20 HOBI YANG MEMBUAT KITA LEBIH PRODUKTIF (Bagian I)

Setiap orang punya hobi. Hobi membantu mengembangkan selera  dan gairah dalam hidup.
Hobi bisa macam-macam seperti berkebun, memasak, menulis, terjun payung, melucu dan menjahit bahkan ada yang hobi ngupil atau jahilin orang.

hobi produktif
produktivitas????
Namun, sangat sedikit hobi yang dianggap  produktif, kecuali jika Anda kebetulan termasuk salah satu dari orang-orang beruntung, manusia langka yang berhasil mengubah hobi mereka menjadi pekerjaan sampingan ... atau yang berhasil memanfaatkan keterampilan yang mereka bangun dari hobi menjadi pekerjaan tetap yang membuat mereka senantiasa menjadi lebih produktif, efisien, dapat uang dan lebih bahagia.

20 daftar berikut ini adalah hobi yang dapat meningkatkan kemampuan dan produktivitas.
  1. Masak. Hobi masak membuat kita fokus pada tujuan menghasilkan masakan yang enak. Senantiasa mempelajari resep-resep baru, meneliti bahan dan memperhatikan cara pengolahannya. Tahukah anda saat mencoba resep baru dan gagal kemudian mencoba lagi dan belajar dari kesalahan yang dibuat tanpa disadari kita menjadi lebih produktif. Kita juga senantiasa bisa menciptakan resep baru dengan bahan yang sama.
  2. Hiking. Orang yang hobi hiking biasanya suka tantangan dan menyatu dengan alam. Saat hiking kita membersihkan pikiran dari segala kekhawatiran dan fokus pada keindahan yang tersaji di depan mata. Hiking juga akan meningkatkan kebugaran fisik dan stamina.
  3. Melukis. Melukis tidak tampak seperti hobi yang bisa meningkatkan produktivitas. Tapi melukis bisa memberikan perspektif indah dalam hidup dan dapat membantu melepaskan sisi kreatif kita. Melukis memungkinkan semua aliran pikiran, keinginan dan kehalusan perasaan menghinggapi kita dan bisa menterjemahkannya dalam bentuk gambar. 
  4. Memahat. Sebagian besar kita mungkin tidak seahli Michael Angelo atau Rodin, tapi kemampuan memahat meskipun hasilnya sederhana dan standar bisa menjadi hobi yang mendorong kita jadi produktif. Memahat membuat kita fokus untuk memikirkan suatu bentuk yang akan dihasilkan dari bahan yang kita punya. Setiap pahatan kecil dan kesabaran akan berbuah menjadi sebuah bentuk orisinil milik kita, sesederhana apapun hasilnya.
  5. Menulis. Beruntunglah para penulis blog, ternyata hobinya masuk dalam daftar, horeee.... Menulis adalah salah satu bentuk ekspresi diri yang sangat powerful. Kita bisa menyalurkan energi tentang segala sesuatu yang kita senangi, pikirkan, impikan lewat tulisan. Apakah itu menulis artikel, drama, script radio, atau buku harian, menulis membantu membuka sisi kreatif kita, dan membantu kita menjadi produktif.
  6. Jogging. Jogging adalah olahraga yang mudah dan murah. Tinggal ambil sepatu olahraga dan mulai lari. Ternyata jogging selain bisa meningkatkan tingkat kebugaran kita juga bisa menyalurkan energi berlebih yang kita miliki ke hal-hal yang positif dan menyehatkan. Dapat menghindarkan mental blok dan membuat kita lebih produktif.
  7. Menari. Menari tidak benar-benar dianggap sebagai hobi yang sangat penting dalam hal produktivitas. Namun, ketika kita melihat kerja keras dan dedikasi yang tak terbantahkan dalam seni tari,mulai menjadi lebih jelas mengapa menari bisa membuat produktif. Menari memaksa kita belajar gerakan yang terus menerus bahkan berulang, melatih kita fokus mempraktekkan serangkaian gerakan yang terpola agar sesuai dengan irama/musik. 
  8. Yoga. Yoga adalah salah satu hobi yang paling produktif dan dapat masuk ke dalam jadwal kita, yoga memungkinkan kita untuk menutup semua pikiran eksternal dan fokus sepenuhnya pada tubuh,  proaktif pada peningkatan kondisi tubuh dan kebugaran fisik, serta kesejahteraan emosional dan spiritual. Yoga mempersiapkan kita hidup lebih baik dan lebih produktif untuk masa depan.
  9. Cosplay. Cosplay adalah bentuk kecintaan pada satu karakter yang ada di media (TV, komik, film). Mungkin bukan hobi yang umum tapi penggila cosplay dapat membayangkan dirinya menjadi orang yang berbeda, memiliki kekuatan superpower sesuai dengan karakter yang diperankannya. Hal ini dapat menyalurkan sisi kreatif dan bisa membuat kita terinspirasi lebih produktif dan kuat seperti halnya karakter yang kita kagumi.
  10. Membaca. Membaca penelitian dan studi tentang produktivitas, pada gilirannya membuat kita belajar kebiasaan baru, perilaku, dan pola yang akan membuat kita menjadi lebih efektif memanfaatkan waktu. Singkatnya: membaca dapat menjadikan produktif dengan memungkinkan kita membaca tentang bagaimana cara menjadi produktif. Jadi silakan dibaca lanjutan blog ini ya.. disini

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !