12 Pahlawan Kemanusiaan yang Tidak Banyak Dibicarakan

Pahlawan adalah seseorang yang berjasa bagi kemanusiaan, meskipun harus berkorban harta, waktu bahkan nyawa sekalipun. Berikut ini adalah 12 pahlawan kemanusiaan di luar Indonesia yang tidak banyak dibicarakan versi berbagidanjadikaya.blogspot.com. Mereka itu adalah :
  1. Neerja Bhanot, adalah pramugari Pan Am yang berbasis di Mumbai, India, terbunuh saat mencoba menyelamatkan penumpang dari empat orang teroris bersenjata yang membajak Pan Am dengan nomor penerbangan 73 saat mendarat di Karachi, Pakistan pada 5 september 1986. dia adalah penerima award termuda Ashok chakra karena keberaniannya. Ashok Chakra adalah penghargaan yang diberikan pemerintah India atas keberanian seseorang. Neerja menyelamatkan 360 orang penumpang meski harus kehilangan nyawanya. Pesawat ini awalnya terbang dari Mumbay India dengan tujuan Frankfurt kemudian New York, pesawat ini harus berhenti sejenak di Karachi, Pakistan untuk mengisi bahan bakar. Malang tak dapat ditolak 4 orang teroris berpakaian seragam petugas bandara yang diketahui anggota dari Organisasi Abu Nidal membajak kapal dan menembaki penumpang. Meskipun berhasil menyelamatkan ratusan penumpang dengan membuka pintu darurat tapi Neerja harus kehilangan nyawanya dengan menjadi martir melindungi 3 orang anak dari peluru pembajak.
    pahlawan
    Neerja menyelamatkan nyawa 360 orang  dari 380 yang ada di pesawat
    pesawat Pan Am yang dibajak
  2. Pastor Lee Jong Rak, adalah pastor Korea Selatan yang membuat "baby box". dia menyediakan kotak di sisi rumhnya bagi orangtua yang ingin meletakkan bayinya yang cacat fisik, cacat mental atau bayi yang tidak diinginkan. tujuannya untuk menghentikan banyaknya bayi yang ditelantarkan atau di buang di tempat yang tidak seharusnya. Berikut ini ada film dokumenter dari youtube yang menceritakan bagaimana Pastor Lee dan baby box nya.
  3. Dr Megan Coffee, adalah dokter spesialis penyakit infeksi yang bekerja secara sukarela di Haiti sejak gempa bumi yang menimpa negara itu tahun 2010. dia mendirikan sanatorium untuk korban gempa di Port-au-Prince dan sampai sekarang masih bekerja di sana, setiap hari menggunakan transportasi umum. 
    pahlawan
    Dr Megan Coffee pahlawan kemanusiaan di Haiti
  4. Aitzaz Hasan, adalah anak sekolah biasa di wilayah Hangu Pakistan yang mengorbankan dirinya saat mencoba mencegah pelaku bom bunuh diri memasuki sekolahnya di desa Ibrahimzai yang berisi 2000 siswa pada 6 januari 2014.  Aiztaz menyergap pria yang mengenakan rompi berisi bom bunuh diri yang akan meledakkan sekolahnya. Aiztaz terluka setelah bom itu diledakkan si pelaku di halaman sekolah dan melukainya sebelum akhirnya ia meninggal di rumah sakit.
    aitzaz
    Aiztaz yang menjadi martir untuk ratusan teman sekolahnya
  5. Victoria Leigh Soto, adalah seorang guru kelas 1 di Amerika yang terbunuh saat terjadi penembakan  di sekolah tempatnya mengajar sandy hook elementary school. setelah si penembak memasuki sekolah ia menyembunyikan murid-muridnya dalam lemari. Ketika si penembak memasuki kelasnya dan menanyakan di mana semua muridnya Soto menjawab kalau mereka berada di auditorium. Ketika beberapa anak keluar dan lari dari persembunyiannya Adam Lanza pelaku penembakan mulai menembaki mereka satu satu dan Soto meninggal saat mencoba melindungi mereka.
    pahlawan
    Victoria menjadi martir untuk anak didiknya
  6. Scott Neeson, adalah mantan Boss 20th Century Fox International perusahaan perfilman besar di amerika, memilih meninggalkan hollywood, menjual semua mansion, mobil Porsche, kapal pesiarnya untuk menolong dan memberdayakan anak-anak pemulung yang miskin di Kamboja.
    pahlawan
    Scott, pria berhati besar yang menemukan kebahagiaan
    dengan membantu anak pemulung Kamboja
  7. Irena Sendler yang tumbuh dan besar di Polandia saat pendudukan nazi dan mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan 2500 anak dari kekejaman nazi tahun 1942 sampai 1943.
    pahlawan
    Perjuangan Irena Sendler telah di filmkan tahun 2009
  8. Iqbal Masih, adalah seorang pekerja anak dari Pakistan yang berhasil lari dari pabrik karpet yang mempekerjakannya pada umur 10 tahun dan berhasil membantu membebaskan 3000 anak dari perbudakan sebelum akhirnya dibunuh pada umur 13 tahun.
    pahlawan
    Iqbal, pahlawan perbudakan anak
  9. Annie Turnbo Malone, adalah seorag jutawan di tahun 1920-an. malone mengembangkan usaha perawatan rambuk miliknya yang awalnya dia jual dari rumah ke rumah sebelum akhirnya perusahaannya berkembang dan berskala nasional. Malone menyumbangkan sebagian besar keuntungan usahanya untuk mendanai pendidikan tinggi orang kulit hitam dan organisasi yang menolong orang kulit hitam yang membutuhkan.
    pahlawan
    Annie Malone, pahlawan untuk orang kulit hitam di masanya
  10. Dobri Dobrev. yang berumur 100 tahun ini adalah pengemis dan memiliki tunjangan pensiun dari pemerintah Bulgaria sebesar 80 Euro. dia mendonasikan semua uang yang dikumpulkannya sampai 40,000 Euro dan disumbangkan pada panti asuhan yang tidak dapat membayar tagihan.
    pahalwan
    Dobri pengemis yang jadi pahlawan bagi anak panti asuhan
  11. 11. Eugene Lazowski adalah dokter yang menyelamatkan 8000 orang Yahudi dengan menyuntikkan vaksin tipus sehingga mereka terdeteksi menderita tipus oleh tentara Nazi Jerman dan menolak mengirim mereka ke kamp konsentrasi karena Nazi sangat takut dengan penyebaran penyakit berbahaya.
    pahlawan
    suntikan Dr Eugene yang menyelamatkan
  12. Harris Rosen adalah jutawan otodidak yang mengadopsi konsep Florida Neighborhood yang dikenal sebagai Tangelo park yang menurunkan tingkat kejahatan sampai setengahnya dan meningkatkan lulusan SMA dari 25 % menjadi 100 % dengan memberikan tempat penitipan gratis dan memberdayakan lulusan SMA.
pahlawan
konsep Tangelo Park Harris Rosen

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !