7 Bedanya Bos dan Pemimpin

Kita kadang-kadang suka mencampur adukkan istilah bos dan pimpinan. Padahal sebenarnya bos dan pimpinan itu dua istilah yang berbeda. Ini dia perbedaannya.


# 1. Bos tahu semuanya, tapi pemimpin mengakui kesalahan

Kalo anda punya pimpinan yang merasa mengetahui segalanya dan tidak bersedia menerima masukan apalagi kritikan dia memposisikan dirinya sebagai bos. Bos itu berkuasa terhadap anak buahnya.
Sementara pemimpin tahu kalau dia tidak sempurna dan masih belajar. Dia tahu mengakui kesalahan itu wajar karena itu sifatnya manusiawi.

# 2. Bos memerintah apa yang harus dilakukan, sementara pemimpin menunjukkan bagaimana melakukannya.

Caranya saja sudah beda. Bos memerintah anak buah untuk melakukan apa yang diperintahkan tanpa ada penjelasan hanya sekedar instruksi untuk dilaksanakan. Sementara seorang pemimpin bukan hanya memberi instruksi tetapi menunjukkan bagaimana melakukannya. Agar anak buah paham dan tahu cara melakukannya.

# 3. Bos mengkritik sementara pemimpin memberi saran.

Jika anak buah melakukan kesalahan maka bos pasti mengkritik dan menuduh anak buah tidak berusaha melakukan tugasnya dengan baik, Bagi seorang pemimpin tidak ada anak buah yang tidak becus. Semua anak buah itu kompeten melakukan tugasnya hanya pemahaman terhadap tugas saja yang belum pas sehingga kesalahan terjadi. Pemimpin sangat mentoleransi kesalahan yang dilakukan anak buahnya dengan harapan anak buahnya belajar dari kesalahan tersebut, kemudian memberi saran apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

# 4. Bos bicara cepat dan main perintah, pemimpin memberikan arahan

Bos tidak merasa perlu membuat omongannya dimengerti dan dipahami anak buah. Dia menginginkan anak buah paham dengan sendirinya. Sementara pemimpin berusaha berbicara dengan singkat, padat tapi jelas dipahami oleh anka buah. Dia memberikan arahan bagaimana agar tidak terjadi kesalahan pemahaman hanya karena informasi dan arahan yang disampaikan tidak jelas.

# 5. Bos minta dihormati, pemimpin layak dihormati.

Bos dengan segala kekuasaannya meminta anak buah untuk menghormatinya. Barangsiapa yang tidak melakukan bisa terancam dipecat. Sementara pemimpin tidak meminta semua anak buah menghormatinya tapi sikapnya membuat anak buah menghormatinya. Sikap pemimpin yang menghargai anak buah membuat dia mendapatkan penghormatan anak buahnya secara sukarela.

# 6. Bos memimpin dengan ancaman, pemimpin menunjukkan kualitas kebaikan seorang manusia.

Kalau anak buah membangkang perintahnya maka bos tidak segan-segan mengancam untuk memecatnya atau menghukumnya. Sementara pemimpin kebaikan hati yang layaknya dimiliki oleh setiap manusia. Dia memberi kesempatan kepada anak buah agar memperbaiki kesalahannya.

# 7. Bos mendengar gosip, pemimpin melakukan investigasi.

Jika ada kecurangan yang ditemukan bos mendengarkan gosip dan kata orang. Sementara pemimpin melakukan investasi kecil kecilan, mengumpulkan bukti agar tidak salah menuduh.

Itulah 7  hal yang membedakan bos dan pemimpin. Apakah pimpinan anda bertipe bos atau pimpinan?

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !