Kalau Kamu Punya 10 Ciri-Ciri Berikut Ini Berarti Kamu Itu Kreatif !

Menjadi orang yang kreatif itu menyenangkan. Hidup terasa berwaran dan selalu melihat segala sesuatu dari kacamata yang baru. Coba perhatikan para seniman, pelukis, sastrawan, penulis lagu bahkan penulis mereka seolah tidak pernah kehabisan ide, meskipun tiap hari menelurkan karya. Selalu saja ada ide baru yang bisa menginspirasinya membuat sebuah karya.

ciri-ciri orang kreatif
Orang kreatif suka tampil beda

Apa saja ciri-ciri orang yang kreatif itu?

  1. Gampang bosan. Mereka memandang hidup yang normal itu sangat monoton, rutin dan tidak menantang. Itu sebabnya mereka cepat bosan dan mencoba menghasilkan sesuatu untuk menceriakan hidupnya. Terciptalah sebuah karya, sebuah terobosan atau inovasi dari orang-orang kreatif yang diawali dari rasa bosan.
  2. Suka mengambil resiko. Hidup yang berwarna adalah hidup di luar zona aman. Orang yang suka menantang resiko dan menaklukannya adalah orang-orang yang mau memaksimalkan potensi dirinya dengan melakukan apa yang disukainya, mengejar impian yang didambakannya ketimbang hanya duduk manis menanti keajaiban datang.
  3. Suka tampil beda. Mereka menganggap sesuatu yang seragam itu kebodohan. Karena kenyataannya semua orang itu berbeda-beda. Tidak ada satu orangpun yang diciptakan persis sama, bahkan kembar identik pun punya kepribadian yang berbeda. Mereka sebenarnya tidak tampil beda tetapi menolak untuk disamakan dengan orang lain. Mereka suka tampil apa adanya sesuai kepribadian dan keinginannya, meski itu dianggap beda. Itulah sebabnya mereka dikenal sebagai orang yang anti mainstream.
  4. Berpikir dengan hati. Mereka memiliki perasaan yang sangat peka. Sesuatu yang terjadi di sekelilingnya bisa menjadi inspirasi baginya untuk menghasilkan suatu karya, entah itu lukisan, tulisan, lagu, puisi, karikatur atau apapun. Segala sesuatu bisa menggelitik dirinya untuk menumpahkan perasaan pada karya-karyanya.
  5. Buat banyak kesalahan. Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa tinggal diam tapi selalu berbuat sesuatu. Lebih baik melakukan sesuatu dan salah ketimbang tidak melakukan sesuatu. Ingat bagaimana seorang ilmuwan berkali-kali harus melakukan percobaan untuk menghasilkan penemuan yang hebat bukan? Sebelum tujuannya tercapai mereka tidak akan menyerah. Kesalahan tidak akan menghentikan mereka karena kesalahan lah yang membentuk mereka.
  6. Tidak suka aturan, Mereka suka bebas dan tidak terikat pada aturan-aturan kaku yang dihasilkan dari produk birokrasi. Aturan membuat mereka tidak bebas dan tidak menjadi diri sendiri.
  7. Bekerja mandiri. Mereka tidak suka tergantung pada orang lain, sangat percaya diri dengan kemampuannya dan sangat independen. Orang lain baginya hanyalah pelengkap bukan penentu sehingga karya-karyanya adalah karya orisinil dan bebas dari kepentingan orang tertentu.
  8. Suka berubah pikiran. Mereka bukannya tidak tetap pendirian, tapi selalu berusaha mencari jalan mana yang paling tepat untuk mereka. Sesuatu yang telah diputuskan bisa saja berubah jika mereka melihat ada cara lain yang jauh lebih efektif, lebih mudah, lebih gampang atau lebih menyenangkan.
  9. Eksentrik dan kelihatan aneh di mata orang lain. Karena sikapnya yang suka berada di luar jalur, di luar kebanyakan orang maka akan terlihat aneh di mata orang yang memandangnya. Mereka tidak perduli dan tidak ingin identitasnya berubah hanya karena terlihat eksentrik dan aneh di mata orang lain. Mereka lebih senang tampil apa adanya dan jadi diri sendiri.
  10. Berpikir besar. Banyak inovasi, terobosan dan karya fenomenal yang dihasilkan oleh mereka karena mereka memaksimalkan potensi dirinya untuk memberikan kepuasan bagi dirinya, menaklukkan egonya, bukan untuk mengesankan dunia dan orang lain. Kalaupun hasil karyanya dikenal dunia itu adalh efek samping dari penghargaan yang diberikan orang pada totalitasnya.
Itulah ciri-ciri orang kreatif yang bisa disimpulkan dalam 10 poin di atas. Jika kamu menemukan salah satu atau bahkan sepuluh item itu ada pada dirimu, selamat! Kamu suatu ketika bisa menghasilkan sebuah karya fenomenal seperti para penemu, pelukis hebat, pencipta lagu dan pembuat mahakarya lain jika kamu memaksimalkan potensi yang ada dalam dirimu. Asah kemampuan dan jangan pernah berhenti belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !