Seberapa Amankah Mengkonsumsi Antimo?

Bagi yang suka mabuk kendaraan pasti tahu dengan obat yang berjudul Antimo ini. Obat ini di jual bebas di pasaran, siapa saja boleh membelinya. Obat ini kalau diminum membuat kita jadi mengantuk. Karena tidur selama perjalanan pasti tidak jadi mabuk. Tapi apakah ada efek sampingnya bagi tubuh? Seberapa amankah mengkonsumsi antimo ?

tidur antimo

Antimo dipakai untuk kejahatan

Seorang pria menggunakan antimo untuk melakukan kejahatan, yaitu membawa lari mobil orang lain. Ceritanya pria ini sebut saja Udin bertemu dengan Pak Kasim yan memiliki Mobil Kijang Innova baru di warung kopi. Si Udin yang lagi kesulitan uang berniat jahat untuk mengambil mobil Pak Kasim tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Terbersit dalam ingatannya bahwa antimo bisa digunakan sebagai obat tidur. Udin segera membeli antimo di toko sebelah. Sebanyak 6 butir antimo ditumbuknya dengan halus sampai menjadi bubuk kemudian mencampurnya dalam minuman Pak Kasim. Seketika Pak Kasim tertidur lelap dan meja dan kunci mobil dilarikan oleh Udin dan rekannya, kemudian dijual seharga 35 juta. Uang hasil penjualan mobil dibagi rata sampai saat Si Udin dan rekannya ditangkap polisi.

antimo

Antimo mensugesti alam bawah sadar

Ini dialami oleh adik saya sendiri yang memang sering mengalami mabuk perjalanan, makanya dia sering meminum antimo sebelum berangkat. Tetapi dengan catatan antimo tidak boleh disebut. Karena jika kita menyebut kata antimo di depannya dijamin adik saya akan segera mual. Saya tidak tahu pemicunya. Mungkin pengalaman mabuk dan antimo saling terkait di alam bawah sadarnya, sehingga jika disebut kata antimo langsung mual.

Kandungan Antimo dan Efek Sampingnya

Antimo adalah masuk golongan obat bebas terbatas, mengandung zat yang disebut Dimenhidrinat yang merupakan golongan antihistamin. Obat ini bekerja dengan menakan fungsi telinga tengah dimana terdapat alat pengatur keseimbangan. Di kemasannya tertulis cara pemakaian dan efek samping yaitu gangguan penglihatan, mengantuk, pusing, mulut kering, hipotensi, lemah otot, gangguan pencernaan dan sakit kepala.

Tidak ada obat tanpa efek samping. Kalau tidak mau kena efek samping obat ya.. jangan diminum. Untuk urusan efek samping ini kita harus pandai-pandai memilah. Artinya efek sampingnya tidak perlu terlalu ditakutkan juga tidak boleh terlalu diremehkan. Kita bisa mendapatkan khasiat dari obat tanpa terkena efek sampingnya atau dengan efek samping minimal. Bagi anda yang tidak tahan naik kendaraan, bawaannya pusing, mual sampai muntah minum Antimo selalu jadi pilihan untuk membuat perjalanan jadi nyaman. Sesuai dengan tulisan di kemasan, efek samping antimo seperti mengantuk itu menguntungkan bagi kita karena selama perjalanan bisa tidur. Begitu juga pusing dan lemah otot kalau tidur kan bisa hilang / tidak terasa. Efek lainnya lagi mulut kering bisa diatasi dengan banyak minum. Gangguan pencernaan dan gangguan penglihatan bisa jadi soal jika kita mengkonsumsi antimo dengan frekuensi sering dan dalam waktu lama. Sementara kalau frekuensi bepergian kita dan mengkonsumsi antimo dalam jumlah yang wajar / kurang tentunya tidak menjadi masalah bukan?

Kesimpulan

Kesimpulannya tidak ada obat tanpa efek samping. Jika memang harus mengonsumsi obat termasuk obat anti mabuk seperti antimo tetap harus berfikir secara bijak. Jika memungkinkan tidak mengkonsumsinya itu lebih baik. Agar tidak selalu tergantung pada antimo tata perasaan dan mood sebelum perjalan, buat diri merasa nyaman dan sugesti diri sendiri bahwa perjalanan akan berjalan dengan lancar, dan kita akan baik-baik saja. Sebuah obat bisa berkhasiat dan bisa menjadi racun bagi  tubuh tergantung bagaimana kita mengkonsumsinya. Antimo itu aman selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar (ada yang mengatakan yang wajar itu membatasi 4 x mengkonsumsinya dalam setahun, 1 kali tablet selama perjalanan ). Setiap orang itu berbeda-beda juga ketahanannya. Ada yang cepat terkena efek samping, ada yang tubuhnya bisa mengatasi efek samping itu, ada yang lambat terkena efek samping, tergnatung daya tahan tubuh masing-masing. Bagi anda yang ingin bepergian dan selalu mengalami mabuk perjalanan, mengkonsumsi antimo atau tidak itu terserah anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Quote Hari Ini : Hidup Itu Seperti Kamera, Abadikan Yang Baik-Baik

GOLONGAN OBAT DAFTAR "G", APA ITU? MENGAPA SERING DISALAH GUNAKAN?