8 Kebiasaan Yang Bikin Kamu Tetap Kere Meski Punya Penghasilan Lumayan

Apa yang bikin kamu tetap kere padahal kamu punya penghasilan tetap yang lumayan setiap bulannya. Uangmu seolah tidak pernah cukup dan bikin kamu nombok setiap bulan. Apa saja kebiasaanmu yang bisa bikin kamu tetap kere selamanya, sebanyak apapun uang yang kamu hasilkan? Ini dia daftarnya :



# 1. Besar pasak daripada tiang
Ungkapan ini pasti sudah tidak asing lagi bukan? Kalau pengeluaran selalu lebih besar dibanding pemasukan dijamin uang yang kamu punya, berapapun banyaknya pasti cepat habis dan mungkin harus berutang untuk membiayai pengeluaranmu yang over. Apalagi kalau kamu tipe orang yang susah mengontrol keinginan untuk membelanjakan uang. Tetap jaga pengeluaran pada level konstan sambil mencari cara untuk meningkatkan penghasilan.

# 2. Fokus pada masa sekarang dan tidak memperdulikan masa depan
Biasanya jika seseorang tidak dapat menyelesaikan masalah maka mereka cenderung mengabaikannya. Begitu juga dengan masalah uang. Umumnya orang hanya peduli pada kebutuhannya saat ini sambil berharap bahwa akan tercukupi dengan sendirinya. Itu tidak benar! Masa depan harus disiapkan mulai dari sekarang.

# 3. Menganggap terlalu dini untuk menabung
Saat masih muda, sangat mudah untuk terbawa emosi untuk konsumtif, membelanjakan uang untuk kesenangan. Orang sering menyangka terlalu dini untuk menabung atau investasi. Padahal semakin cepat kita menabung atau berinvestasi semakin cepat kita memetik hasilnya ataupun memperoleh pelajaran. Tidak ada kata terlalu cepat untuk menabung atau investasi, seberapa kecil atau besar penghasilan kamu.

# 4. Tidak mencatat keuangan
Di akhir bulan kamu sering kelabakan karena kehabisan uang sementara banyak kewajiban yang masih perlu kamu selesaikan. Kamu tidak mencatat pengeluaranmu. Kalaupun dicatat kadang yang teringat hanya pengeluaran yang besar tanpa memperhatikan pengeluaran yang kecil tapi sering. Beli cemilan dan makan di luar beberapa kali, mungkin kamu pikir hanya recehan tapi kalau kamu mulai mencatatnya itu bisa menjadi bencana karena ternyata jumlahnya lebig banyak dari perkiraan kamu.
Buatlah satu pembukuan sederhana yang mencatat aliran uangmu. Kontrol diri untuk konsumtif dan membelanjakan uang yang tidka perlu.

# 5. Kamu tidak menetapkan budget
Kamu memang mungkin mencatat keuanganmu dengan baik, tapi kamu tidak menetapkan budget atau batas uang yang bisa kamu belanjakan untuk satu item. Misalnya beli kosmetik budgetnya berapa sebulan, demikian juga dengan baju, sepatu, tas bahkan cemilan. Hal ini bisa membuat kondusi keuanganmu kolaps karena kamu belanjakan semua uang yang kamu punya.
Coba tetapkan budget untuk setiap item dan konsistenlah dengan itu. Jangan tergoda untuk korupsi, meski itu uangmu sendiri.

# 6. Kamu tidak perjelas kebutuhanmu
Buat skala prioritas mana barang yang kamu sangat perlukan, kurang diperlukan atau barang yang sekedar kamu inginkan. Pemilahan ini akan membantu kamu membuat keputusan, mau dibelanjakan apa uangmu terlebih dahulu. Kalau kamu mau kaya ya harus berani mengorbankan keinginan untuk membeli barang yang tidak kamu inginkan, barang yang tidak masuk daftar barang prioritas. Tetapkan tujuan keuanganmu dengan jelas, kalau perlu tulis dna konsisten dengan rencana yang sudah kamu susun.

# 7. Mengabaikan utang
Utang sekarang ini semakin lama semakin tinggi bunganya jika kamu tidak disiplin melakukan pembayaran. Berani berutang harus berani membayarnya. Jangan macam-macam dan mengabaikan kewajiban ini, karena utang bisa mencekikmu sampai mati jika terus tertumpuk, terus bertambah karena sistem bunga berbunga.
Prioritaskan dalam agenda bulanan kamu untuk membayar utang tepat waktu dan sesuai jumlah tagihan. Jika punya uang hindari membayar tagihan kartu kredit dengan saldo minimal.

# 8. Suka latah beli gadget terbaru
Mengikuti trend teknologi itu sah-sah saja. Kamu bisa selalu ganti handphone atau tablet dengan keluaran terbaru meski yang lama masih bagus. Tapi percayalah itu akan membebani keuanganmu. Tidak salah membeli gadget teranyar jika memang kamu membutuhkannya untuk menunjang pekerjaanmu yang ujung-ujungnya bisa membuatna lebih efektif, cepat dan memasukkan uang lebih banyak ke kantongmu. Tapi kalau sekedar tuntutan gaya-gayaan dan tidak ingin kalah bersaing dengan orang lain, mending lupakan saja.

Itulah 8 kebiasaan yang bikin kamu tetap kere meskipun kamu punya penghasilan tetap yang lumayan. Mulailah mengatur keuangan dari sekarang sebelum kamu memanen kesulitan di masa datang. Salam..

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !