Fakta-Fakta Unik Tentang Jepang

Inilah beberapa fakta unik tentang Jepang yang perlu anda ketahui :

# 1. Barang umumnya selalu kembali.
Kalau kita kehilangan barang entah ketinggalan atau tercecer umumnya selalu kembali dengan utuh.
Bahkan termasuk dompet dan ponsel. Orang Jepang adalah orang-orang yang jujur. Jika menemukan barang tak bertuan biasanya langsung di bawa ke bagian barang hilang (lost and found) di pos polisi terdekat yang disebut "Koban". Jika kehilangan barang di Jepang, segeralah cari kantor polisi terdekat dari lokasi kehilangan barang anda.

Koban, foto credit for seidenpriester.wordpress.com

# 2. Toiletnya canggih
Kebanyakan toilet duduk di Jepang itu dilengkapi dengan tombol-tombol pada dudukannya sehingga memudahkan orang melakukan aktivitas selama toilet. Bahkan bagi ibu-ibu yang punya bayi ada tempat duduk untuk meletakkan bayinya selama ibunya melakukan aktivitas pribadinya.
Toilet umum bersih dan tidak bau, bahkan di tempat-tempat persinggahan bus.

WC duduk dilengkapi dengan tombol-tombol


# 3. Transportasinya selalu on time.
Baik itu bus, kereta, pesawat ataupun kapal laut selalu tepat waktu. Transportasinya dikendalikan oleh sebuah sistem terpadu yang mengatur semua jadwal sehingga bisa tepat waktu dan meminimalkan keterlambatan. Sehingga mudah bagi setiap orang untuk menjadwalkan waktu karena transportasinya bisa diprediksi waktunya.

# 4. Tabah mengantri.
Tidak ada tempat di dunia seperti Jepang, dimana orang-orangnya sangat sabar menunggu dalam antrian. Apa saja yang melibatkan pelayanan dengan orang banyak, baik itu menunggu bus, kereta, bahkan menunggu masuk dalam rumah makan pun orang tertib mengantri.

# 5. Negara ribuan vending machine
Vending machine alias mesin penjual minuman dengan mudah ditemukan di mana-mana. Hampir di setiap sudut-sudut jalan pasti tersedia mesin penjualan minuman ini. Tinggal masukkan koin dan keluarlah minuman yang diinginkan. 

# 6. Negara tombol.
Saat makan di rumah makan disediakan alat semacam remote yang akan memberitahu bahwa makanan kita telah siap. Setelah itu diambil sendiri, selesai makan mengembalikan piring bekas makanan kembali ke tempatnya, membersihkan sendiri meja dan membuang sampahnya di tempat yang disediakan.
Bahkan di rumah sakit pun disediakan alat dengan tombol serupa yang memberi tahu pasien di mana harus menunggu ataupun gilirannya telah tiba atau belum.
alat semacam remote yang digunakan RS

# 7. Makanannya dipacking dan dipajang cantik.
Orang Jepang sangat menghargai makanan. Makanan sedapat mungkin dipajang atau dipacking secantik mungkin sehingga terlihat menggugah selera.

display makanan yang cantik dan mengugah selera


# 8. Tidak melipat uang.
Kalau kita biasa menemukan uang kita dalam kondisi kusut, di Jepang uang kertas selalu rapi seperti baru. Mereka memasukkan uang dengan penuh hormat ke dalam dompet utuh dan tidak dilipat apalagi dikucel-kucel kayak kita.

# 9. Geisha dan Yakuza betulan ada.
Di Kyoto kita jumpai banyak geisha yang lagi magang dikenal dengan nama maiko. Mereka berada di distrik Gion dan sekitarnya. Mafia Jepang yang dikenal dengan Yakuza ada dan menjalankan bisnis hiburan malam dan perjudian di sana. Yakuza meskipun menakutkan tapi tidak mengganggu masyarakat umum. Mereka hanya berurusan dengan orang yang mengganggu bisnisnya atau sesama Yakuza lainnya.

maiko

# 10. Tempat perjudian legal.
Tempat perjudian yang disebut pachinko ada di sudut-sudut jalan. legal serta ramai dikunjungi oleh tua dan muda. Meskipun ada pembatasan umur yang boleh masuk.

# 11. Tempat parkir khusus
Mobil, motor dan sepeda punya tempat parkirnya sendiri-sendiri. Tidak boleh sembarangan parkir nanti diangkat polisi. Parkir aman, bahkan sepeda yang diparkir tak perlu dikunci tidak ada yang bakalan ambil.

parkiran khusus sepeda

# 12. Angka kriminalitas rendah.
Perempuan aman biarpun pulang malam. Mereka tidur di bus ataupun kereta tanpa ada yang menganggu. Orang yang mabuk tidak mengganggu orang lain. Mabuk pun mereka sopan.

Itulah fakta-fakta unik yang hanya ada di Jepang.
Semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !