Kalo Kamu Mau Sukses Belajarlah Untuk "Mencuri"!

Judulnya kedengaran sangat menyesatkan bukan? Kalau mau sukses harus belajar "mencuri". "Sukses itu gampang", seolah baru kemarin seorang mentor mengatakannnya. " Cari orang sukses dan lakukan seperti apa yang mereka lakukan," katanya. Inilah pengenalan pertama saya dengan dunia modeling. Modeling di sini bukan yang muncul di majalah-majala atau TV sebagai bintang iklan. Tapi modeling adalah sebuah proses mencari tahu dan mempelajari dengan seksama apa yang dilakukan oleh para ahli. Hasil akhirnya adalah sebuah gambaran yang lebih baik tentang apa yang para ahli lakukan ketimbang apa yang bisa disampsaikan oleh para ahli tersebut.


Kita manusia, belajar secara osmosis. Maksudnya semakin lama kamu berada di sekitar seseorang maka secara tidak sadar kamu mulai ikut terpengaruh dengan kebiasaannya. Dengan asumsi kamu berada di sekitar orang sukses, ikut mereka kemana aja maka kamu akan memetik beberapa hal yang membuat mereka sukses.

Mungkin kamu bilang, ah masa sih, aku kan bukan orang bego, aku punya gelar master dan aku orangnya cepat belajar, ngapain juga harus ikut-ikutan di bawah ketek orang? Begitu mungkin yang terbersit dalam pikiranmu. Jawaban saya terhadap kalimat di atas adalah "jika kamu tau bagaimana seseorang melakukan sesuatu dengan melihat secara langsung bagaimana mereka melakukannya, maka itu akan meningkatkan kemampuan berlatihmu.

Kebanyakan training yang dibuat akhir-akhir ini lebih menekankan pada konten atau materi pelatihan / training. Jangan salah, konten atau materi itu penting tapi hanya menjadi satu bagian penting untuk mencapai kesuksesan. Perlu membuat batasan yang jelas antara "APA" dan "BAGAIMANA". Tahu Apa yang dilakukan itu satu hal, dan tahu BAGAIMANA melakukannya itu hal yang lain lagi. Ada jutaan buku, blog, podcast, postingan facebook, kata-kata seseorang memberitahu orang lain dan informasi mengenai apa yang harus dilakukan untuk sukses. Tapi kenyataannya informasi ini tidak menghasilkan banyak orang sukses dan milyuner dadakan di dunia bukan? Jawabannya gampang, sekedar tahu apa yang harus dilakukan untuk sukses itu tidak cukup.  Kamu juga harus tahu bagaimana melakukannya. Inilah yang disebut modeling, mencontoh (mencuri) langkah-langkah apa yang dilakukan oleh orang lain untuk sukses dan menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Setiap hari kita dihadapkan pada sesuatu dimana ada sesuatu yang ingin kita lakukan. Sesuatu yang mampu untuk kita lakukan tapi kita tidak melakukannya. Ini adalah kondisi yang berulang terus menerus dan terjadi pada kita setiap hari. Lalu kenapa kita tidak melakukannya. Salah satu alasan yang paling jelas adalah kita tidak tahu bagaimana melakukannya. Di sinilah peran modeling atau mencontoh atau mencuri cara orang lain melakukannya.

Perlu ditekankan kalo modeling itu bukan hanya penuh dengan teori tetapi berdasarkan pengalaman orang lain, sudah teruji dan terbukti pada orang lain. Kalau ingin turun berat badan cobalah berada di sekeliling orang yang punya gaya hidup sehat, maka lambat laun kita akan ketularan semangat dan kebiasaan mereka tanpa kita sadari. Sehingga tidak perlu membuang-buang uang untuk program diet atau membatasi makanan yang bikin kamu stress berkepanjangan. Memang butuh kerja keras. Tapi memangnya ada sukses yang didapatkan dalam semalam?

Jadi kalau kamu mau sukses cari orang yang sukses di sekitar kamu, tempelin dia, bantu-bantu apa yang bisa dibantu sambil belajar bagaimana dia membangun kerajaan kesuksesannya. Saya menutup tulisan ini dengan sebuah kutipan " Artis yang baik cuma bisa meniru orang lain, tapi artis yang hebat adalah yang bisa mencuri karakter /kemampuan orang lain dan memodifikasinya menjadi miliknya, sehingga orang mengenal kalau itu dia dan bukan orang lain." Salam Sukses!

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !