15 HAL INI MEMBUAT KUALITAS HIDUP LEBIH BAIK

     Semua orang ingin hidup senang, kaya, bahagia, sehat walafiat dan kalau bisa mati masuk surga. Tapi kalau sekedar keinginan tanpa usaha namanya mimpi. Berikut 15 hal yang jika mulai kita lakukan akan membuat hidup kita lebih baik.

1. Sadari hanya kita yang dapat merealisasikan impian kita.

Ambil langkah kecil setiap hari yang mendekatkan kita pada impian dan ambisi kita. Bertanya pada orang yang ahli, pelajari hal-hal yang terkait dengan cara mencapai impian dan galilah semua ilmu yang perlu diketahui. Bertanya dan belajar yang benar, jangan ke dukun atau paranormal. 
Singkatnya, lakukan semua hal yang dianggap perlu untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, karena tidak ada orang yang akan melakukannya untuk kita. Kita sepenuhnya bertanggung jawab pada hidup kita.

2. Jauhi orang yang tidak bermanfaat.

Kebanyakan kita punya satu atau dua orang teman yang tidak memberikan nilai tambah  bahkan berpengaruh negatif pada hidup kita. Teman yang kecanduan narkoba, tukang gosip, tukang ngutang yang tiba-tiba amnesia kalau di tagih. Memang susah untuk menjauhkan diri dari mereka yang sudah lama bergaul dengan kita, tapi membuat diri kita hanya dikelilingi oleh orang-orang yang bermanfaat, tulus menyayangi dan mendukung kita akan membuat perubahan besar dalam hidup.
Coba gambarkan teman hang out anda dalam 5 kata. Apakah gambarannya negatif?  Jika ya, saatnya say good bye dan memilih jalan masing-masing.

3. Jujurlah pada diri sendiri dan orang lain.

      Akuilah, tidak ada orang yang sempurna. Kadang kita berusaha sangat keras untuk menjadi orang yang menyenangkan, berujung membohongi diri sendiri dan orang lain karena tidak menjadi diri sendiri. Berbohong dan berpura-pura membuat kita tertekan dan lelah yang menurunkan kualitas hidup kita. Cobalah untuk jujur setiap hari, jujur dan jadilah diri sendiri

4. Pahami kalau kegagalan itu penting.

        Kelihatannya klise, tapi tak dapat disangkal kalau itu benar. Sering ada pelajaran berharga yang kita dapat saat berbuat kesalahan.  Kegagalan bukanlah pilihan tapi pembelajaran.  Pastikan kita mendapatkan pelajaran dari setiap hal buruk yang terjadi dalam hidup. 

5. Sisihkan waktu untuk diri sendiri.

      Sibuk kerja, menikmati hobi, bersosialisasi, tidur, kadang-kadang membuat kita kesulitan menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Namun demikian menyisihkan waktu untuk diri sendiri dapat berpengaruh baik dalam hidup kita. Nonton film, masak makanan kesukaan – pokoknya lakukan hal yang membuat kita senang. Belajarlah mencintai diri sendiri dan memberikan hadiah-hadiah kecil untuk diri sendiri.

6. Hidup sesuai ekspektasi kita.

Seringkali orang hidup sesuai dengan apa yang orang lain pikir baik untuk mereka. Keluarga, teman dan masyarakat sekitar kita memiliki ekspektasi atau harapan pada kita. Bagaimanapun, menyenangkan orang lain dan hidup sesuai ekspektasi mereka dapat membuat kita merasa gagal atau tertekan. Jangan hidup menurut ekspektasi oranglain, hiduplah sesuai ekspektasi kita dan raihlah ekspektasi itu.  Hanya kita yang memahami sejauhmana potensi diri. Kita hanya hidup sekali – manfaatkan sebaik-baiknya.

