30 Cara Praktis Meningkatkan Diri.

Mau meningkatkan kemampuan diri pribadi menjadi manusia yang berkualitas?

motivasi

Ini dia caranya :
  1. Baca buku tiap hari. Buku apa saja dilahap, terutama buku-buku yang terkait dengan peningkatan dan pengembangan diri, terkait dengan bidang yang ditertariki dan ditekuni, terkait dengan hal-hal yang diperlukan untuk bertahan hidup di era instan sekarang ini.
  2. Belajar bahasa asing. Bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah pintu masuk anda menuju dunia internasional. Jika ingin bersaing, jangan hanya skala lokal apalagi kalau kondisi dalam negeri penuh dengan korupsi, kolusi dan nepotisme. Tingkatkan target anda untuk berkiprah di tingkat internasional dengan menguasai minimal 1 bahasa asing, yaitu bahasa Inggris.
  3. Carilah hobi baru. Jangan hanya terjebak dalam hobi yang itu-itu saja. Cari hobi baru yang lebih menantang. Hal itu akan membuat kepercayaan diri anda meningkat. Karena ternyata anda menyadari kalau memiliki begitu banyak potensi yang perlu dikembangkan dengan mengeksplor hal-hal baru di sekitar anda.
  4. Ikut kursus. Kursus apa saja yang bisa meningkatkan ilmu dan kemampuan anda.
  5. Ciptakan kamar inspirasi. Jadikan kamar anda pusat dari impian dan cita-cita anda. Tempelkan gambar-gambar tempat yang ingin anda kunjungi, barang-barang yang anda impikan dan orang-orang yang menginspirasi anda. (baca : apa kata kamar tidur tentang kesuksesan)
  6. Atasi rasa takut anda. Rasa takut itu sebenarnya reaksi tubuh untuk mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam. Tapi jangan biarkan rasa takut menguasai anda. Takut berbuat, takut gagal, takut mencoba itu semua penyakit jiwa yang menghambat anda untuk meningkat dan menjadi pribadi berkualitas.
  7. Tingkatkan keterampilan atau skill. Apa saja bisa dipelajari sekarang ini. Jika tidak lewat kursus, media seperti internet adalah keuntungan mereka yang hidup di era ini. Tips dan trik serta berbagai tutorial sangat mudah ditemukan di internet. Orang yang memiliki keterampilan akan selalu dicari dan diperlukan.
  8. Bangun pagi. Buang semua rasa malas dan mulailah beraktivitas sejak pagi. Kesegaran udara pagi bisa membuat otak dapat berpikir lebih jernih.
  9. Lakukan olahraga rutin. Tak ada gunanya memiliki otak yang cerdas dan keterampilan yang hebat jika tak memiliki tubuh yang sehat. Jangan lupa olahraga dan pola makan sehat untuk menjaga kondisi tubuh dalam performance terbaiknya.
  10. Buat catatan harian. Catatan harian membantu anda menyalurkan uneg-uneg dan masalah yang tak bisa anda kemukakan pada orang lain. Itu membantu anda untuk menenangkan diri dan mnecari solusi.
  11. Tulis surat untuk diri anda di masa datang. Bayangkan jika anda sudah berhasil dan anda ingin menitip pesan pada orang dalam bayangan itu. Hal itu akan memotivasi anda untuk mencapai bayangan itu.
  12. Keluarlah dari zona nyaman. Lakukan sesuatu yang dulu tak pernah berani anda lakukan. Keluarlah dari zona nyaman yang mengkungkung anda hanya untuk menjadi sekedar orang biasa yang bersembunyi di balik cangkang kenyamanannya. Ibarat siput yang betah dalam cangkangnya meskipun itu tak membawanya kemana-mana.
  13. Tempatkan seseorang sebagai saingan. Saingan membuat anda termotivasi untuk melakukan hal lebih baik dan mengalahkannya.
  14. Identifikasi kekurangan utama anda. Jangan terlena dengan semua kegagalan yang menerpa, tapi identifikasi semua kekurangan anda yang menyebabkan kegagalan itu. Belajarlah dari kegagalan kemudian perbaiki.
  15. Minta masukan dari orang lain. Banyak hal yang tak bisa kita nilai sendiri dari diri kita. MIntalah masukan dari orang lain. Karena mungkin dia melihat sesuatu yang tak tampak oleh kita. Juga bisa saja orang tersebut memiliki pengalaman yang berbeda dengan kita.
  16. Fokuslah pada hal-hal yang harus anda lakukan (to do list). Hidup itu harus fokus agar bisa menentukan langkah mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, baru langkah lainnya. Terurut dan runut.
  17. Tetapkan tujuan. Hidup ini harus ada tujuannya. Dan apa saja yang kita lakukan di dunia ini termasuk untuk meningkatkan diri, itu dalam rangka mencapai tujuan hidup tersebut.
  18. Kenali kelemahan anda. Jangan terlena dengan kesuksesan yang telah anda raih. Kenali kelemahan yang bisa saja suatu ketika menjatuhkan anda atau menjadi potensi bagi lawan anda mengkandaskan impian dan cita-cita anda.
  19. Action ! Jangan menunggu besok untuk melakukan sesuatu. Segera action, tidak pake besok atau lusa. Siapa yang menjamin besok lebih baik dari hari ini?
  20. Belajar dari orang yang menginspirasi. Banyak orang yang menginspirasi karena kesuksesan atau bahkan justru kesederhanaannya. Jadikan mereka inspirasi pencapaian anda. Jika orang lain bisa artinya anda juga bisa.
  21. Hentikan kebiasaan buruk anda. Kebiasaan buruk ibarat racun yang menggerogoti diri pelan-pelan. Kebiasaan telat mungkin kelihatan tak berbahaya tapi itu bisa berakibat tidak dipercayanya anda oleh orang lain karena tak pernah bisa komit pada waktu.
  22. Kembangkan kebiasaan baru yang lebih manfaat. Kurangi kebiasaan buruk dan sebagai gantinya kembangkan kebiasaan baru yang jauh lebih bermanfaat.
  23. Hindari orang yang selalu negatif. Negativitas itu racun yang melemahkan. Orang yang selalu berpikiran negatif adalah orang yang lemah dan dijauhi orang lain. (baca : 6 kelakuanmu yang bikin kamu dijauhin orang).
  24. Belajarlah untuk berurusan dengan orang yang susah didekati. Jika anda berhasil mendekati mereka maka anda akan mudah berurusan dengan siapa saja. 
  25. Belajarlah dari teman. Setiap teman memiliki ilmu dan pengalaman yang beda-beda. Banyak kawan banyak ilmu didapat.
  26. Mulailah buat jurnal. Jurnal membuat semua pencapaianmu tercatat dengan rapi. Lewat jurnal juga kamu bisa tahu sudah sejauh mana langkahmu dan apa yang telah kamu raih dan apa yang belum.
  27. Mulailah sebuah blog tentang pengembangan diri. Jika anda memiliki kemampuan untuk menulis, berbagilah pengalaman mengembangkan diri tersebut lewat blog pribadi, agar orang lain dapat memetik manfaat.
  28. Cari mentor atau pelatih yang tepat. Mentor atau pelatih akan membuat anda lebih terarah dalam mencapai apa yang anda inginkan. Mentor akan memantau perkembangan anda dan memberi masukan yang tepat pada pencapaian anda.
  29. Kurangi waktu buat hal-hal yang kurang manfaat. Kurangi menghabiskan waktu untuk chatting tak jelas di medsos. Batasi waktu nonton TV dan main game yang berlebihan. Gunakan waktu anda dengan sebaik-baiknya untuk fokus pada pengembangan diri anda.
  30. Komit pada pengembangan diri anda. Jika anda sudah menentukan langkah maka pantang surut ke belakang. Komitlah untuk terus maju dan bertambah baik setiap hari. 

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !