PENYANDANG CACAT SENANG TINGGAL DI SINI

Transportasi Jepang Ramah Penyandang Cacat

Orang cacat seringkali merasa menjadi warga kelas dua karena negara kadang-kadang tidak menganggap mereka ada. Pelayanan yang diberikan pun seadanya, akses pun sangat terbatas.
Di Jepang, semua sarana transportasi umum yang banyak digunakan orang seperti bus dan kereta api memiliki fasilitas untuk penyandang cacat. Bahkan orang cacat pun bisa jalan sendiri tanpa ditemani pendamping.

Foto berikut ini menunjukkan bagaimana pelayanan terhadap orang cacat yang menggunakan kursi roda di Kyoto, Jepang.

  • Tempat duduk yang khusus disediakan di bis kota untuk penyandang cacat dan biasanya akan dibiarkan kosong. Tempat duduk ini memiliki tali yang bisa diikatkan pada tiang dan bisa di lipat untuk memberikan ruang bagi kursi roda.

transportasi di jepang

  • Ruang yang khusus di sediakan bagi penyandang cacat di kereta, memiliki tiang untuk berpegangan. 
transportasi di kyoto

  • Jika ada penumpang cacat yang akan naik bis maka supir bus sendiri yang akan turun dan mempersiapkan papan untuk jalan naik bagi yang berkursi roda, Sementara penumpang yang lain akan menunggu dan mempersilahkan penyandang cacat naik terlebih dahulu.

naik bus di kyoto
  • Si Supir memastikan penumpangnya naik dengan aman. 

bus di kyoto jepang

  • Setelah semua penumpang naik ke dalam busmakan supir  akan mengambil papan, mengembalikan ke tempatnya dan kembali ke kursi kemudi.

bus di jepang

Patut kita acungi jempol untuk penanganan transportasi di negeri Sakura? Bagaimana di negara kita? Penyandang cacat masih menjadi warga kelas dua?

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !