Mengapa Polisi Melanggar Hukum?

Polisi adalah penegak hukum, panutan masyarakat, tempat masyarakat meminta tolong jika mengalami masalah. Tapi akhir-akhir ini banyak kita membaca berita di media kalau ada beberapa oknum polisi yang ditangkap. Kasusnya berbeda-beda seperti jadi bandar narkoba, backing kejahatan atau jadi penjahat alias bad guy. Mengapa bisa begitu? Mengapa polisi melanggar hukum ?

polisi juga manusia biasa 


ALASAN 1
Karena polisi juga manusia
Tidak ada manusia yang sempurna termasuk aparat penegak hukum. Semua orang bisa tergelincir melakukan kesalahan, tidak terkecuali polisi.

ALASAN 2
Karena polisi terdesak
Umumnya terdesak kebutuhan ekonomi, gajinya kecil kemudian ada kesempatan untuk melakukan tindakan ilegal dengan imbalan yang besar.

ALASAN 3
Karena polisi memiliki fasilitas
Polisi sebagai aparat keamanan dibekali dengan senjata baik senjata api maupun senjata lainnya. Senjata ini terdaftar dan harus digunakan di saat yang tepat. Tetapi ada juga oknum polisi yang mempergunakan senjatanya untuk melakukan tindakan kejahatan. Fasilitas yang harusnya digunakan untuk melindungi masyarakat malah dipakai untuk melawan masayarakat.

ALASAN 4
Karena masyarakat yang membuat polisi melanggar aturan
Banyak orang yang takut pada polisi, meskipun tidak berbuat salah, apalagi jika berbuat salah. Sengaja menyuap polisi untuk memuluskan kepentingannya bukan berita baru di telinga kita. Kitalah yang mengajarkan polisi untuk melanggar aturan.

ALASAN 5
Karena rekrutmen polisi tidak sesuai standar
Banyak selentingan kita dengar bahwa untuk jadi polisi selain tes juga harus menyetor sejumlah uang dalam jumlah besar untuk mempermudah kelulusan. Mungkin hanya sebagian yang seperti itu tapi mempengaruhi kualitas polisi secara keseluruhan. Karena adanya main belakang itu menyebabkan polisi yang diterima tidak sesuai standar, akibatnya banyak polisi yang salah jalur.

ALASAN 6
Karena mereka tahu dimana dan bagaimana pelaku kejahatan melakukan aksinya
Polisi senantiasa berurusan dengan orang jahat, mereka tahu bagaimana pola-pola penjahat melakukan aksinya. Hal ini bisa menjadi inspirasi polisi jahat untuk melakukan aksi kejahatan.

ALASAN 7
Karena yang menangkap teman sendiri jadi tidak perlu takut.
Polisi tahu bahwa jika mereka melakukan kejahatan maka yang menangkap adalah teman sendiri, jadi tidak sungkan untuk melakukannya ,karena bisa melakukan lobi-lobi dan diminta untuk saling mengerti.

Itulah 7 alasan yang menjadi penyebab mengapa polisi melanggar hukum. Hukum yang harus ditegakkannya, hukum yang menjadikannya pelindung bagi masyarakat.



Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !