26 FAKTA MENCENGANGKAN DARI TUBUH MANUSIA (BAGIAN I)

Tubuh manusia adalah suatu keajaibaan ciptaan Tuhan yang memiliki fungsi-fungsi khusus untuk membantu manusia menjalani kehidupan secara normal. Banyak hal yang membuat kita takjub akan kemampuan yang dimiliki oleh tubuh. Berikut ini 26 fakta mencengangkan dari tubuh manusia :

Fakta # 1, Hidung manusia dapat mengingat 50.000 bau yang berbeda. Wewangian yang dicium manusia setiap hari biasanya bukanlah molekul bau tunggal, melainkan campuran. Wangi bunga mawar misalnya memiliki 275 komponen bau yang berbeda. Manusia bisa mengenali bau, jika molekul bau memasuki hidung dan dideteksi oleh 400 reseptor saraf olfaktori. Informasi ini kemudian dikirimkan ke otak, termasuk yang mengendalikan emosi dan ingatan.
fakta mencengangkan dari tubuh

Fakta # 2, Bayi memiliki tulang 60 lebih banyak daripada orang dewasa. Saat seseorang baru memulai kehidupan terdapat 305 tulang. Seiring dengan terjadinya pertumbuhan jumlah tulang tersebut berkurang setelah menjadi dewasa dikarenakan adanya penyatuan tulang belakang dan tengkorak.
fakta mencengangkan pada tubuh

Fakta # 3, Tubuh manusia memiliki 100.000 km pembuluh darah jika dibentangkan di atas permukaan datar. Peranan pembuluh darah sangat penting sebagai alat transportasi makanan dan oksigen ke seluruh tubuh.
fakta mencengangkan tubuh

Fakta # 4, Rata-rata setiap orang memproduksi 25.000 liter air liur selama hidupnya, jumlah yangbisa mengisi dua buah kolam renang. Air liur merupakan pertahanan pertama pada sistem saluran pencernaan juga dapat mencegah mulut menjadi kering serta mentralisir asam dari makanan dan minuman.
fakta mencengangkan tentang tubuh

Fakta # 5, Di dalam tubuh manusia ada zat besi (iron) yang cukup untuk membuat paku sepanjang 3 inchi. Zat besi dalm tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam pembentukan energi di dalam sel.
fakta mencengangkan tubuh
Fakta # 6, Otot terkuat dalam tubuh manusia adalah otot rahang (masseter) karena memiliki daya tekan yang paling kuat. Dengan semua otot rahang bekerjasama dapat menutup gigi dengan kekuatan yang besar (25 kg) pada gigi seri atau 90,7 kg pada gigi geraham. Hal itu sering dibuktikan oleh beberapa orang yang bisa menarik kendaraan dengan giginya.
otot terkuat dalam tubuh
Fakta # 7, Keringat sebenarnya tidak berbau, tapi bakteri yang tercampur dalam keringat menyebabkan bau tidak sedap. Makanan juga bisa mempengaruhi  bau badan. Terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol, bawang putih, daging dan makanan kaya metil seperti bayam, bit dan produk kedelai terbukti bisa meningkatkan bau badan.
fakta mencengangkan tubuh
Fakta # 8, Sama halnya dengan sidik jari yang unik, setiap orang juga memiliki cetakan pola pada lidah yang unik dan berbeda. Otot lidah tersusun dari 16 otot-otot lainnya dan juga merupakan otot terkuat dalam hal fleksibilitas. Kombinasi elastisitasnya memberi kita kemampuan untuk berbicara, makan dan mencium.
fakta mencengangkan tentang tubuh
Fakta # 9, Saat terjaga otak manusia menghasilkan cukup listrik yang mampu menyalakan bola lampu berukuran kecil. Otak kita terdiri dari milyaran neuron yang saling berhubungan satu sama lain yang jika bekerjasama akan menghasilkan aktivitas elektrik yang sangat besar di dalam otak. Hal ini hanya dapat dideteksi dengan menggunakan alat medis EEG (Electro Encephalo Graph). Orang yang sudah meninggal tidak menghasilkan gelombang listrik ini lagi di otaknya,
fakta mencengangkan tubuh
Fakta # 10, Tulang manusia lebih kuat dari baja. Tulang kita ringan karena struktur bagian dalamnya berlubang seperti madu. Meskipun ringan tapi kekuatan tulang manusia sebesar lima kali lebih kuat dibanding besi baja.
fakta mencengangkan tubuh
 Fakta # 11, Mata manusia dapat mengenali 10 juta warna yang berbeda dan dapat menampung lebih banyak objek penglihatan daripada teleskop tebesar yang pernah dikenal manusia.
fakta mencengangkan tubuh manusia
Fakta # 12, Kita menghabiskan 10 % dari waktu terjaga kita dengan menutup mata, lewat berkedip. Mata manusia dirancang untuk selalu berkedip setiap beberapa waktu yang berfungsi untuk meratakan air mata yang kaya oksigen agar dapt menghalau kotoran yang ada di bola mata terutama bagian kornea.
fakta mencengangkan tubuh
Fakta # 13, Jika mata manusia diibaratkan sebagai kamera digital, resolusinya sama dengan 576 megapiksel. Pada retina mata manusia terdapat sel penangkap cahaya yang jumlahnya sekitar 130 juta sel yang disebut fotoreseptor . Foto reseptor  merupakan sel satu-satunya dalam tubuh yang mempu mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal listrik yang akan dikirim ke otak.
fakta mencengangkan tubuh

Itulah 13 dari 26 fakta mengejutkan mengenai tubuh manusia  (Bagian I) yang seharusnya membuat kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, sang Arsitek tubuh manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !