Tips Menjadikan Otak Encer

Otak encer itu tak didapat begitu saja

Lihat mereka yang super pintar atau disebut otak encer, yang dengan mudah menyerap mata pelajaran, atau cepat belajar sesuatu hal kadang bikin iri. Tapi para pembelajar cepat ini tidak begitu saja memperoleh kemampuannya. Ada yang diturunkan secara genetis tapi ada juga yang dilatih dan ditumbuhkan, (baca juga : tips belajar super cepat). Betul jika dikatakan bahwa otak encer tak didapatkan begitu saja.

otak

Tips Meningkatkan Kekuatan Otak Sehingga Bisa Lebih Cepat Belajar Sesuatu.

(1) Fokus
  • Kalau mau membuat otak encer tingkatkan kemampuan otak untuk fokus. Otak bisa menjadi lelah karena terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tak penting. Belajarlah untuk fokus pada hal terpenting yang anda kerjakan. Meditasi bisa menjadi latihan fokus bagi otak. Siapkan waktu beberapa menit sehari untuk rileksasi dan meditasi, memfokuskan otak dna pikiran.
(2) Cukup tidur.
  • Selain meditasi untuk memfokuskan fikiran, kemampuan otak juga bisa dimaksimalkan dengan tidur yang cukup. Hindari begadang yang tak perlu.
(3) Nutrisi yang tepat.
  • Makanlah makanan yang bisa mempercepat regenerasi sel-sel otak seperti asam lemak omega tiga atau vitamin B12. Lebih jelasnya, simak penjelasannya di artikel makanan yang baik dan bahaya bagi otak.
(4) Diet yang tepat.
  • Lakukan pola diet ketogenik, yaitu pola diet tinggi lemak, asupan protein yang sedang dan sangat rendah karbohidrat. Pola diet seperti ini terbukti memacu perkembangan otak ke arah yang lebih baik. Diet ini banyak dicobakan pada penderita penyakit yang terkait dengan kondisi syaraf /otak seperti pada penyakit ayan (epilepsi).
(5) Jaga tubuh.
  • Buat tubuh dalam kondisi fit dan sehat, karena otak adalah bagian dari tubuh sehingga kesehatan tubuh yang prima berimbas pada kesehatan otak yang prima pula.
(6) Olahraga.
  • Pastikan sirkulasi udara dalam tubuh baik dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga memastikan seluruh tubuh tercukupi dengan oksigen termasuk otak. Jika susah untuk melakukan olahraga, baca cara memotivasi diri untuk olahraga.
(7) Lakukan permainan asah otak.
  • Teka Teki Silang, Sudoku ataupun mahyong bisa dicoba untuk melatih otak berpikir mencari jalan keluar sebauh masalah. Sementara game yang terlalu banyak unsur kekerasannya bisa memacu otak untuk menjadi agresif dan secara psikologis bisa memicu tindakan kekerasan terhadap orang lain.

HINDARI

(1) membuat otak pasif
  • Hindari membuat otak menjadi pasif dengan banyakan bengong, menonton TV dan film, atau main game yang butuh pengulangan terus menerus.
(2) hal yang membahayakan otak.
  • Narkotika, obat-obatan terlarang bahkan alkohol adalah kesenangan yang melemahkan otak. Membuat mabuk dan terlalu banyak berhalusinasi bisa melumpuhkan kreativitas.
(3) makanan sampah.
  • Sedapat mungkin hindari junk food atau makanan cepat saji karena terlalu tinggi kandungan lemaknya dan minim gizi. Belum lagi makanan olahan yang dicampur dengan garam yang banyak, zat aditif dan zat berbahaya lainnya.
Bagi yang ingin otaknya encer, ya.. harus usaha. Baca juga 16 kebiasaan bintang kelas yang jarang diketahui 

Comments

Popular posts from this blog

Quotes Hari ini : Hidup Bagai Roller Coaster

Perbedaan Mendasar Orang Kelas Bawah, Kelas Menengah dan Kelas Atas.

Tips Memuji Cewek yang Selalu Berhasil Tanpa Terkesan Gombal !