TAHUKAH 10 MANFAAT TEH CELUP BEKAS BAGI DOMPET ANDA ?

Jangan buang teh celup bekas anda !

Kalau anda seperti saya atau ribuan orang lain di seluruh dunia yang sering minum teh  di pagi atau sore hari mungkin akan bertanya-tanya mau diapakan semua teh celup bekas yang bertumpuk di keranjang sampah. Adakah manfaat lainnya selain hanya jadi sampah?

Mari kita lihat beberapa kegunaan dari teh celup bekas yang mungkin bisa membuat kita berhemat beberapa rupiah.
menghemat uang

  1. Menyembuhkan luka pada mulut. Lepuh-lepuh kecil yang ada pada mulut akan terasa perih dan mengganggu aktivitas makan kita. Mengapa harus menghabiskan rupiah dengan membayar dokter atau membeli obat kalau kita bisa menggunakan teh celup bekas? Teh bekerja sebaik antiseptik lainnya yang dipakai untuk membersihkan luka. Cukup tempelkan teh celup bekas ke luka di mulut anda dan anda akan merasakan berkurangnya rasa sakit segera setelah antiseptik dalam teh bekerja.
  2. Gunakan sebagai pembersih. Sebagaimana kopi bekas yang biasa kita pakai untuk membersihkan permukaan dapur, maka teh celup bekas pun memiliki fungsi pembersih yang sama, misalnya membersihkan permukaan dapur dari tumpahan saos tomat atupun kecap. Penggunaan teh celup bekas dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli cairan pembersih dan spons.
  3. Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Teh celup bekas yang berupa teh hitam (black tea) dapat mengatasi kulit yang terbakar matahari dan iritasi ringan pada kulit. Anda hanya menempelkan teh celup bekas pada kulit yang terbakar atau mengalami iritasi ringan. Solusi yang tepat untuk menghemat. Bandingkan jika anda harus mengeluarkan uang untuk membeli salep atau krim yang mahal.
  4. Menghilangkan mata sembab dan bengkak. Seringkali kita mendapati area sekitar mata sembab dan bengkak bisa karena efek penuaan atau kurang tidur. Area sekitar mata adalah area yang perlu mendapat perhatian ekstra karena sangat sensitif. Penggunaan teh celup bekas pada area sekitar mata dapat mendinginkannya seperti saat kita mengaplikasikan timun pada mata. Anda tinggal memasukkan teh celup bekas dalam air dingin, tunggu sebentar dan letakkan di mata anda. Voila ! Anda terlihat 10 tahun lebih muda, menghemat biaya perawatan salon atau harus membeli facial cream.
  5. Mengatasi luka alat cukur. Luka sehabis bercukur kadang menjadi masalah karena selain perih juga mengganggu penampilan. Daripada meletakkan kertas toilet untuk menutupi goresan bekas luka cukur lebih baik meletakkan teh celup bekas yang lembab di atas luka tersebut. Hal itu akan menghentikan pendarahan pada luka dan antioksidan yang terkandung pada teh akan menyembuhkannya. Menghemat uang pembelian krim cukur (aftershave).
  6. Mengatasi jerawat. Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang sangat menjengkelkan. Anda dapat mengatasi hal ini jika anda memiliki teh hijau celup bekas. Studi menunjukkan bahwa mengaplikasikan teh hijau pada kulit yang penuh jerawat dapat mengurangi tingkat keparahannya dengan menurunkan produksi minyak dan akumulasi kotoran di pori-pori wajah sampai 70 %.  Hal ini adalah pilihan yang baik ketimbang harus mengeluarkan biaya perawatan muka ke dokter kulit. 
  7. Melembutkan dan memberi aroma pada masakan anda. Tambahkan rendaman teh celup bekas dalam rendaman bumbu dan rempah-rempah pada masakan anda. Hal itu akan membuat daging empuk dan beraroma. Lumayan, bisa menghemat pembelian bumbu dapur.
  8. Jadikan kompos dan pestisida alami. Teh celup bekas dapat dijadikan kompos dengan mencampurkannya pada bahan lain seperti daun kering dan ranting, biarkan dan tunggu sampai terurai. Atau bisa juga anda mengendapkan teh celup bekas dalam air semalaman dan menyiramkan pada tanaman anda keesokan harinya Atau bisa juga anda membuka teh dari dalam kantongnya dan meletakkan di sekitar tanaman anda, hal ini bisa membuat ulat menjauhi tanaman anda. Lumayan kan daripada harus keluar uang untuk membeli pupuk dan pestisida.
  9. Sebagai penghilang bau. Letakkan teh celup bekas dalam sepatu yang berbau kurang sedap dan biarkan selama beberapa hari. Kemudian keluarkan teh maka sepatu anda siap dipakai lagi. Anda juga dapat mengaplikasikannya di tempat lain seperti meletakkan kantong teh bekas pada hanger dan gantungkan pada langit-langit kamar mandi. Lumayan bisa menghemat rupiah untuk membeli penghilang bau.
  10. Penyegar mulut dan antibakteri. Banyak orang yang tidak tahu bahwa teh hijau maupun teh hitam memiliki sifat antibakteri. Anda bisa memasukkan teh celup bekas dalam air mendidih, tunggu sampai dingin kemudian berkumurlah dengannya. Hal itu akan menyegarkan nafas anda segera ! Tidak perlu lagi membeli obat kumur sintetis yang mahal sementara yang alami lebih aman dan murah.
Jadi jangan buang teh celup bekas anda, manfaatkan dengan baik dan siap-siap memiliki tambahan uang belanja! Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !