10 FAKTA MENARIK MENGENAI IMLEK

Tahun baru Cina atau dikenal dengan imlek di Indonesia memiliki fakta-fakta menarik yang tidak kita ketahui. Berikut ini 10 fakta menarik mengenai imlek, diantaranya :
lampion saat imlek
  1. Inilah ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dalam bahasa Cina "Xīnnián kuàilè" 新年快乐. Sementara Gong Xi fa chai artinya adalah selamat dan semoga sejahtera.
  2. Tanggalnya bervariasi. Biasanya jatuh sekitar tanggal 21 Januari sampai 20 Februari setiap tahun. Imlek di Indonesia tahun ini jatuh pada tanggal 19 Februari 2015. Kata Imlek berasal dari bahasa Hokkian Selatan yinli yang artinya penanggalan bulan. Penanggalan Cina menggunakan kalender lunisolar yang dibetuk menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari. Kalender ini masih digunakan untuk memperingati berbagai hari perayaan tradisional Cina dan memilih hari baik untuk perkawinan ataupun membuka usaha.
  3. Di negara asalnya Republik Rakyat China, perayaan Imlek dikenal dengan nama Chunjie yang berarti "Perayaan Musim Semi", meskipun kenyataannya perayaan tersebut masih dilaksanakan di musim dingin. 
  4. Perayaan ini dilakukan oleh sepertiga populasi di dunia. Perayaan ini dilakukan di China sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia ditambah dengan peranakan China yang menyebar di banyak negara.
  5. Jutaan angpau dibagikan. Angpau yangbberarti "bungkusan merah" adalah amplop berwarna merah yang berisi uang dan dibagikan dari orang tua kepada yang lebih muda, bos kepada bawahan maupun pimpinan kepada pengikutnya.
  6. Perayaan ini adalah perayaan terlama dalam kalender china karena berlangsung selama 15 hari. Di China selama 15 hari perayaan ini sekolah diliburkan. Pada tanggal 15 malam di selenggarkan Festival Lampion (Lantern Festival) menandai terangnya tahun yang baru dimana lampion dijadikan dekorasi, dibiarkan terbang di langit atau mengapung di air.
  7. Setiap tahun baru dimulai dengan shio yang baru. Shio adalah zodiac binatang dalam penanggalan China. Jika tahun lalu adalah tahun kuda maka tahun 2015 dimulai dengan tahun kambing/domba. 12 binatang yang secara bergiliran menandai tahun baru china adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, monyet, ayam, anjing dan babi.
  8. Dekorasi yang digunakan pada pintu dan jendela dibuat dari potomgan kertas merah yang dibentuk sedemikian rupa dengan tema keberuntungan, panjang umur dan kekayaan.
  9. Perayaan imlek digelar dengan pesta kembang api besar-besaran. Negara China adalah produsen 90 % kembang api dunia. Juga petasan dibunyikan senyaring mungkin. Pada zaman dahulu digunakan meriam buluh untuk memperoleh dentuman yang lebih keras lagi. Tujuannya untuk mengusir setan dan hantu.
  10. Makanan khas yang disajikan setiap imlek adalah ikan (biasanya ikan bendeng), kue keranjang yang disebut nian gao agar rezeki bertambah banyak dan jeruk yang bermakna keberuntungan.
Salah satu yang juga sering menandai kedatangan imlek adalah hujan yang turun beberapa hari menjelang, saat dan sesudah perayaan imlek. Orang Cina meyakini hujan yang turun berarti limpahan rezeki yang banyak di tahun yang baru. Semoga menambah wawasan.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !