7 Strategi Tuk Berhenti Nyenengin Orang.

Jadi orang yang nyenengin orang itu membanggakan. Banyak orang yang deket-deket kita karena tau kalo kita bisa diandalin. Tiap kali butuh bantuan orang bakalan datang dan minta tolong karena tau kalo kita pasti mau nolongin. Kita gak pernah bilang tidak pada orang lain. Awal-awalnya bagus tapi lama-lama kok jadinya kita dimanfaatin orang. Kepentingan kita sendiripun jadi tertunda demi bantuin orang. Kita suka bantuin orang dengan harapan kita bakalan disukai. Apa lacur mereka bukannya menyukai malah manfaatin kebaikan kita.


Tips gimana bilang tidak dan berhenti nyenengin orang

a). Stop !
Nyadar kalo ternyata kebaikan kamu dimanfaatin orang, berhentilah nolong mereka. Pikir masa-masa di mana kamu bilang iya, sementara kamu pengen bilang tidak. Akhirnya kamu bantuin dengan setengah hati, merasa merana dan dimanfaatin. Beranilah berhenti dan berkata tidak kalo ada yang nyodorin pekerjaan mereka untuk kamu kerjakan, atau apapun yang bukan tanggung jawab kamu. Kmau gak berkewajiban bantuin semua orang. Kmau toh bukan dinas sosial yang bisa nyelesein semua urusan dan masalah orang lain. Masalah kamu sendiri sudah banyak kok !

b). Minta waktu
Kalo  ada yang datang nyodorin kerjaan ato minta tolong jangan langsung bilang iya, karena gak enak menolak. Ambil waktu buat mikir apa kamu beneran mau bantu? Coba cek jadwal kamu, apa kamu punya waktu buat nyelesein apa yang orang minta tepat waktu. Kalo kamu gak bisa katain terus terang, gak perlu takut nyakitin orang lain. Mereka bakalan ngerti kok kalo kamu juga punya kehidupan dan kerjaan yang harus kamu urusin. Karena kalo kamu gak bilang mereka akan terus datang dan nyodorin apapun buat kamu kerjain.

c). Mikir dong !
Mikir apa kalo kamu bilang iya, kamu berbuat adil buat diri kamu. Apa kamu rela kehilangan waktu istirahatmu hanya buat nolong kerjain tugas orang lain yang minta tolong sama kamu? Kamu nolongin pun alasannya mudah ditebak, gak enak nolak. Padahal kamu punya hak buat gak ngebantu karena tubuh kamu pun butuh istirahat.

d). Jangan over minta maafnya
Kalo kamu mutusin buat gak ngebantu orang yang selalu manfaatin kebaikanmu lagi, cukup bilang "maaf"nya sekali saja. Gak usah berkali-kali, seolah-olah kamu masih merasa gak enak karena nolak kerjaan yang bukan tanggung jawabmu. Kamu punya hak buat bilang tidak, nyante aja!

e). Batasin
Kalo kamu gak bisa langsung menolak semua orang yang sudah kebiasaan minta tolong sama kamu, cukup batasin mereka. Kalo mereka minta tolong ngerjain tugas yang harus lembur, ganti aja dengan kerjaan ringan dan gak menyita banyak waktu. Intinya kamu tetep nolongin mereka tapi kamu batasin buat ngerjain hal yang kamu juga enak ngelakuinnya.

f). Jangan takut.
Kalo ada yang marah karena kamu nolak ngerjain tugas-tugas mereka, ato apa aja yang gak jadi tanggung jawabmu tapi tanggung jawabnya, gak perlu takut. Itu sudah cukup jadi tanda bagi kamu kalo mereka itu bukan temenmu. Temen yang baik itu take and give, saling memberi dan menerima. Kalo kamu di posisi yang memberi terus gak pernah menerima, dan begitu kamu nolak mereka marah artinya hubungan ini timpang dan gak seimbang.
Cari aja temen yang mau saling memberi dan menerima.

g). Minta tolong
Kalo kamu gak bisa nyelesein semua pekerjaan yang dibebankan ke kamu, ini saatnya kamu minta tolong pada mereka yang pernah juga kamu tolong. Kalo mereka ikhlas bantuin kamu artinya kebaikan kamu selama ini dihiung oleh mereka. Tapi kalo mereka pada nolak dan biarin kamu terpuruk dengan tugas-tugas yang bejibun artinya kebaikan kamu selama ini sia-sia belaka dan gak dianggap sama mereka. Sekarang kamu harus mikir apa tetap mau bantuin mereka dan memperbudak dirimu ato berani berkata tidak demi kebaikan kamu sendiri.

Itulah 7 strategi yang bisa menuntun kamu yang suka nyenengin hati orang dan gak berani bilang tidak. Hidup kamu adalah hak kamu buat ngatur bukan orang lain. Jangan biarin orang lain ngontrol dan perlakuin kamu seenaknya. Kamu bukan boneka atau robot yang bisa dikendalikan dengan remote. Kamu manusia yang punya perasaan dan berani bilang tidak.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !