6 Seni Meminta Maaf pada Pasangan

Yang namanya pasangan tidak selamanya sepaham. Perbedaan pendapat kadang membuahkan pertengkaran yang berbuntut saling menyakiti satu sama lain. Menjadi orang yang pertama kali meminta maaf adalah tindakan berani yang dimiliki oleh seseorang. Meminta maaf itu gampang-gampang susah. Butuh keberanian untuk meminta maaf pada pasangan, terlebih jika merasa bahwa kedua-duanya salah. Cara meminta maaf yang selalu berhasil dapat di baca di sini.

maaf

Lalu bagaimana seni meminta maaf pada pasangan? Ini dia tipsnya :

# 1. Jangan minta maaf karena orang lain
Maaf yang kita ucapkan adalah karena sadar bahwa kita melakukan kesalahan yang melukai hati pasangan. Kita sadar bahwa hanya permintaan maaf yang bisa menetralkan hubungan kembali mesra. Jangan merasa terpaksa meminta maaf karena pasangan marah. Ucapan seperti " Kulihat kamu marah, maaf ya."  bukan permintaan maaf, itu keterpaksaan

# 2. Minta maaflah atas tindakan dan sikapmu sendiri
Terkait dengan poin 1 di atas, setiap melakukan kesalahan minta maaflah karena kesalahan itu, bukan karena orang lain meminta kita untuk meminta maaf. "Maafkan karena saya kasar tadi", itu belum lengkap. Katakan secara spesifik apa yang kamu lakukan "maaf kalau semua kata-kata saya membuat mu marah, saya tahu bahwa semua itu menyakitimu dan saya mungkin juga akan melakukan hal yang sama kalau jadi kamu, saya sangat paham kalau kamu tidak mau memaafkan saya. Tapi kamu harus tahu bahwa saya menyesal dengan kata-kata kasar saya dan saya sungguh-sungguh menyesalinya."

maaf

3. Minta maaf tidak usah disertai alasan
"Maaf kalau saya kasar tapi itu karena kamu juga, saya biasanya tidak pernah kasar pada orang yang memperlakukan saya dengan baik." artinya kamu tidak sepenuhnya minta maaf. Kamu hanya mencari pembenaran atas apa yang kamu lakukan dan berharap untuk dimaafkan.

4. Minta maaflah dengan sungguh-sungguh
"Maaf", itu hanya pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Lebih baik ucapkan kata"Maukah kamu memaafkan saya?" Itu adalah cara yang rendah hati dan menunjukkan bagaimana merasa bersalahnya kita pada kelakukan kita. Tunggulah responsnya, bersiaplah mendengar kalimat " saya butuh waktu untuk memikirkannya." Jika dia mengatakan hal tersebut, hargailah. Memang mungkin dia butuh waktu sebelum memaafkan kita. Yang jelas tugas kita meminta maaf sudah selesai.

5. Jangan berharap maaf yang sama
Katakanlah kita bertengkar hebat dengan pasangan. Kedua-duanya salah dan saling menghujat dengan kata-kata kasar dan anda memutuskan untuk duluan minta maaf. Jangan berharap dia juga akan minta maaf, karena kalau dia tidak melakukannya maka akan membuat sakit hati. Lakukan hal yang anda anggap benar (dalam hal ini minta maaf) terserah orang lain mau melakukan hal yang sama tau tidak.

6. Lakukan usaha untuk memperbaiki kesalahan
Jika betul kita salah, sudah meminta maaf, mengakui kesalahan, sudah mendapatkan maaf atau belum jangan lupa bertanya apa yang harus saya lakukan untuk menebus atau memperbaiki kesalahan saya?

Itulah 6 seni meminta maaf pad pasangan, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !