Mengapa Orang Jepang Makan Semangka dengan Garam?

Semangka adalah buah yang umum di negara kita dan cara memakannya ada yang dimakan langsung begitu saja dan ada yang dijadikan jus atau dibikin sup buah. Tapi kalau di Jepang, semangka itu buah musiman yang hanya bisa dinikmati selama musim panas. Ada kebiasaan "aneh" mereka yang makan semangka segar sambil membubuhi sedikit garam. Belum pernah lihat orang Indonesia makan semangka campur garam kan? Kita mencampurkan garam dan kecap pada buah yang rasanya kecut. Seperti jeruk bali, jambu masam, mangga muda dan buah-buahan rasa masam lainnya. Tapi ini semangka yang rasanya manis. Kenapa ya?


Jangan menuduh orang Jepangnya gila atau aneh dulu. Ada alasannya lho, ini dia :

1. Menambah selera
Ternyata menambahkan sedikit garam pada makanan manis dapat menambah selera, yang membuat rasa asin dan manis tercampur dalam mulut. Setidaknya itu yang diyakini oleh orang jepang. Kalau tidak percaya, silakan mencobanya sendiri. Tapi garam jangan banyak-banyak ntar jadi rujak. Manisan dibuat juga dengan mencampurkan gula dan garam bukan? Sehingga rasanya jadi khas.

2. Menjaga keseimbangan ion / mineral tubuh
Semangka adalah buah yang hanya tersedia saat musim panas. Dan musim panas di Jepang itu jangan semakan dengan musim panas di daerah tropis, karena bener-bener bikin gerah dan keringatan. Kerungat yang banyak keluar itu membawa garam ikut keluar dari tubuh. Akhirnya tubuh meminta garam lebih banyak. Jadi untuk menjaga keseimbangan mineral / ion (garam) dalam tubuh yang keluar lewat keringat, nambahin garam dalam makanan yang dikonsumsi di saat gerah dapat membuat mineral tubuh kembali normal.

3. Didinginkan
Umumnya semangka di Jepang dijual dengan cara didinginkan bahkan di es. Tentu saja semangka dingin enak dimakan saat udara panas dan menyengat, tapi juga ada kekurangannya. Makanan dingin membuat rasanya (yang asli) jadi berkurang. Jadi agar dapat menambah rasa, bubuhan sedikit garam di atasnya dapat memberikan sensasi yang sedikit berbeda.

Itulah tiga alasan mengapa orang Jepang makan semangka dengan bubuhan sedikit garam. Kalau tidak percaya enaknya semangka dingin dimakan dengan garam di musim panas silakan menikmatinya di Jepang, sekalian di kota Kyoto yang terkenal sangat panas ketika summer tiba.

Comments

  1. oh begitu ya baru tau saya... makasih banyak informasinya

    ReplyDelete
  2. Saya sudah coba soalnya saya pecinta jepang heheh dan rasanya jd gurih mesti dicoba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih komennya.. syukurlah kalo bisa bermanfaat..! Saya malah belum mencobanya..hehehe..

      Delete
  3. Dr zaman baheula di kalimantan selatan sudah makan semangka pake garam, katanya biar ga sakit perut

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !