10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Berumur 30

Umur itu memang cuma deretan angka-angka yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun. Sebagin besar menganggapnya begitu. Tapi sebagian kecil orang sukses menganggap umur itu penting terkait dengan apa yang harus dilakukan di rentang umur tertentu agar hidup sukses, kaya, nyaman dan bahagia. Terbukti memang banyak orang yang sukses di usia muda.

Umur 30 tahun dianggap salah satu titik balik dalam kehidupan seseorang. Umur 30 tahun dianggap sudah dewasa dan bisa menentukan jalan hidup yang akan dijalani selanjutnya. Untuk mempersiapkan agar pada umur 30 tahun kamu sudah siap untuk menghadapi dunia, apa yang harus dilakukan sebelum mencapai umur tersebut?

umur 30

Sebenarnya apa yang perlu dilakukan seseorang sebelum berumur 30 tahun.

  1. Olahraga yang teratur. Kamu tentu tidak ingin saat mencapai umur 30 tahun nanti yang metabolisme mulai menurun menjadikan tubuh gemuk, obesitas dan rentan penyakit. Bukan cuma uang yang perlu diinvestasikan dengan baik, kesehatan juga. Olahraga yang teratur meskipun ringan saja adalah salah satu cara investasi kesehatan yang baik.
  2. Travel. Jika terus berada di negeri sendiri kita tidak bisa membuka mata dan perspektif kita tentang negara lain. Mengunjungi berbagai tempat yang berbeda akan membuka wawasan dan mata kita bagaimana orang lain menjalani hidupnya di negara lain. Sehingga pemikiran kita pun bisa berkembang dan pemahaman kita terhadap dunia ini lebih baik. Tidak perlu kaya untuk travel. Kalau kamu hanya punya sedikit uang, kunjungi saja negara tetangga dengan penerbangan kelas ekonomi, menggunakan tiket promo dan tinggal di hostel alias jalan gaya backpaker.
  3. Temukan impianmu. Cari apa yang menarik dan ingin kamu lakukan. Menemukan sesuatu yang kita sukai dan melakukannya dengan baik akan membuat hidup terasa lebih berharga.
  4. Menyanyi. Meski kamu bukan seorang penyanyi yang baik tapi menyanyi bisa meredakan stres dan ketegangan. Minimal menyanyilah untuk diri sendiri. Menyampaikan ide-ide dan perasaan dalam bentuk lagu itu salah satu kemampuan komunikasi dan bisa meredakan stres. Jika kamu sudah terbiasa meredakan stres dengan cara yang menyenangkan maka kamu bisa lebih survive menghadapi hidup di usia 30 tahun yang lebih banyak tekanan.
  5. Belajar membuat jaringan /networking. Belajar membuat jaringan dan mempertahankannya adalah keterampilan yang sangat berharga. Melalui jaringan  yaitu orang lain yang kamu kenal dan ada di sekitarmu membantu usahamu untuk mencari pekerjaan, mencari klien, memasarkan produk, menjalin kerjasama bisnis bahkan mencari jodoh.
  6. Belajar untuk bercerita. Tidak semua orang mampu untuk menumpahkan apa yang ada di pikirannya dalam bentuk cerita yang runut dan teratur. Seperti halnya seorang penulis yang mampu merangkai kata yang indah, membentuk sebuah cerita yang bisa menyihir pembacanya untuk terus membaca sampai akhir. Dalam dunia yang bergerak cepat ini dibutuhkan seseorang dengan kemampuan komunikasi yang mumpuni, baik lisan maupun tulisan. Saat hendak memasarkan produk, saat hendak meminang gadis pun kemampuan komunikasi diperlukan. Rangkaian cerita yang kita buat mengenai produk atau diri kamu akan memberikan kesan mendalam kepada orang lain untuk memutuskan apakah akan membeli produk kamu ataupun menerima pinanganmu. Tergantung bagiamana kamu mengkomunikasikannya dalam sebuah cerita.
  7. Selalu belajar hal-hal baru. Tidak harus sekolah formal untuk mendapatkan ilmu. Banyak ilmu yang lebih praktis dan bisa digunakan yang bisa dipelajari lewat internet. Banyak website yang menyediakan informasi mengenai keterampilan tertentu yang bisa dipelajari secara gratis. Jika memiliki uang lebih bisa mengambil kursus dalam bidang yang kamu minati dan kembangkan ilmunya.
  8. Belajar masak. Masak adalah salah satu keterampilan yang menyenangkan karena berhubungan dengan makanan. Memiliki keterampilan memasak membuatmu lebih arif dalam mengolah makanan sehat yang kamu konsumsi. Penyakit saat ini memang lebih banyak disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, seperti mnegkonsumsi makanan tinggi lemak, tinggi garam, penuh dengan bahan aditif dan pengawet yang berbahaya. Agar badan senantiasa sehat dan terus bisa berfungsi dengan baik, keterampilan meracik makanan yang sehat itu perlu dipelajari.
  9. Memahami pentingnya keluarga. Keluarga adalah suatu tempat yang bisa disebut rumah, di mana kita selalu bisa kembali dan diterima. Perasaan memiliki dan dimiliki oleh orang lain akan membuat hidup kamu lebih berarti.
  10. Belajar mengambil resiko. Jangan terus menerus hidup di dalam zona nyaman kamu. Sesekali keluarlah, menghadapi tantangan yang lebih besar, coba ambil resiko yang selama ini takut untuk kamu jalani. Resiko membuat adrenalinmu terpacu, emmbuatmu lebih bijak mengambil keputusan dan membuatmu lebih berjaya saat berhasil mengalahkan sebuah tantangan.
Itulah 10 hal yang perlu dilakukan sebelum berumur 30 tahun. Kamu lah yang menentukan masa depanmu sendiri, dan mempersiapkannya lebih awal sama dengan mencuri start yang bisa membuatmu lebih unggul di banding orang lain. 

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !