12 KIAT MENGHINDARI GANK MOTOR / BEGAL MOTOR

Pembegalan kendaraan roda dua semakin merajalela. Bukan hanya di Jabodetabek tapi komplotan pembegal motor juga mulai beraksi di Makassar. Komplotan perampok spesialis motor ini di Makassar dikenal dengan nama Gank Motor. Komplotan ini saat beraksi tidak segan-segan untuk melukai korbannya dengan senjata tajam, baik berupa parang, pisau, badik (pisau kecil khas Sulsel), bahkan busur atau senjata rakitan. Kejahatan ini sudah menelan banyak korban, bahkan anak teman kantor saya pun menjadi korban Gank Motor dan harus dilarikan ke Rumah Sakit karena menderita luka tusukan dari pisau berkarat pelaku Gank Motor saat mempertahankan harta miliknya.

Menjadi paranoid dan takut keluar rumah bukan menjadi solusi dari masalah ini. Berikut ini ada tips cara / kiat menghindari pembegalan motor / Gank Motor / perampasan motor di jalan raya.
Kiat-kiat sebagai pribadi :

  1. Ketahui daerah yang rawan begal/gank motor. Sebaiknya hindari daerah yang sering menjadi tempat beroperasi begal motor / gank motor. Biasanya mereka memilih tempat yang sepi, jarang kendaraan lewat ataupun rumah penduduk serta penerangan jalan tidak ada/kurang. Lebih baik memilih jalur alternatif yang lebih ramai meskipun harus lebih jauh.
  2. Perhatikan waktu bepergian keluar rumah. Hindari bepergian di waktu malam terutama di atas jam 10 malam, kecuali dalam keadaan darurat. Para begal / gank motor cenderung menjalankan aksinya saat larut malam, dimana sebagian besar orang sudah beristirahat.
  3. Usahakan keluar secara rombongan. Jika darurat dan harus keluar malam sebaiknya ajak beberapa teman untuk jalan beramai-ramai lebih dari 1 motor. Begal / gank motor masih berani melakukan aksinya jika melihat 2 orang berboncengan dalam 1 motor dibanding jika lebih dari 1 motor jalan beramai-ramai.
  4. Usahakan lebih berhati-hati. Perhatikan jika ada yang mengikuti atau memepet kendaraan anda. Jangan hiraukan jika ada orang tidak dikenal yang meneriaki  ataupun meminta menepi. Sebaiknya segera tancap gas atau berteriak minta tolong jika melihat ada yang mencurigakan.
  5. Fokuskan pikiran, jangan melamun. Berkendara yang fokus akan membuat kita lebih awas pada ancaman bahaya di sekitar kita. Jangan menelpon saat berkendara, asyik main HP saat dibonceng karena membuat kita tidak fokus serta memancing dan memudahkan pembegal melakukan aksinya.
  6. Perhatikan tempat berhenti / menepi. Jika terpaksa menepi karena mengantuk atau merasa ada kelainan pada kondisi motor anda usahakan menepi di tempat yang ramai dan banyak orang. Selain banyak yang bisa dimintai tolong, begal / gank motor cenderung untuk menghindari jalanan yang ramai karena takut aksinya ketahuan orang lain dan bisa dikejar massa.
  7. Jauhi kondisi jalan yang mencurigakan. Jika melihat ada gerombolan atau konvoi yang tidak jelas di jalanan sebaiknya hindari dan cari jalan lain saja. Begitu pula jika melihat ada yang tidak wajar seperti barang melintang di jalanan sepi (biasanya berupa pohon tumbang, orang, bayi, dsb), segera putar haluan dan tancap gas.
  8. Berdandan seperlunya. Hindari menggunakan perhiasan berlebihan atau jam tangan bersinar yang akan memancing kejahatan. Simpan semua perhiasan dalam tas agar tidak terlihat secara langsung.
  9. Ketahui posisi kantor polisi. Hafal posisi kantor polisi pada rute yang sering kita lewati dengan harapan bahwa ke tempat inilah kita akan lari saat mengalami bahaya. Kalau perlu catat hotline nomor polisi dalam kontak telepon anda. Informasikan kepada keluarga rute yang akan anda lewati sehingga jika terjadi sesuatu memudahkan pencarian.
  10. Atur kecepatan kendaraan secara bijaksana. Begal / gank motor memilih target sasaran yang berkendara secara pelan dan santai dibandingkan dengan yang berkendara cepat. Hal itu tidak berarti bahwa saat di jalan kita harus ngebut karena itu bisa membahayakan diri juga seperti tabrakan ataupun jatuh. Berkendaralah dengan kecepatan yang wajar.
  11. Ikuti aturan lalu lintas saat berkendara dan lengkapi persyaratan berkendara. Jangan lepas kaca spion seperti anak alay karena tanpa spion kita tidak dapat memantau kendaraan mencurigakan yang ada di belakang kita, demikian pula lampu-lampu kendaraan harus berfungsi dengan baik.
  12. Kenali ciri-ciri pembegal/gank yang merampas motor anda. Jika sudah terlambat untuk mencegah kejahatan, sebaiknya serahkan harta benda anda daripada nyawa melayang. Perhatikan ciri-ciri fisik pembegal, plat nomor pelaku jika ada dan segera laporkan ke kantor polisi terdekat. Jika memiliki nyali lebih ada yang menyarankan untuk mempersiapkan benda-benda keras yang biasa ada di motor seperti obeng atau kunci pas dan letakkan di tempat yang mudah anda raih seperti di selip di sepatu sebelah kanan atau di pergelangan jaket sebelah kiri. Jangan sekali-kali membawa senjata tajam karena itu melanggar hukum dan anda bisa disangka gank motornya jika ada razia polisi.
Khusus bagi polisi bisa memperbanyak posko-posko keamanan di jalan-jalan yang rawan begal / gank motor dan meningkatkan razia / operasi rutin mengantisipasi tindakan pembegalan.
Bagi masyarakat juga bisa berpartisipasi dengan meningkatkan keamanan lingkungan sekitarnya atau membantu keamanan daerah rawan.
Bagi pemerintah sebaiknya memperhatikan jalan yang minim penerangan, melakukan pembinaan generasi muda (pelaku gank motor rata-rata pemuda putus sekolah dan pengangguran). 

Waspadalah karena kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku tapi juga karena ada kesempatan. Semoga bermanfaat !

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !