10 Tips Menciptakan Hubungan Yang Berhasil dan Bahagia


Hubungan yang berhasil dan bahagia adalah impian semua pasangan. Hubungan yang berhasil dan bahagia ini tidak bisa dicapai dalam semalam tapi harus dibagun oleh kedua belah pihak yang memiliki cita-cita yang sama, hubungan sehat yang bahagia selamanya. Untuk yang sudah menikah bisa membaca 10 tips menuju perkawinan yang bahagia, artikel ini saya buat untuk membahas hubungan secara umum.


Apa yang harus dilakukan untuk menciptakan hubungan yang berhasil dan bahagia?


# TIPS PERTAMA
 Jangan pernah marah di saat yang bersamaan.

Kalau keduanya marah saat yang bersamaan, komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Hati yang dipenuhi kemarahan dan kebencian sangat susah untuk diajak kompromi dan berbicara dengan akal sehat. Jika salah satu dari pasangan marah terlihat dengan gerak tubuh dan nada suaranya yang meninggi, maka yang lain harus diam dan mendengarkan dengan baik. Harus ada yang memakai akal sehat ketimbang emosi di sini.


# TIPS KEDUA
Hindari saling teriak satu sama lain

Sedapat mungkin hindari saling teriak satu sama lain kecuali rumah lagi kebakaran ! Saling teriak tidak akan menyelesaikan masalah. Saling teriak hanya membuat pihak lain sakit hati. Apa salahnya duduk dan berbicara yang baik-baik layaknya dua orang dewasa. (baca : 10 cara bertengkar yang lebih beradab)


# TIPS KETIGA
Jika salah satu dari kalian harus menang dalam pertengkaran biarkan pasangan yang menang

Pernah mendengar ungkapan "Mengalah untuk menang"? Apa gunanya kita menang dalam pertengkaran jika pasangan hatinya sakit, menderita dan membenci kita selamanya? Apa gunanya kita menang jika harus mengorbankan hubungan yang dengan susah payah kita bangun?


#TIPS KEEMPAT
Jika harus mengkritik lakukan dengan cara yang penuh cinta

Semua orang alergi dengan kritik. Tidak ada orang yang suka dikritik kekurangannya oleh orang lain. Demikian juga dengan pasangan kita, Kritikan akan membuat hatinya hancur bahkan dia bisa berbalik mengkritik kita juga untuk memastikan bahwa kita tidak lebih baik darinya. Tapi ada saat di mana kita harus memberitahu pasangan kalau sikapnya tidak menyenangkan hati kita. Tapi caranay lakukan dengan manis dan penuh cinta, sehingga dirinya tidak merasa dikritik.


# TIPS KELIMA
Jangan pernah mengungkit-ungkit kesalahan di masa lalu

Setiap orang punya masa lalu. Masa lalunya pun tidak sempurna seperti halnya kita, dipenuhi dengan kesalahan-kesalahan dan kekhilafan. Mengungkit-ngungkit masa lalu apalagi kesalahannya di waktu lampau akan membangkitkan luka lama dan membuatnya meradang. Hal ini akan menimbulkan perasaan tak nyaman yang memicu pertengakaran hebat.


# TIPS KE ENAM
Jangan sekali-kali mengabaikannya

Jadikan dia yang terpenting dalam hidup. Jangan sekali-kali mengabaikannya untuk kegiatan lain yang menurut kita lebih penting, Pasangan ingin dialah yang menjadi prioritas dalam hidup kita, sama seperti halnya kita ingin jadi prioritas dalam hidupnya.


# TIPS KETUJUH
Jangan berangkat tidur dengan meninggalkan masalah yang tak terselesaikan

Jika pertengkaran tidak dapat dihindarkan, usahakan selesaikan saat itu juga. Jangan pergi tidur atau membiarkan masalah menggantung tak terselesaikan. Masalah yang sudah bermalam akan menjadi pengganggu saat seharusnya kita menikmati hari yang baru dengan penuh cinta.


# TIPS KEDELAPAN
Sedikitnya sekali sehari ucapkan kata yang manis untuknya atau memujinya.

Tidak ada orang yang tidak suka dipuji. Pujian itu ibarat bahan bakar yang efektif untuk menjalankan hari yang indah. Pernah memperhatika orang yang kita puji? Dia pasti akan tersenyum sepanjang hari. Demikian pula dengan pasangan. Tidak ada salahnya memberinya kata-kata yang manis setiap hari atau memuji penampilannya yang mengesankan kita, Meskipun terkesan gombal tapi percayalah mereka menyukainya dan akan menjadi poin yang bagus buat kita.


# TIPS KESEMBILAN
Saat melakukan kesalahan, akui dan minta maaflah !

Tidak ada orang yang sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Jika ternyata kita melakukan kesalahan tidak perlu menunggu tudingan orang lain atau pasangan untuk membuat kita mengakuinya. Dengan kesadaran sendiri dan penuh keberanian akui kalau kita salah dan minta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya. (baca : seni meminta maaf yang selalu berhasil).


# TIPS KESEPULUH
Butuh dua orang untuk bertengkar

Jika seseorang sudah mulai menyulut api peperangan tetapi yang satunya tetap diam tidak menanggapi atau menanggapinya dengan kepala dingin tak akan terjadi pertengkaran.

Itulah 10 tips menciptakan hubungan yang berhasil dan bahagia. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !