7 Petunjuk Umum Hidup Bahagia

Setiap orang ingin sukses, bahagia dan hidup senang. (baca : quote hari ini : bahagiakan diri dulu). Hidup senang dan bebas galau telah di bahas di sini dan di sini. Sekarang kita akan melihat petunjuk umum hidup bahagia, diantaranya adalah :

bahagia
Tersenyumlah maka engkau akan bahagia...
pernah liat orang tersenyum yang lagi sedih?

# 1. Terimalah masa lalumu dan biarkan berlalu agar tidak mengganggu hidup di masa kini.
Masa lalu telah berlalu, hanya tinggal kenangan. Kini kita hidup di masa sekarang, masa yang menentukan  kehidupan kita. Ambil pelajaran berharga dari kesalahan masa lalu dan perbaiki saat ini. Tidak usah mengenang kejayaan masa lalu kecuali untuk menjadi cambuk perbaikan dan peningkatan diri.

# 2. Apa yang dipikirkan orang lain tentang kamu  adalah bukan urusanmu.
Berjalan saja dan lakukan apa yang harus dilakukan. Tidak perlu memikirkan apa yang dikatakan orang lain. Jika kita mau mendengar semua komentar, semua kritikan, semua ucapan orang lain tentang kita pasti akan menderita dan sedih berkepanjangan. Adalah hak orang lain untuk berpikir dan berkomentar, adalah hak kita juga untuk menutup telinga.

# 3. Waktu akan menyembuhkan luka. Beri waktu tangguhlah segalanya.
Hidup tidak selamanya berjalan mulus, kadang kita menerima kegagalan, ujian, cobaan, rasa sakit dan keterpurukan. Yang terbaik adalah biarkan luka itu sembuh dengan sendirinya. Jangan melawan dan jangan menenggelamkan diri dalam rasa putus asa. Waktu akan menyembuhkan luka dan menyemangati kita kembali.

# 4. Tidak ada yang bertanggung jawab pada kehidupanmu kecuali dirimu sendiri.
Siapa yang paling berkuasa terhadap hidup kita? Jawabannya adalah diri kita pribadi. Orang lain hanya sebatas memberi dukungan, saran, bantuan tapi tanggung jawab penuh adalah diri sendiri. Jika kita mengarahkan hidup pada jalur yang baik dan menggali semua potesni diri, dijamin, hidup, kesuksesan dan kebahagiaan akan berpihak pada kita. Jangan menggantungkan diri pada orang lain. Jadilah diri sendiri, orisinil dan jadilah pribadi yang mandiri.

# 5. Jangan bandingkan hidupmu dengan orang lain dan jangan menilai mereka kalian tidak tahu bagaimana perjalanan hidup yang mereka jalani
Setiap orang punya masalahnya sendiri-sendiri. Kita pun juga demikian. Menjalani hidup dengan suka dan duka. Buat apa kita menghakimi orang lain, menilai dan memojokkan mereka padahal kita tidak tahu persis apa yang mereka alami. Sibuklah memperbaiki diri sehingga tidak ada waktu untuk menilai orang lain. Membandingkan diri bukannya buruk, tapi setiap orang itu khas. Apa yang baik bagi orang lain belum tentu cocok buat kita. Kita mungkin tidak selalu bahagia tapi kita bisa senantiasa berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

# 6. Jangan terlalu banyak pikir. Tidak apa-apa jika kita tidak mengetahui jawaban semua pertanyaan. Jawaban itu akan datang saat kita tidak tetlalu berharap. Hiduplah apa adanya. Jangan terlalu mengkhawatirkan masa depan yang tak pasti atau sibuk tenggelam dalam masa lalu yang telah lewat. Batasilah hidup di masa kini. Otak kita terbatas, janganlah berharap bahwa kita punya jawaban atas semua masalah. Ikhlaskan apa yang harus diikhlaskan dan usahakan dengan optimal apa yang bisa dicapai.

# 7. Senyum. Toh Anda tidak memiliki semua masalah di dunia ini.
Mengapa harus bermuram durja, toh kita tidak memiliki semua masalah di dunia ini. Kita hanya memiliki masalah kita sendiri. Kalau kita bersedih apakah masalah kita selesai? Tidak bukan? Buat apa bersedih, tersenyumlah pada nikmat Tuhan yang banyak dan bersyukurlah. Buat diri merasakan kasih sayangNya dan merasa menjadi manusia yang paling beruntung karenanya.

Itulah 7 petunjuk umum hidup bahagia versi berbagidanjadikaya.blogspot.com. (Baca juga : 8 perilaku orng bahagia yang tidak diungkapkan). Untuk mendapatkan perkawinan yang bahagia juga baca ini : 10 tips menuju perkawinan yang bahagia) atau pasangan bahagia tapi tetap selingkuh, mengapa?. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

GOLONGAN OBAT DAFTAR "G", APA ITU? MENGAPA SERING DISALAH GUNAKAN?

Seberapa Amankah Mengkonsumsi Antimo?

15 Hal yang Dilihat Wanita Pada Pria Sebelum Jatuh Cinta Padanya