 7. Perlakukan tubuh dengan baik.

Sayangi tubuh kita yang telah bekerja keras menjaga kelangsungan hidup dan eksistensi kita, olah raga ringan, makanan sehat, istirahat yang cukup memberi dampak yang baik untuk tubuh dan dapat meningkatkan kualitas hidup.  Jika tidak suka jogging, cobalah jalan kaki atau yoga. Minum air lebih banyak dan  banyak makan sayuran dan buah.  Kita tidak perlu jadi maniak fitness, tapi cintailah tubuhmu sebisa mungkin.
make life better

8. Teruslah Mengasah Pikiran.

Tidak semua orang suka matematika, saya sendiri juga benci hitung-hitungan yang njelimet,  tapi melatih pikiran dapat menajamkan intelejensi dan pikiran anda. Jika benci sama matematika, coba temukan hal lain yang bisa mengasah otak dan pikiran, dari merajut sampai isi TTS atau mencoba resep baru. Buat pikiran anda senantiasa fresh dan teruslah belajar hal-hal baru.

9. Singkirkan Ketakutan

Tidak ada orang yang tidak punya rasa takut, bahkan orang yang paling berani sekalipun masih tersimpan rasa takut dalam dirinya. Rasa takut adalah reaksi tubuh untuk tetap bertahan hidup. Kalau mengatasi ketakutan pada laba-laba mungkin membutuhkan waktu karena  spesifik dan mungkin memerlukan  terapi. Tapi kita sudah membuat langkah besar dan berada di jalur yang benar jika kita bisa menyingkirkan rasa takut yang umum seperti takut gagal, takut salah, takut dibilang bego, takut memulai. Kembangkan kepercayaan diri dan singkirkan rasa takut dengan memahami bahwa wajar jika kita salah atau gagal dan cari cara memperbaikinya.

10. Jangan simpan perasaan negatif

Setiap orang pernah merasa terhianati, sakit, marah, merasa ditolak Bagaimana tindakan kita saat menghadapi perasaan ini akan mempengaruhi sejauhmana perasaan ini akan menekan kita. Kita tidak bisa menghindar untuk disakiti tapi kita bisa memilih bagaimana cara menghadapi  rasa sakitnya. Biarkan semua perasaan negatif itu pergi. 

11. Hiduplah di masa sekarang.

Bahagia dan bersyukurlah dengan apa yang kita punya sekarang. Kadang-kadang hari ini kita berlebih bisa saja besok hari mungkin kekurangan. Kemarin sudah berlalu, besok masih menjadi misteri. Membatasi hidup untuk melakukan yang terbaik pada hari ini, tanpa menyesali hari kemarin dan mencemaskan hari esok akan membuat hati lebih tenang.

12. Jauhkan diri sejenak dari teknologi

Apakah itu sekali sehari atau sekali sebulan , habiskan waktu tanpa teknologi  di sekitar kita. Masyarakat modern saat ini menghabiskan sebagian besar waktu luangnya di media sosial, dan kadang itu bisa membuat stress, menurunkan  kualitas hidup kita. Cobalah menikmati waktu sendirian tanpa mengecek apa yang dilakukan orang lain melalui media sosial. Baca buku, lakukan apapun yang anda suka – coba log off dari akun media sosial kita dan habiskan waktu untuk diri sendiri.

13. Berbuat baiklah pada orang

Kebanyakan kita menganggap diri orang baik, tapi berpikir sebagai orang baik dan betul-betul melakukan tindakan yang baik adalah hal yang berbeda.  Coba tanya diri kapan terakhir kali kita menolong orang lain tanpa pamrih. Apakah baru-baru ini? Apa  merasa senang karenaya?
Menolong orang lain membuat sebagian besar orang merasa bahagia, dan membuatnya  merasa berguna. Selain jadi sukarelawan atau menyumbang kegiatan amal, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup  dengan menolong orang lain.

14. Jangan terlalu keras pada diri.

Setiap orang memiliki keterbatasan. Hiduplah sesuai dengan standar yang anda tetapkan tapi  jangan terlalu keras menghukum diri jika sesuatu berjalan tidak semestinya. Nikmati proses hidup dan mengalirlah seperti air yang tenang.

15. Buat komitmen pada diri sendiri.

Buatlah komitmen untuk konsisten pada setiap perubahan yang ingin dibuat. Berjanjilah untuk tetap komit dan cobalah untuk membuat rencana harian yang dapat diikuti. Perubahan kecil dapat berarti besar dan berjanjilah pada diri sendiri kalau hal ini adalah permulaan sesuatu yang baru yang  harus mulai dibiasakan. Good luck!

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !