5 Alasan Mengapa Perlu Membuat Hidup Lebih Simpel

Hidup simpel bukan berarti kekurangan. Hidup simpel itu menyederhanakan apa-apa yang ada dalam hidup agar tidak terlalu banyak yang membebani pikiran, waktu, energi dan uang kita. Berikut 5 alasan mengapa perlu membuat hidup kita lebih simpel.

hidup simpel
berpakaian yang simpel juga salah satu cara
 menyederhanakn hidup

1. Simpel itu menyenangkan

Lho kok bisa? Kebanyakan barang, kebanyakan keinginan, kebanyakan harta benda membuat kita seringkali stres, tertekan, kekurangan uang dan kehabisan energi. Mengapa?
  • Kebanyakan barang membutuhkan rumah atau lemari yang lebih besar untuk menyimpannya. Jika sanggup membelinya maka rumah atau lemari kita akan kelihatan penuh sesak.
  • Banyak barang membutuhkan energi yang lebih banyak untuk merawatnya agar tidak rusak, usang atau senantiasa berfungsi dengan baik. Selain itu membutuhkan uang lebih untuk merawatnya atau membayar jasa orang lain jika rusak.
  • Banyak barang membuat kita ekstra kuatir (takut hilang, takut dicuri orang, takut jatuh dan sebagainya)
  • Banyak keinginan membuat kita jadi terobsesi untuk memenuhinya, kalau perlu berhutang. Hutang akan menenggelamkan kita suatu saat jika kita tidak mengelolanya dengan baik.
  • Banyak harta benda membuat kita menumpuk barang yang belum tentu kita gunakan, menghabiskan waktu produktif kita. Saat ingin mencari suatu barang tertentu jadi susah. Lebih mudah mencari selebar baju diantara 10 lembar yang kita miliki ketimbang mencarinya diantara 100 lembar baju yang jarang kita pakai dalam 3 lemari?
Lalu mengapa simpel itu menyenangkan?
  • Jika kita mulai mengurangi barang yang kita miliki dan hanya menyisakan barang yang kita butuhkan pasti hidup lebih indah. Barang yang sedikit lebih mudah mengurusnya bukan?
  • Jika kita mulai mengurangi keinginan dan membedakannya secara jelas dengan kebutuhan maka hidup kita lebih tenang. Misalnya kita bisa saja selalu makan di restoran atau di rumah makan yang mahal, tetapi kebiasaan itu akan mempengaruhi kondisi keuangan kita. Tubuh memang butuh makan tapi kita tetap bisa kenyang dengan makanan sederhana yang kita masak sendiri. Yang penting itu kebutuhan terpenuhi, persoalannya tempatnya itu hanya keinginan kita saja.
  • Jika kita mulai mengurangi berhutang maka kondisi keuangan akan lebih sehat dan hidup lebih tenang.

2. Simpel itu membuat kaya

Kok bisa? Tentu saja karena simpel itu menghasilkan uang. Uang yang sedianya dihabiskan untuk membeli barang yang tak tidak kita perlukan. Perhatikan hal-hal berikut :
  • sedikit barang, sedikit kerja (perawatan), sedikit pengeluaran itu sama dengan lebih banyak uang (yang tadinya ingin dipakai membeli barang dan merawat barang atau menyewa jasa orang menjaga barang yang banyak itu)
  • sedikit barang artinya sedikit energi yang harus digunakan untuk mengurusnya, mengaturnya, membersihkannya.
  • sedikit barang artinya sedikit waktu yang digunakan untuk merapikannya, memikirkannya dan menatanya.
Kaya itu artinya uang lebih banyak, energi lebih bertenaga dan waktu lebih manfaat.


3. Simpel itu lebih mudah dicapai

Mengurangi jumlah tujuan yang ingin kita capai dan perjuangkan dalam hidup adalah salah satu cara membuat hidup lebih simpel. Dengan mengurangi jumlah tujuan yang berusaha untuk dicapai, kita akan lebih fokus dan meningkatkan tingkat keberhasilan mencapai tujuan. Buatlah daftar hal-hal yang ingin dicapai dalam hidup dan pilih dua yang paling penting. Ketika kita telah menyelesaikan satu, tambah lagi satu lainnya dari daftar.

Menyederhanakan tujuan hidup dengan memilih yang terpenting membuat kita jauh dari stres dan lebih fokus menata dan menjalani hidup.


4. Simpel itu menenangkan

Kurangi pikiran negatif dan kata-kata negatif juga adalah salah satu cara menjalani hidup yang simpel. Kebanyakan emosi negatif sama sekali tidak berguna. Kebencian, kepahitan, kebencian, dan iri hati tidak pernah meningkatkan kualitas hidup manusia. Kitalah yang bertanggung jawab untuk pikiran kitabsendiri. Maafkan masa lalu yang pahit dan menyakitkan serta gantilah pikiran negatif dengan yang positif.

Gunakan kata-kata yang lebih sedikit. Jaga ucapan untuk berkata apa adanya dan jujur. Hindari gosip dan kata-kata yang tidak bermanfaat. Pernah dengar ungkapan, mulutmu adalah harimaumu. Ungkapan ini meminta kita untuk berhati-hati dengan kata-kata. Karena sekali kata-kata terucap dan keluar dari mulut, susah untuk menariknya kembali. Sekali kata menyakiti hati orang lain akan susah mengembalikannya meskipun kita sudah minta maaf dan diberi maaf. Kata-kata bisa menjerumuskan seseorang ke dalam jurang kehancuran.


5. Simpel itu menyehatkan

Mengurangi makanan yang tidak sehat seperti lemak jenuh, makanan olahan, biji-bijian olahan (roti putih), makanan tinggi fruktosa / gula seperti sirup jagung, dan terlalu banyak sodium / garam. Meminimalkan bahan-bahan ini akan meningkatkan tingkat energi dalam jangka pendek dan kesehatan kita dalam jangka panjang. Juga, sebisa mungkin, mengurangi konsumsi obat dan suplemen kesehatan yang tidak penting -  tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menyembuhkan dirinya secara alami sebagai lawan membangun ketergantungan pada zat / obat-obatan tertentu.

Memfokuskan perhatian pada layar televisi, film, video game, dan teknologi mempengaruhi hidup lebih dari yang dipikirkan. Media menata kembali nilai-nilai kta. Ini pelan-pelan mulai mendominasi kehidupan kita. Dan memiliki dampak besar pada sikap dan pandangan kita. Sayangnya, ketika hidup di dunia yang secara konsisten melakukan hal yang sama berulang kalia dan terus menerus, kita bahkan tidak menyadari bagaimana semua media ini mempengaruhi pikiran kita. Satu-satunya cara untuk sepenuhnya mengurangi pengaruh media dalam hidup adalah dengan mematikan semua gadget dan mulai menjalani hidup secara normal.

Itulah 5 alasan mengapa hidup simpel itu. Mau tahu bagaimana membuat hidup lebih simpel bacalah 84 cara membuat hidup lebih simpel dan 3 aturan sukses yang simpel banget. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !