13 Kiat & Rahasia Sukses Berbisnis dari Albert Einstein

Albert Einstein penemu teori relativitas dikenal sebaagi orang genius yang IQ nya tinggi. Ternyata Einstein tidak hanya tertarik pada fisika tapi juga punya kiat-kiat bagaimana berhasil dalam bisnis. Inilah 13 kiat sukses dari pakar Fisika ini :

Einstein

# 1. Hindari kegilaan dengan mengulangi hal yang sia-sia.

Bagaimana Einstein mendefinisikan kegilaan? Katanya kegilaan itu kalau kita melakukan hal yang sama terus menerus tapi mengharapkan hasil yang berbeda. Dunia bisnis adalah dunia eksperimen yang keras, tapi jika yang anda usahakan tidak berhasil, atau anda tidak puas dengan hasilnya, anda tetus mengulangi metode yang sama tapi ingin hasilnya berbeda. Kalau hal ini yang anda lakukan seperti yang Einstein peringatkan anda bisa gila jadinya


# 2. Jadilah problem solver yang kreatif.

Kata Einstein kita tidak bisa memecahkan masalah dengan pikiran yang sama, yang menciptakan masalah itu. Jika masalah yang anda hadapi penyebabnya anda sendiri saatnya merubah cara berpikir. Kegagalan memodifikasi cara berpikir dan mencari pemecahan yang kreatif bukan saja masalahnya tidak selesai tapi bisa menimbulkan masalah baru.


# 3. Gunakan imajinasi

Einstein menggambarkan tanda nyata dari kecerdasan seseorang adalah bukan banyaknya pengetahuannya tapi kemampuannya menggunakan imajinasi. Untuk sukses di masa depan anda perlu melihat menggunakan imajinasi anda. Situasi anda sekarang bisa berubah jika anda mulai bergerak maju dan membayangkan sesuatu yang ingin anda lakukan sebelum anda benar-benar mengerjakannya.


# 4. Jadilah seorang realis.

Seseorang kata Einstein harus melihat sesuatu sebagaimana adanya dan bukannya seperti apa yang dipikirkannya. Apa yang terjadi itulah yang real, yang nyata dan harus di hadapi. Hadapi kenyataan dengan jantan dan jangan berusaha lari darinya dan sembunyi di alam mimpi.


# 5. Jadilah orang yang bernilai

Einstein sangat fokus dengan nilai-nilai yang harusnya dimiliki setiap orang. Katanya, tidak usah menjadi orang sukses tapi jadilah orang yang bernilai. Apakah seseorang itu bisa punya nilai seperti matematika ataupun fisika? Bukan apa yang anda lakukan atau bagaimana anda melakukannya yang penting tapi andalah sebagai orang yang melakukannya yang jauh lebih penting. Jika anda sukses secara finasial, gunakan kesuksesan itu untuk membantu orang lain. Gunakan waktu anda yang berharga untuk menebar kebaikan di jagad ini. Lihat banyak contoh di sekitar para filantropis yang kaya raya dan baik hati seperti Bill Gates, Oprah Winfrey dan sebagainya.


# 6. Belajarlah untuk menjelaskan bisnis anda secara singkat

Einstein bilang jika anda tidak bisa menjelaskan bisnis anda secara singkat artinya anda tidak memahaminya secara mendalam. Bagaimana mau sukses jika gambaran bisnis anda saja, anda tak paham? Jika anda tak mampu menggambarkan bisnis anda dengan 30 poin berarti anda tidak cukup memahaminya. Kalau anda saja tak paham bagaimana dengan orang lain yang akan jadi prospek, rekanan bahkan klien anda?


# 7. Jangan peduli dengan kesalahan, teruslah mencoba !

Einstein mengemukakan bahwa orang yang tak pernah melakukan kesalahan tak pernah mencoba sesuatu yang baru. Kesalahan jangan menyusahkan hati anda. Kalau anda tidak buat kesalahan artinya tidak terlalu keras bekerja. Kesalahan membuat anda belajar mana jalan yang benar dan membuat anda lebih berhati-hati lagi.


# 8. Konsiten dan persisten.

Ini pengakuan Einstein, " sebenarnya saya tidak pintar-pintar amat, tapi saya terus menerus berusaha menyelesaikan masalah, berapa lamapun itu mengambil waktu." Eistein tetap pada masalah yang ingin dipecahkan lebih lama dari orang lain. Einstein menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menyelesaikan Teori Relativitas. Setelah selesai dia berpindah pada Teori Unversal atau Teori Segalanya (Universal theory or Theory of everything) yang menghabiskan waktunya setiap hari sampai ajal mengharuskannya berhenti. Dia adalah perlambang konsistensi dan persisten. Teguh, gigih dan tak pernah menyerah.


# 9. Pedulilah pada orang lain lebih banyak dari diri sendiri.

Einstein berucap bahwa sebaik-baik manusia hidup adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Kepedulian adalah salah satu kunci bisnis yang sukses. Anda harus selalu menempatkan keinginan dan kebutuhan konsumen anda di atas kepentingan pribadi. Semakin banyak anda bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka, semakin maju bisnis anda.


# 10. Tahu aturan mainnya kemudian kerja keras

Kata Einstein, anda harus tahu aturan main sebuah permainan agar bisa memainkannya dengan cantik. mampu mengalahkan lawan dan mendapatkan skor tertinggi. Dalam dunia bisnis juga ada aturan main yang harus diikuti. Pelajari dan pahami aturan mainnya kemudian ikut bermainlah dengan baik. Bukan tidak mungkin anda mampu mengalahkan pesaing anda dengan satu gerakan.


# 11. Belajar apa saja yang bisa dipelajari

Einstein mengingatkan, "saat anda berhenti belajar, itulah saat anda mati." Kalau otak anda tidak digunakan untuk belajar dan mempelajari hal-hal baru maka lama kelamaan fungsinya akan menurun dan membuat anda pikun lebih cepat. Jangan pernah berhenti belajar. Selallu lebih banyak yang bisa anda pelajari untuk meningkatkan pemahaman tentang bisnis yang ada tekuni.


# 12. Komputer adalah teman baik anda

Kata Einstein, komputer itu cepat, akurat, dan bodoh (karena tidak bisa berfungsi tanpa manusia), sementara manusia itu lambat, tidak akurat tapi pintar. Jika keduanya dikombinasikan akan menjadikan kekuatan yang hebat. Jadikan komputer anda teman baik. Melalui komputer dapat memudahkan pekerjaan anda. Pelajari bagaimana menggunakan komputer, kuasai dengan baik sehingga anda dapat melakukan multitasking (beberapa pekerjaan sekaligus).


# 13. Bahagia itu saat tujuan anda tercapai.

Akhirnya Einstein berpesan, jika ingin hidup bahagia, ikatlah pada tujuan bukan pada orang atau barang. Orang yang terjun di dunia bisnis harus hidup untuk mencapai tujuannya. Tujuan yang ingin dicapainya dalam bisnis sebaiknya sejalan dengan tujuan hidupnya. Agar hidupnya bisa lebih lapang, jauh dari stres dan lebih menikmatinya.

Itulah kiat dan rahasia sukses Bapak Teori Relativitas, Albert Einstein buat anda yang terjun ke dunia bisnis. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !