaga kesehatan dan jaga berat badan. Anda tak mungkin bisa bahagia jika badan tak sehat.
    • Lakukan olahraga ringan dan rutin setiap pagi. Minimal 10 menit atau 20 -30 menit pun cukup, apa saja yang penting menghasilkan keringat. 
    • Bangun cepat, bisa jam 4 atau jam 5 subuh. Waktu subuh adalah waktu terbaik tubuh untuk memulai hari. Latihlah pikiran agar bisa menjauhkan kecemasan dan kekuatiran. Mulai hari dengan pikiran positif. 
    • Tidur lebih awal (pukul 20.00 - 21.00), supaya dapat waktu tidur yang cukup 8 jam setiap malam, jangan suka begadang. 
    • Berhenti makan setelah pukul 17.30. Perut akan tidak enak jika harus mencerna makanan di malam hari. Beri kesempatan usus untuk istirahat.
  • Secara emosional, jaga emosi ke posisi stabil. Anda tak mungkin bisa bahagia jika secara emosi anda labil.
    • Kalau ada orang yang membuat anda secara emosional tidak nyaman seperti membuat anda sedih, marah, kecewa, singkirkan mereka, dalam artian jauhkan mereka dari kehidupan anda. Sebaliknya orang-orang yang berkontribusi positif secara emosional seperti membuat hati anda senang, nyaman, tenang, pertahankan mereka di sekeliling anda.
    • Energi anda akan habis jika ada yang membocorkan atau menggembosinya. Orang-orang yang berkontribusi negatif inilah yang membuat energi anda habis.
    • Berhentilah meminta penjelasan terhadap apa yang dilakukan orang lain. Anda tidak berutang penjelasan apapun. Semua orang bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Kalo anda tidak suka dan merasa tidak nyaman karena tindakan mereka, tinggalkan ! Tidak usah meminta penjelasan kenapa mereka membuat anda sakit hati, kenapa mereka membuat anda tidak nyaman? Itu pilihan mereka, dan pilihan anda meninggalkan orang-orang seperti ini.
    • Begitu juga jika ada yang meminta penjelasan kepada anda kenapa anda meninggalkan orang-orang seperti itu, tak perlu repot-repot menjelaskan, karena memberi penjelasan itu melelahkan dan bisa menjadi polemik. Suruh saja mereka introspeksi diri.
    • Usahakan selalu jujur. Karena bohong dan dusta itu melelahkan. Lakukan apa yang anda sukai dan jangan terjebak melakukan hal-hal yang tidak anda sukai hanya karena tak enak hati pada orang lain. Rasa tidak enak dan kebohongan ini akan menguras energi dan emosi anda. 
  • Secara mental. Tiap hari tulislah ide-ide baru dalam catatan kecil anda. Anda akan cepat pikun jika membiarkan otak kelamaan nganggur.
    • Apa saja yang anda pikirkan, ide-ide tentang masakan baru, ide-ide kreatif untuk membuat hidup lebih baik, ide-ide untuk mempermudah urusan. Pokoknya pikirkan hal baru setiap hari dan tuliskan!
    • Kalau hari ini tak ada ide, hapalkan kata-kata baru dalam bahasa asing atau pahami istilah yang sebelumnya anda sering dengar tapi tak paham artinya.
    • Intinya membuat otak selalu sibuk menghasilkan ide-ide baru. Pikirkan 10 cara menghasilkan uang di rumah dan bagaimana cara mudah melakukannya. Pikirkan 20 cara bagaimana Presiden Jokowi bisa mengatur negara ini dengan lebih baik.
    • Jika sesuatu tidak anda gunakan maka anda akan kehilangannya. Coba deh berhenti pakai kaki anda untuk berjalan, lama kelamaan kaki itu akan mengecil karena tidak pernah difungsikan lagi. Begitu juga dengan otak. Kalau kita berhenti menggunakannya untuk memproduksi ide-ide baru, maka otak akan menurun fungsinya dan kita akan lebih cepat pikun.
  • Secara spiritual. Hal ini erat kaitannya dengan ketenangan batin. Anda tidak akan bahagia jika hati anda sering galau, kacau dan tidak tenang.
    • Berdoa. Orang yang punya pengharapan kepada Tuhan jauh lebih bahagia dibanding mereka yang percaya diri bisa menangani masalahnya sendiri. Orang berdoa karena tahu bahwa dia tak bisa mengatur semuanya sendiri, campur tangan Tuhan akan mempermudahnya menjalani hidup.
    • Meditasi. Tak perlu lama, cukup 60 detik atau 5 menit sehari. Caranya gampang banget dan gak pake ribet. Ambil kursi dan duduklah dengan tenang, tegakkan punggung anda, bernafaslah dengan teratur, fokuslah pada nafas anda tersebut. Jika anda teralihkan dengan kondisi lingkungan sekitar, kembali fokus pada nafas anda dan lakukan selama 5 menit. Tingkatkan waktu anda setiap hari. Jika hari ini anda berhasil meditasi selama 5 menit, besok tingkatkan jadi 6 menit dan seterusnya.
    • Bersyukur. Terima semua nikmat dari Tuhan dengan lapang dada kemudian bersyukurlah! Jangan lupa bersyukur atas orang-orang baik yang dihadirkan Tuhan untuk anda. 
    • Memaafkan. Pada mereka yang telah menyakiti anda, maafkan mereka dan ucapkan terima kasih karena mereka telah memberi anda banyak pelajaran. Mereka yang benci membuat anda lebih menghargai kasih sayang. Mereka yang pamrih membuat anda paham betapa pentingnya ketulusan. Mereka yang menjilat membuat anda yakin pentingnya kepercayaan diri. Mereka yang menyakiti membuat anda tahu orang seperti apa yang anda tak inginkan dalam hidup, bahkan anda jadi paham karakter seperti apa yang tak ingin anda hadirkan dalam diri anda, karena karakter itu tak menyenangkan. 
    • Belajar. Pelajari hal-hal yang bisa membangkitkan spiritualitas dalam diri anda, membangkitkan motivasi. Tak harus kitab suci tapi biografi orang terkenal, pemikiran-pemikiran agung dari orang-orang terdahulu. Supaya anda bisa memetik lebih banyak hikmah perjalanan hidup mereka dan bagaimana anda membuat pilihan dalam hidup.
Itulah 4 hal yang harus anda lakukan untuk setiap hari agar menjadi manusia paling beruntung di planet ini. Jika anda melakukannya secara rutin maka anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut :

Apa yang anda dapatkan setelah melakukan 4 latihan di atas secara teratur?

  1. Dalam sebulan, anda bisa melihat begitu banyak kebetulan yang terjadi. anda akan mulai merasa beruntung, orang-orang dengan mudah bekerjasama dengan anda. Bahkan orang-orang yang tidak anda kenal tersenyum saat melihat anda.
  2. Dalam 3 bulan, anda memiliki begitu banyak ide-ide yang terus mengalir, yang menuntut anda untuk mengaplikasikan ide-ide itu agar bisa memberi anda keuntungan.
  3. Dalam 6 bulan, ide-ide brillian mulai mendatangi anda dan anda sudah mulai melaksankan ide-ide tersebut dan orang-orang di sekitar anda mempermudah jalan anda untuk mewujudkan ide-ide tersebut. Anda dengan mudah mendapatkan bantuan dari siapapun.
  4. Dalam setahun, maka hidup anda akan berubah secara total. 100 % berbalik dibanding sebelumnya. Lebih banyak uang, lebih banyak keberuntungan, badan lebih sehat dan sebagainya. Ingat, jika anda jadi malas, terlena dan berhenti melakukannya,  maka anda akan mulai dari awal lagi.
Mungkin terasa berat untuk melakukannya secara konsisten. Anda toh manusia biasa, tapi jika anda memang ingin bahagia dan selalu beruntung, usahalah untuk melakukan hal-hal yang mengarah pada kebahagiaan dan keberuntungan. 

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !