20 Tips Hidup Sehat Dan Bahagia yang Mudah Dilakukan.

Hidup sehat dan bahagia adalah impian semua orang. Bagaimana tips hidup sehat dan bahagia itu?


  1. Banyak minum air putih dan teh hijau. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. Setiap hari tubuh kita berkeringat, mengeluarkan cairan dan racun dari dalam tubuh agar bisa teus menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk mengganti cairan tubuh yang keluar, tubuh memerlukan asupan cairan yang baru, minimal 8 gelas sehari. Air putih akan menetralkan suhu tubuh dan mememnuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi dan membuatnya tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Selain air putih minuman terbaik yang disarankan adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan yang merupakan antioksidan yang dapat menangkal racun yang membahayakan tubuh.
  2. Mengatur jumlah asupan makanan. Makan besar saat sarapan, makan secukupnya saat siang dan makan sedikit saja saat malam. Jumlah asupan makanan yang kuran akan membuat tubuh kelaparan dan lemas, sementara jika kelebihan akan menyebabkan timbunan lemak yang menyebabkan kegemukan bahkan obesitas. Obesitas adalah sumber penyakit berbahaya seperti jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi bahkan kanker usus.
  3. Makan buah, sayur dan makanan yang alami. Buah, sayur dan makanan alami seperti kacang-kacangan dna biji-bijian adalah sumber serat yang penting bagi tubuh. Serat yang cukup akan menyeimbangkan kondisi alamiah tubuh, mencegah konstipasi dan memperlancar BAB.
  4. Lakukan olahraga ringan. Jalan/berenang/naik sepeda atau joging secara rutin. Olahraga itu adalah investasi kesehatan yang penting. Tubuh yang jarang digunakan untuk bergerak akan menjadi tubuh yang sakit, penuh timbunan lemak dan racun. Tulang-tulang yang tidak pernah dilatih akan menjadi keropos dan menua seiring pertambahan umur.
  5. Sisihkan waktu untuk baca buku. Seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan smartphone, kebutuhan orang akan buku menjadi berkurang. Tapi meluangkan waktu sejenak untuk membaca buku-buku yang bermanfaat dan mematikan semua gadget seperti smartphone, komputer, laptop, tablet akan memberi wkatu bagi diri sendiri untuk sekedar merenung dan menikmati kesendirian.
  6. Tidur lebih cepat. Kebiasaan begadang pelan-pelan akan merusak hati, membuat tubuh jadi tidak segar karena kekurangan istirahat. Agar cukup tidur lakukan kebiasaan untuk tidur lebih cepat dan bangun lebih awal.
  7. Berhenti berfikir negatif tentang diri sendiri dan orang lain. Pikiran negatif itu mematikan pikiran dan melumpuhkan jiwa. Pandangan yang negatif tentang segala hal membuat kita merasa menyesal hidup di dunia yang tidak indah dan tidak nyaman. Akibatnya kita menjadi tidak bahagia.
  8. Jangan tenggelam di masa lalu. Masa lalu telah berlalu. Meskipun kita menangisinya dan menyesalinya terus menerus tidak akan merubah keadaan. Yang lalu biarlah berlalu, ambil pelajaran berharga darinya, jadikan kenangan indah atau lupakan.
  9. Nikmati hal-hal kecil dalam hidup. Kadang kita selalu menanti hal-hal besar terjadi baru mau bersyukur. Padahal banyak hal-hal kecil di sekitar kita yang perlu disyukuri. Tubuh yang sehat sempurna, matahari pagi yang menghangatkan tubuh, gemericik air mengalir bahkan suara burung di atas dahan bisa kita nikmati.
  10. Jangan menghakimi dan membandingkan diri dengan orang lain. Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang sibuk dan menghadapi masalahnya masing-masing, sama sepreti kita. Bukan tugas kita untuk menghakimi orang lain. Biarkan orang lain dengan hidupnya. Tidak usah sibuk membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
  11. Lakukan yoga dan meditasi. Yoga dan meditasi akan membantu melepaskan diri sejenak dari keramaian dan kebisingan hidup dunia dan mulai berdamai dengan diri sendiri.
  12. Jangan memusingkan hal-hal yang tak bisa ditangani. Banyak orang yang senantiasa diliputi kesedihan dan kekecewaan karena terlalu memusingkan hal-hal yang bukan urusannya dan hal-hal yang tak bisa ditangani. Mau bahagia? Biarkan hal-hal yang bukan urusan kita dan tak dapat ditangani, nanti juga akan berlalu dengan sendirinya.
  13. Hindari makanan olahan. Makanan olahan banyak mengandung zat pengawet ataupun zat aditif lainnya, yang jika dikonsumsi dalam waktu lama akan berbahaya buat kesehatan.
  14. Lakukan peregangan ringan di sela-sela pekerjaan. Pekerjaan yang terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan. Lakukan peregangan sesekali dan disela pekerjaan yang mengharuskan banyak duduk. Jangan lupa banyak minum air putih untuk kesehatan ginjal.
  15. Dengarkan musik yang menenangkan. Musik menurut penelitian memiliki efek yang besar bagi jiwa seseorang. Bahkan detak jantung seseorang berubah mengikuti aliran musik yang didengar.
  16. Rapikan barang-barang anda. Kelompokkan barang-barang anda dan atur sedemikian rupa di dalam lemari sesuai kategorinya sehingga kalo dicari mudah didapatkan. Kamar atau rumah yang terlihat rapi membuat penghuninya lebih bahagia ketimbang yang berantakan.
  17. Kenakan pakaian yang membuat anda merasa nyaman. Pakaian juga mencirikan kepribadian kita. Kalau memakai pakaian yang tidak disukai membuat kita tidak menyukai dan tidak nyaman dengan diri sendiri.
  18. Buang barang-barang yang tidak dibutuhkan. Punya terlalu banyak barang itu membuat pusing mengurusinya. Hidup yang lebih simpel itu lebih baik.
  19. Ingatlah bahwa apa yang anda lakukan sekarang akan di petik hasilnya di masa datang. Investasikan uang, waktu dan kesehatanmu dengan baik. Uang diinvestasikan bukan hanya pada hal-hal yang menambah keuntungan dan jumlahnya tapi juga kemanfaatannya. (baca : apa rezeki yang berkah itu?). Waktu juga demikian, manfaatkan pada hal-hal yang berguna, bersama keluarga, mempelajari hal-hal baru, menjelajahi tempat yang baru dan sebagainya. Lakukan olahraga teratur dan makan makanan sehat untuk investasi kesehatan.
  20. Keluar dan nikmati hidup. Jangan terus mengurung diri dalam rumah. Keluarlah dan nikmati hidup. Banyak dilihat, banyak dirasa, banyak pengalaman membuat hidup lebih bahagia.
Itulah 20 tips hidup bahagia dan sehat yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Apa gunanya hidup kalau terus menerus berkalang masalah, berbumbu kekecewaan dan meanbung penderitaan? Hiduplah untuk bahagia, nyaman dan sehat agar mati tidak menyesal. Salam bahagia !

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !