FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG KAMAR HOTEL

Hotel saat ini tumbuh sedemikian cepatnya seperti cendawan di musim hujan. Mulai dari hotel kelas melati sampai yang berbintang seolah bersaing memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen. Berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh hotel kepada konsumennya agar mereka betah menginap lama-lama dan menghamburkan duit. Tapi tahukah anda beberapa fakta mengejutkan di balik kemegahan sebuah hotel?

fakta mengejutkan tentang kamar hotel

# 1. Menjadi tempat favorit untuk bunuh diri.

Semakin tinggi tingkat stress masyarakat akan tuntutan kehidupan masa kini membuat beberapa orang frustrasi dan mengambil jalan pintas. Seseorang tidak akan dicurigai untuk mengakhiri hidupnya jika check in di hotel. Nanti setelah ditemukan tidak bernyawa di kamar atau bersimbah darah karena lompat dari balkon kamarnya yang tinggi, barulah orang menyadari kalau hotel menjadi tempat favorit untuk bunuh diri.

# 2. Menjadi tempat bersarangnya kuman.

Tahukah anda bahwa kamar hotel jarang dibersihkan? Saat pertama kali masuk kamar hotel kelihatannya saja bersih tetapi faktanya tidak demikian adanya. Hal ini menjadi isu dunia di tahun 1992 saat sidang perkosaan yang dilakukan oleh petinju Mike Tyson terhadap seorang perempuan di sebuah hotel yang menggunakan seprei kamar tidur sebagai bukti. Hasil pemeriksaan forensik menunjukkan ternyata pada seprei tersebut bukan hanya bekas cairan sperma Tyson yang ditemukan tapi juga bekas cairan sperma orang lain yang tidak ada hubungannya dengan perkosaan tersebut. Bukan hanya pada seprei tapi hampir keseluruhan kamar dianggap tidak higienis. Termasuk pada pegangan toilet, keran air, pegangan pintu, remote TV dan AC serta pesawar telepon dalam kamar. Bahkan saat dieksaminasi lebih lanjut hotel juga menjadi sarang kutu busuk.

#3. Menjadi tempat pelecehan seksual dan penggunaan obat terlarang.

Sudah bukan berita baru lagi jika para pecandu seks dan obat terlarang sering menggunakan hotel sebagai tempat melakukan aktivitas kecanduannya. Meskipun sudah sering dilakukan penggerebekan oleh polisi tetapi aktivitas ini terus berulang karena dianggap hotel adalah tempat teraman melakukannya. Bahkan beberapa pelaku kriminal perdagangan manusia pun menjadikan hotel sebagai tempat transit  wanita muda yang akan diselundupkan ke luar negeri atau tempat mereka menyalurkan wanita hasil selundupan tersebut menjadi pekerja seks komersial.

# 4. Menjadi tempat transit para kriminal.

Karena sikap fleksibel dan pengamanan yang tidak terlalu ketat membuat hotel menjadi tempat transit favorit para pelaku kejahatan. Seperti dikemukakan di atas pelaku perdagangan manusia, perampok bahkan teroris kadang menjadikan hotel sebagai tempat berkumpulnya. Mudahnya mobilitas manusia dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia dan tingginya jumlah hotel yang bisa menjadi alternatif transit adalah salah satu alasannya. Masih segar dalam ingatan kejadian tembak menembak antara tentara India dan teroris yang menyandera warga asing di 2 hotel berbintang di Mumbai, membuat hotel menjadi arena pertempuran berdarah.

# 5. Menjadi tempat menyembunyikan hasil kejahatan.

Seringkali kita melihat tayangan televisi yang memburu para pelaku kriminal dan menemukan bukti hasil kejahatan yang disimpan di kamar hotel. Bahkan yang paling mengejutkan adalah berita tentang ditemukannya mayat yang diletakkan di bawah kasur Capri Motel di Kansas City, Amerika pada bulan Juli 2003. Mayat ini baru ditemukan setelah penghuni kemar tersebut melaporkan bau busuk yang tercium di dalam kamarnya. Saat petugas kebersihan masuk dan membalik kasur ditemukan sesosok mayat laki-laki dewasa yang telah membusuk.

Melihat fakta-fakta di atas membuat kita bergidik. Tapi menghindari hotel juga tidak mungkin mengingat hotel lah yang menjadi tujuan kita jika harus berada dan menginap di luar kota / luar negeri. Lalu bagaimana mengantisipasi hal tersebut di atas?
Hal pertama saat yang harus dilakukan sebelum merebahkan badan dan menikmati nyamannya kamar hotel adalah :

Periksa kebersihan kasur.
Secara kasat mata mungkin kasur berikut sepreinya bersih, tapi bisa saja ada kutu busuk yang sembunyi di antara lipatan seprei atau kasur. Mereka biasanya sembunyi diantara bekas noda darah korbannya. Segera bersihkan dan pastikan kasur aman dari kutu busuk.

Lakukan pembersihan sendiri
Kamar kelihatannya saja bersih tapi belum tentu higienis. Pembersih hotel mungkin saja menggosok kamar mandi dan toliet tapi tidak membersihkan pegangan toilet, keran air, pegangan pintu, pesawat telepon, remote TV/AC bahkan tombol lampu. Ambil handuk basah yang telah direndam dalam air panas dan basuh hal-hal tersebut sebelum menggunakannya.

Periksa tempat tersembunyi.
Pastikan bahwa hanya anda yang ada di dalam kamar. Banyak kejadian beberapa tamu hotek menjadi korban kejahatan karena adanya penyusup yang bersembunyi di dalam kamar tanpa diketahui. Lebih parah lagi jika menemukan mayat.

Pastikan AC berfungsi.
Agar terasa nyaman anda harus memastikan bahwa AC berfungsi dengan baik sehingga pengaturan panas dinginnya suhu di dalam kamar dapat diatur dengan baik.

Pelajari Peta Darurat
Setiap hotel dilengkapi dengan pintu dan tangga darurat. Jika keadaan darurat, terjadi kebakaran atau kejahatan dimana lift tidak berfungsi, tangga daruratlah yang akan digunakan. Pelajari baik-baik lokasinya sehingga jika terjadi  keadaan darurat anda sudah siap.

Jangan lupa kunci pintu dan jendela dengan baik. Waspada itu perlu tapi tak usah paranoid. Senantiasa berdoa kepada Tuhan agar urusan dimudahkan dan terhindar dari hal-hal yang membahayakan. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !